Wagub Sulteng : PLTA Poso Akan Rampung Tahun Ini

0
22

KATAKU, PALU – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma’mun Amir sebut akan merampungkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso akhir tahun ini.

PLTA Poso milik PT Poso Energy itu digadangkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di Sulteng.

“Jangan pernah segan-segan berinvestasi di Sulawesi Tengah, khususnya Poso semoga jadi primadona ke depan,” harap Wagub, Jumat 1 Oktober 2021.

Menurutnya, saat ini, Sulteng memiliki kekayaan seperti di sektor pertambangan. Namun daya listrik belum memadai. Hal ini merupakan kendala yang dapat menghambat investor masuk ke Sulteng.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengapresiasi PT Poso Energy atas komitmennya dalam mewujudkan kemandirian energi lewat pembangunan PLTA Poso.

Sugeng mengatakan pembangkit listrik itu murni dikerjakan oleh anak-anak terbaik bangsa dengan mengusung konsep renewable energy atau energi terbarukan.

“Tidak banyak PLTA yang dibangun anak bangsa. Bahkan sampai lebih dari 500 MW, ini sebuah karya luar biasa,” ungkapnya.

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menuturkan bahwa kemajuan bangsa dapat dilihat melalui kemandirian energi. Pengembangan PLTA Poso Extension adalah harapan untuk mewujudkan target pasokan 20 ribu MW dari sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) pada tahun 2025 mendatang.

“Listrik adalah kehidupan, tidak ada kehidupan tanpa listrik,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY