Bawaslu Sulteng Akan Launching Koperasi Virtual Pertama di Sulteng

0
32

PALU, KATAKU.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah (Sulteng), akan membuat Koperadi Virtual Baswalu Sulawesi Tengah yang disingkat SITULUS. Koperasi virtual ini digadangkan akan dilaunching pada pertengahan bulan Juni tahun ini.

mengatakan usaha utama koperasi ini adalah koperasi konsumen dan usaha tambahannya koperasi simpan pinjam yang saat ini diperuntukkan bagi anggota Bawaslu dan pegawai Bawaslu se Sulteng.

Menurutnya, awalnya Ide ini digagas sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (Diklat PKN II).

Sekarang ide ini mendapat respon positif dari segenap jajaran dan saat ini sudah sampai pada tahap pendaftaran anggota sambil menyelesaikan dokumen untuk pengurusan koperasi yang berbadan hukum.

“Koperasi ini sendiri adalah gagasan lama, namun bisa diupdate dengan mengubah mindset dari koperasi konvensional menjadi koperasi virtual,” ujar Sovianita, pada Selasa, 7 Juni 2021.

Selain itu kata Sovianita, tujuan dari adanya SITULUS untuk membentuk rasa kebersamaan dan gotong royong diantara staf Bawaslu, agar tumbuh jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) khususnya karyawan Bawaslu Sulteng.

Dengan SITULUS, diharapkan setiap keluarga karyawan lebih mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan mampu mandiri secara ekonomi selama masa pandemi.

“Ini berkaitan dengan usaha peningkatan ekonomi keluarga. Karena tujuan akhirnya bagaimana mereka mapan dan mandiri secara ekonomi,” ucapnya.

Lanjut, ia menjelaskan, dalam kondisi pandemi saat ini, setiap orang diharuskan mengurangi berkumpul, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Katanya, Koperasi virtual ini terobosan terbaik saat ini, dimana karyawan bisa berbelanja kebutuhan pokok secara virtual tanpa bertemu langsung dengan pengurus koperasi atau langsung ke toko serta dapat meminjam dana juga secara virtual.

“Tujuan yang lain dari dibentuknya koperasi SITULUS ini, Pada prinsipnya dibentuk untuk mensejahterakan anggotanya, karena saya percaya kesejahraan staf berbanding lurus dengan peningkatan kinerja mereka di kantor,” pungkasnya.

Pembentukan koperasi virtual sangat mendapat respon dari perindakop karena SITULUS ini terhitung koperasi pertama di Sulteng yang dikelola secara Virtual.**/RN

LEAVE A REPLY