7 Aplikasi Mencari HP Hilang Mudah dan Efektif

HP kini jadi hal yang penting bagi banyak orang. Bahkan, kegiatan sehari-hari mungkin akan sulit kamu lakukan apabila tidak memegang HP. Sebab di era sekarang ini segala aktivitas seperti pekerjaan, hiburan, atau sekadar berkomunikasi dengan keluarga maupun teman semuanya dilakukan melalui HP.

Ketika HP hilang, pastinya jadi hal yang merepotkan. Banyak orang yang kebingungan atau panik ketika HP miliknya hilang dari genggaman. Terlebih lagi bila HP tersebut memiliki banyak data yang penting. Namun kamu kini tidak perlu khawatir. Ada berbagai aplikasi mencari HP hilang yang bisa kamu dicoba.

Cara Melacak HP Hilang

Sumber : https://unsplash.com/photos/RUJYUXwj3s0

Ada berbagai metode yang bisa kamu terapkan untuk melacak HP hilang. Salah satu yang termasuk paling mudah untuk kamu lakukan adalah melalui aplikasi.

Ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan solusi untuk mendapatkan kembali HP kamu. Namun, dari sekian banyak aplikasi tersebut, terkadang ada yang penggunaannya sulit atau bahkan tidak benar-benar memberikan solusi.

Tapi, kamu tidak perlu bingung. Karena josbgt sudah memiliki rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah daftarnya :

1.     Google Find My Device

Aplikasi ini menawarkan cara melacak HP Android lewat GPS. Sebagai pencipta dari sistem operasi Android, Google menciptakan aplikasi Find My Device yang bisa kamu unduh lewat Google Play Store. Hal ini pastinya jadi nilai lebih untuk kamu pengguna ponsel Android.

Cara melacak HP Android yang hilang di Google Find My Device tak cuma bisa dilakukan dengan GPS saja. Kamu bisa menemukan fitur lain di aplikasi ini. Yaitu fitur “Play a Sound” untuk membunyikan dering HP dengan keras. Kamu juga bisa melakukan reset untuk pengamanan data-data untuk ponsel.

Trending:  Cara Menambah Nada Notifikasi Whatsapp Termudah dan Terbaru

2.     Find My iPhone

Bagaimana cara melacak iPhone hilang? Pastinya fitur Find My iPhone adalah solusi terbaik. Di aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai metode untuk menemukan iPhone yang hilang.

Pertama adalah “Direction”, yaitu berupa peta untuk mengarahkan kamu ke lokasi ponsel saat ini. “Play Sound” untuk membunyikan dering ponsel. Kemudian ada “Lost Mode” untuk menampilkan tulisan di layar bahwa ponsel tersebut adalah iPhone yang hilang.

Di fitur Lost Mode ini, kamu bisa memberikan informasi mengenai nomor telepon yang bisa dihubungi untuk mengembalikan ponsel.

3.     Family Locator

Aplikasi besutan Life360 ini diperuntukkan untuk mengetahui lokasi dari teman atau keluarga melalui HP. Namun karena menggunakan pelacakan GPS sebagai metode utamanya, aplikasi ini pastinya juga cocok untuk mengetahui lokasi dari HP kamu yang hilang.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Tampilannya sangat user friendly, sehingga kamu tidak akan bingung ketika mencobanya. Fitur lain yang jadi kelebihan adalah adanya pengaturan untuk siapa saja yang bisa menemukan lokasi HP yang hilang.

Baca juga Cara Memindahkan Aplikasi dari HP ke Laptop Tanpa Ribet

4.     Mobile Tracker – MTracker

Rekomendasi aplikasi ketiga ini menggunakan metode yang berbeda dari yang lainnya. Bila sebelumnya mengandalkan GPS untuk melacak lokasi, aplikasi ini menggunakan metode pelacakan lokasi nomor telepon.

Aplikasi yang satu ini memiliki database untuk nomor telepon yang ada di berbagai negara. Ada juga fitur pencarian ISD dan kode STD. Mobile Tracker dari MTracker ini bisa jadi pilihan alternatif jika HP kamu sedang tidak tersambung ke jaringan internet.

5.     Cerberus

Rekomendasi pelacak HP selanjutnya adalah Cerberus. Aplikasi ini memberikan fitur-fitur yang kurang lebih serupa dengan Google Find My Device.

Trending:  Update Terbaru! Realme C15 Harga dan Spesifikasi

Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk membunyikan dering pada ponsel yang hilang, melakukan penguncian pada perangkat, serta melakukan penghapusan data (reset).

Selain itu, ada satu fitur yang jadi keunggulan. Aplikasi ini dapat memberikan akses ke kamera depan untuk mengetahui wajah yang memegang ponsel saat ini.

Untuk mengunduh aplikasi ini, kamu bisa membuka situs cerberusapp.com, kemudian pilih menu download, lalu sesuaikan dengan device yang kamu pakai.

6.     Zenly

Bagi anak-anak muda, mungkin sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini. Sebenarnya aplikasi ini adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya bisa mengetahui kegiatan dari teman-teman sesama pengguna. Termasuk mengenai lokasi terkini.

Karena selalu memberikan update dari lokasi, maka dengan melihat Zenly pastinya dapat menjadi cara untuk mengetahui letak dari HP. Kamu bisa meminta teman sesama pengguna untuk memberitahu lokasi terkini dari ponsel yang hilang.

Baca juga Cara Praktis Melacak HP yang Hilang, Bisa Keadaan Mati dan Nyala

7.     Gmail

Tidak hanya berfungsi sebagai untuk mengirim surel, Gmail juga bisa kamu gunakan untuk melacak ponsel. Cara melacak HP dengan Gmail bisa kamu awali dengan login terlebih dahulu. Setelahnya pilih opsi di kanan atas dan masuk menu akun Google.

Setelahnya kamu akan menemukan pilihan  “Temukan Ponsel Anda” dan pilih HP apa yang ingin kamu cari. Kemudian kamu akan terhubung ke Google Maps yang mengarahkan ke lokasi ponsel. Bila kamu ingin menerapkan metode ini, baiknya menggunakan Gmail dari browser.

Itu dia beberapa aplikasi mencari HP hilang yang bisa kamu coba. Kuncinya adalah kamu tidak perlu panik dan silahkan coba satu persatu aplikasi tersebut. Bila tidak berhasil, kamu bisa mencoba metode lain seperti menggunakan pelacakan IMEI atau IP address. Selamat mencoba!

Trending:  Super Easy, 7 Cara Menyimpan Video Dari Instagram

Tinggalkan komentar