Dikunjungi Tim Penilai Nasional Zona Integritas, Kapolres Palu Paparkan Beberapa Hal

0
39
Kapolres Pali, AKBP Bayu Indra Wiguno, memaparkan beberapa hal saat dikunjungi Tim penilai nasional zona integritas. Foto : Humas Polres Palu

KATAKU, PALU – Tim penilai Nasional zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), kunjung Polres Palu, Senin 6 Desember 2021.

Dalam kunjungan itu, Kapolres Palu, AKBP Bayu Indra Wiguno, menyambut langsung kedatangan Tim penilai Nasional yang dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kamaruddin.

Dalam kunjungan Tim penilai, AKBP Bayu memaparkan area perubahan di Polres Palu, yaitu, manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatak kualitas pelayanan publik serta beberapa inovasi lainnya.

Bayu mengatakan, Polres Palu telah berupaya meningkatkan pelayanam publik berbasis IT. Salah satunya di bidang Lalulintas.

“Baik itu SIM, pelayanan SIM keliling di tempat wisata dan di rumah ibadah. Juga memberikan layanam terpadu dengan jenis layanam SIM, SKCK, SPKT dan Sidi Jari,” kata Bayu.

Ia menjelaskan, beberapa pelayanan publik juga hadir di pusat keramaian di Kota Palu. Hal tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan juga untuk membentuk karakter anak usia dini agar tertib dan disiplin berlalulintas.

Tak berhenti disitu, Kapolres juga mengungkapkan bahwa, pihaknya juga membentuk kampung tangguh yang mengedepankan kearifan lokal.

Program tersebut bertempat di kelurahan-kelurahan dan telah dinilai dan berhasil meraih peringkat juara Nasional.

Selain itu, di bidang pelayanan SKCK dan bidang pelayanan Reskrim juga telah berbasis online.

“Kami tetap memberikan layanan dengan cepat dan humanis,” ujar Kapolres Palu.

Khusus dalam upaya pencegahan Covid-19, AKBP Bayu menyebutkan, pihaknya menerapkan aplikasi peduli lindungi di area Polres Palu.

“Kami juga membentuk kampung anti narkoba dan kampung tangguh, guna mencegah peredaran gelap narkoba dilingkungan kelurahan yang ada di Kota Palu,” tutupnya. *

LEAVE A REPLY