BKKBN Sulteng Sediakan Alat Kontrasepsi Gratis Untuk Pasangan Usia Subur

0
28
Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, Maria Ernawati. Foto : Istimewa

KATAKU, PALU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) akan mendorong masyarakat untuk memakai alat kontrasepsi untuk mencegah ke hamilan.

Kepala BKKBN Sulteng, Maria Ernawati mengatakan untuk wilayah Sulteng, ada 560 ribu pasangan usia subur yang harus dilayani.

Ribuan pasangan subur itu disarankan harus mengikuti program BKKBN untuk mencegah kehamilan hingga saat yang tepat.

“Program Keluarga Berencana yang dicanangkan oleh pemerintah, sejatinya bukan bermaksud untuk menolak kehadiran anak dalam keluarga, melainkan bertujuan untuk menunda kehamilan hingga waktu yang tepat,” ungkap Maria, Selasa (6/7/2021).

Ia menjelaskan, untuk mensukseskan program ini, BKKBN Sulteng telah menyiapkan alat kontrasepsi secara gratis dengan skala waktu berjenjang.

“Bagi pasangan usia subur yang berkenan untuk ikut dalam program keluarga berencana tiak hanya akan diberikan alat kontrasepsi secar gratis namun, akan diberikan konseling melalui penyuluh KB juga,” sebutnya.

Beberapa keuntungan akan didapat oleh pasangan yang mengikuti program ini. Keuntungannya seperti kesehatan Ibu dan bayi, mendorong kecukupan ASI dan pola asuh yang baik bagi anak, dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Alat kontrasepsi yang disediakan oleh BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah sejauh ini sebanyak 7 jenis, dan kontrasepsi yang paling banyak digunakan oleh pasangan usia subur Sulteng ialah jenis Suntik.” tutupnya. (asp)

LEAVE A REPLY