Waspada Varian Omicron. Akankah Masuk ke Indonesia ?

0
6
Ilustrasi. Foto : Kataku

KATAKU, JAKARTA – Organisasi kesehatan dunia atau WHO menetapkan, virus Corona B11529 juga dikenal dengan varian Omicron perlu diwaspadai. Varian ini dapat meningkatkan penularan dan angka kematian.

Dari data yang dihimpun, spesimen pertama kasus varian Omicron diketahui pada Selasa 9 November 2021 di Botswana, Afrika Selatan.

Tidak hanya itu, kasus lain dari B11529 ini ditemukan di Hongkong. Sedangkan kasus lainnya diidentifikasi di Israel dari seorang pelancong asal Malawi, bersama dua pelancong yang kembali dari Afrika Selatan dan satu pelancong dari Madagaskar.

Satu kasus lain juga terkonfirmasi di Belgia dan diduga melewati Mesir sebelum Kamis 11 November 2021.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting, mengatakan, Pemerintah dari sejak awal pandemi, sudah memiliki perhatian yang besar terhadap Covid-19.

“Pencegahan dan filtrasi di Bandara ini sedang berlangsung,” kata Alexander, dikutip dari kanal Youtube CNN Indonesia, Selasa 30 November 2021.

Ia menyebutkan bahwa, mutasi varian virus Corona sudah sering terjadi. Namun, Virus Omnicron dikatakan penularannya lebih cepat. Kementerian Kesehatan akan merespon agar tidak masuk ke Indonesia.

“Ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk melakukan evaluasi dan akan membuat regulasi yang terus di evaluasi juga,” ujarnya. *

LEAVE A REPLY