Konsumsi Berlebihan, Junk Food Tak Baik Untuk Kesehatan

0
17
Ilustrasi junk food atau makanan siap saji. Foto : Istiqah Kaidah

KATAKU, PALU – Siapa yang tak suka dengan makanan cepat saji atau junk food. Jenis makanan ini pasti mempunyai banyak penggemar, baik muda hingga tua.

Di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kota Palu, kalian dapat menjumpai makanan siap saji di mana saja. Bahkan tak sedikit yang menjualnya secara online.

Tak hayal, makanan yang menggiurkan karena mudah diolah itu, ternyata mengandung tinggi kalori dan sedikit nutrisi.

Tak berhenti di situ, sering mengonsumsi makanan siap saji atau junk food, beberapa penyakit siap menghantui.

Dikutip dari alodokter.com, kebiasaan mengonsumsi makanan siap saji juga berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, hingga kanker.

Contoh makanan junk food yang populer adalah kentang goreng, pizza, ayam goreng dan hamburber. Selain tinggi akan kalori, makanan tersebut juga mengandung banyak gula, lemak terutama kolesterol dan garam.

Jika dikonsumsi sesekali, junk food mungkin masih aman bagi kesehatan. Tapi, jika mengonsumsinya secara berlebihan, makanan siap saji ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes dianjurkan untuk sangat berhati-hati terhadap makanan siap saji. Sebab, kadar lemak pada makanan ini cukup tinggi.

Berikut bahaya lain yang dapat ditimbulkan makanan siap saji bagi tubuh, antara lain :

1. Menambah berat badan
2. Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe dua
3. Menyebabkan kerusakan gigi
4. Meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan
5. Memperbesar risiko munculnya kanker *

LEAVE A REPLY