Beranda » 6 Cara Mengurangi Cahaya Komputer

6 Cara Mengurangi Cahaya Komputer

Experience menggunakan gawai dengan nyaman salah satunya ditentukan oleh kecerahan layarnya, termasuk pada komputer maupun laptop. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui cara mengurangi cahaya komputer, sesuai preferensimu.

Aktivitas di depan layar dalam jangka waktu tertentu dapat membuat mata lelah. Apalagi jika layarnya terlampau terang.

Namun, setiap orang punya preferensi level kecerahan layar berbeda-beda. Bagaimana denganmu? Ingin tahu cara mengatur kecerahan layar laptop ataupun komputer? Simak jawabannya di sini.

6 Cara Mudah Atur Kecerahan Layar

Sumber: https://computory.com/wp-content/uploads/2020/07/windows-vs-macos-vs-linux-pilih-mana.png

Cara untuk mengurangi kecerahan layar berbeda-beda di tiap sistem operasi komputer. Beberapa cara di bawah ini merupakan variasi dari versi Microsoft Windows, Linux Ubuntu, serta Apple MacOS. Pelajari selengkapnya di penjelasan berikut.

1.     Shortcut Windows + X (Windows)

Tombol pintasan ini adalah salah satu cara mengatur kecerahan layar komputer dengan keyboard secepat kilat. Namun, cara mengurangi cahaya laptop dengan keyboard ini cuma bisa kamu aplikasikan ke versi Windows 7, 8, serta 10.

Berikut langkah-langkah mudahnya:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Tekan tombol ‘Windows + X’.
  3. Setelah muncul beberapa opsi ‘Quick Menu”, pilih menu ‘Mobility Center’.
  4. Nantinya, akan ada beberapa opsi, tapi arahkan saja mouse ke opsi ‘Display Brightness’.
  5. Di situ, ada midi slider yang akan mengurangi atau menambah kecerahan layar jika slider-nya kamu geser. Untuk mengurangi kecerahan, geser slider ke arah kiri.
Trending:  4 Cara Mengecek Tipe HP Samsung 100% Works

Baca juga 5 Cara Membuat Folder Baru di Laptop dengan Cepat

2.     Menu Display Settings (Windows 7 or lower)

Nah, untuk kamu yang komputernya masih menggunakan versi Windows 7 ke bawah, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Hal ini karena pilihan shortcut di atas masih belum tersedia. Namun, cara ini tak kalah cepat, kok!

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Klik kanan pada mouse, pilih opsi ‘Display Settings’.
  3. Pada bagian ‘Brightness and color, pilih ‘Change Brightness’.
  4. Akan muncul slider yang bisa kamu arahkan ke kanan dan kiri untuk mengatur kecerahan layar. Untuk mengurangi kecerahan, geser slider ke arah kiri.

3.     Via Keyboard (Windows)

Setiap keyboard komputer atau laptop pasti dilengkapi dengan ikon-ikon mini di bagian f1-f12 dengan kegunaan berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan ikon ini untuk mengatur kecerahan layar, yaitu dengan ikon Brightness.

Inilah cara mudahnya:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Cari ikon lampu pada bagian ‘f’. Biasanya, ikon lampu menyala ini terletak di bagian ‘f6’ dan lampu redup ada pada ‘f5’.
  3. Tekan tombol ‘fn + tombol lampu’. Jika ingin meredupkan layar, pilih ‘f5’.

4.     Via Taskbar (Windows 10)

Pada komputer, ada bagian yang bernama ‘Taskbar’, yaitu tempat di mana seluruh ikon Tab yang terbuka serta beberapa fungsi esensial komputer berada. Pada bagian kiri ‘Taskbar’, kamu bisa melihat aplikasi apa yang sedang kamu buka.

Nah, pada bagian kanan, kamu bisa melihat menu dengan ikon kecil-kecil, seperti jam, volume, network, serta baterai. Lalu, bagaimana cara cepat mengurangi cahaya komputer dari Taskbar, khususnya dari menu ‘Notification’ ini? Simak poin-poin berikut:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Arahkan mouse ke simbol notifikasi dan klik.
  3. Pada menu tersebut, akan tersedia slider kecerahan layar di bagian paling bawah. Geser slider sesukamu hingga menemukan level kecerahan yang sesuai.
Trending:  Mau Tahu Cara Mempercepat Download di Android?Simak Rahasianya!

5.     Via Brightness Slider (Linux Ubuntu)

Buat kamu pemakai Linux Ubuntu, cara yang harus dilakukan untuk mengurangi cahaya komputer adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Arahkan mouse ke System Menu dan klik ikon panah.
  3. Pada bagian brightness, slide lingkaran putih ke arah kiri maupun kanan untuk mengatur kecerahan layar.

Baca juga Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Tidak Bergerak

6.     Via System Preferences (Apple MacOS)

Yang satu ini adalah cara untuk kamu yang pakai MacOS. Caranya pun sebenarnya tak jauh beda dengan sistem operasi lainnya. Yuk, simak langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan komputer.
  2. Pergi ke menu ‘Apple’.
  3. Pilih menu ‘System Preferences’ dan klik ‘Displays’.
  4. Nantinya, akan muncul brightness slider di situ. Atur brightness layarmu dengan slider tersebut.

Mengatur Kecerahan Layar Komputer, Buat Apa?

Tahukah kamu bahwa dengan mengatur cahaya komputer, akan ada poin plus, selain mencegah mata lelah? Simak penjelasan berikut.

1.     Hemat Konsumsi Daya

Sudah jadi hal umum bahwa semakin cerah layar suatu gawai, pasti akan semakin banyak daya yang akan dikeluarkan oleh gawai tersebut. Hal ini berlaku pula untuk laptop.

2.     Melindungi Privasi

Saat sedang memakai komputer di area publik seperti kantor, ada kalanya seseorang ingin membuka file maupun laman browser yang bersifat privasi.

Nah, untuk melindungi privasi tersebut, ia dapat meredupkan layar komputernya supaya orang-orang tak dapat melihat konten yang terpampang di layar dengan sangat jelas.

Baca juga Rekomendasi 8 Aplikasi Kamera Laptop Terbaik

3.     Menyesuaikan dengan Kondisi Sekitar

Ketika kamu akan berada di depan layar dengan kondisi lingkungan sekitar yang gelap, maka brightness terlalu terang akan cepat membuat mata sakit. Di lain sisi, jika kamu berada di lingkungan yang terang, maka layar yang gelap akan susah dibaca.

Trending:  Cara Cek Jaringan HP Samsung Pakai Kode Rahasia

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara untuk mengatur kecerahan layar komputer Windows 7, 8, maupun 10. Selain itu, sistem operasi Ubuntu dan MacOS pun juga tersedia. Selamat mencoba cara mengurangi cahaya komputer di atas!

Tinggalkan komentar