Terbang ke Wilayah PPKM Level I dan II Bisa Swab Antigen ?

0
22
Tangkapan layar salah satu video postingan akun media sosial Instagram @bandaramutiara_palu. Foto : Tangkapan layar

KATAKU, PALU – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Badan Layanan Umum (BLU) Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mutiara Sis Al Jufri Palu merilis persyaratan perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara.

Rilis itu diposting melalui akun resmi media sosial Instagram @bandarmutiara_palu, pada lima hari lalu atau Sabtu 23 Oktober 2021.

Dalam rilis dijelaskan bahwa, dari atau ke Pulau Jawa dan Bali, antar kota di pulau Jawa dan Bali serta wilayah PPKM level III dan IV, para penumpang wajib mengantongi kartu vaksi minimal dosis pertama dan PCR selama dua kali 24 jam.

Daerah yang ditetapkan PPKM level III dan IV sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 dan 54 tahun 2021. Penumpang pesawat udara juga wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Sedangkan dari dan ke Banadra di luar pulau Jawa dan Bali dengan kategori PPKM level II dan I, penumpang pesawat terbang harus mengantongi PCR yang berlaku dua kali 24 jam atau Antigen yang berlaku satu kali 24 jam.

Daerah yang ditetapakan dengan peraturan tersebut telah ditetapkan melalui instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2021 dan para penumpan pesawat juga wajib mendownload aplikasi PeduliLindungi.

Kedua peraturan di atas juga berdasarkan Surat Edaran satuan tugas penanganan Covid-19 Nomor 21 tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88 tahun 2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19.

Humas Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Ni’ma, menjelaskan, bahwa peraturan tersebut masih berlaku hingga berita ini diterbitkan.

Menurut Ni’ma, swab antigen akan terbaca pada aplikasi Pedulilindungi.

“Akan terbaca di aplikasi PeduliLindungi, kalau sesuai dengan level PPKM daerah yang dituju. Kalau sesuai, akan muncul layak terbang, jika tidak, akan sebaliknya,” tulis Ni’ma saat dikonfirmasi, Rabu 27 Oktober 2021, malam waktu setempat.

Ia kembali mengatakan bahwa swab antigen, dapat digunakan penumpang pesawat udara dalam melakukan penerbangan ke wilayah yang masuk dalam PPKM level I dan II.

Ni’ma juga menambahkan, para penumpang dapat melakukan pemeriksaan swab antigen di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, dengan harga Rp100 ribu.

“Antigen di Bandara, dikelola oleh Klinik Agung, RS Samaritan dan Maxima,” tambahnya. (Nobody)

LEAVE A REPLY