Home » Daftar Kode Plat Kalimantan Barat KB dan Seri Belakang

Daftar Kode Plat Kalimantan Barat KB dan Seri Belakang

bgtekno.com – Kalimantan Barat termasuk daerah yang banyak memiliki tempat wisata. Untuk lebih puasnya kamu bisa menggunakan kendaraan yang disediakan oleh jasa sewa. banyak sekali kendaraan yang bisa digunakan baik berupa motor atau mobil. Kamu juga bisa mengecek Daftar Kode Plat Kalimantan Barat KB dan Seri Belakang.

Semua kendaraan di daerah tersebut selalu ditandai dengan plat nomor yang berbeda dari daerah lain. Semua kendaraan yang di provinsi ini ditandai dengan kode KB sebagai huruf depannya. 

Daftar Kode Plat Kalimantan Barat KB dan Seri Belakang

Meski huruf depannya sama tetapi untuk mengenali lebih jauh tentang berbagai daerah itu ditandai dengan seri belakang. Untuk seri belakang setiap daerah itu dibedakan agar mudah dikenali oleh setiap orang.

Total seri belakang yang ada di provinsi tersebut ada 9 macam. Semua seri belakang ini dibedakan berdasarkan kota dan kabupaten di daerah tersebut. Total ada sekitar 1 kota dan 8 kabupaten di Kalimantan Barat

Seri Belakang Plat KB Nomor dan Contoh

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak atau membaca uraian berikut terkait sering belakang di provinsi tersebut.  

Kota Potianak

Seri Belakang Plat Nomor: A/Q/S/W

Contoh:  KB 1234 QR

Kota Singkawang

Seri Belakang Plat Nomor: C

Contoh:  KB 1234 CE

Kab. Bengkayang

Seri Belakang Plat Nomor: K

Contoh:  KB 1234 KI

Kab. Kapuas Hulu

Seri Belakang Plat Nomor: F

Contoh:  KB 1234 FH

Kab. Kayong Utara

Seri Belakang Plat Nomor: Z

Trending:  10 Gaun Pesta Muslimah Modern, Cantik dan Mewah

Contoh:  KB 1234 ZA

Kab. Ketapang

Seri Belakang Plat Nomor: G

Contoh:  KB 1234 GR

Kab. Kubu Raya

Seri Belakang Plat Nomor: M

Contoh:  KB 1234 MT

Kab. Landak

Seri Belakang Plat Nomor: L

Contoh:  KB 1234 LV

Kab. Melawi

Seri Belakang Plat Nomor: H

Contoh:  KB 1234 HI

Kab. Mempawah

Seri Belakang Plat Nomor: B

Contoh:  KB 1234 BX

Kab. Sambas

Seri Belakang Plat Nomor: P

Contoh:  KB 1234 PQ

Kab. Sanggau

Seri Belakang Plat Nomor: D

Contoh:  KB 1234 DS

Kab. Sekadu

Seri Belakang Plat Nomor: V

Contoh:  KB 1234 VB

Kab. Sintang

Seri Belakang Plat Nomor: E

Contoh:  KB 1234 EY

Jika diperhatikan sebenarnya kode belakang yang sebagai ciri khas daerah itu hanya huruf pertama saja. Jadi huruf itu terletak setelah nomor plat dari semua kendaraan yang ada baik motor atau mobil. 

sedangkan untuk huruf kedua di seri belakang ini hanya kode acar dari provinsi tersebut. Sehingga huruf tersebut tidak menunjukkan daerah dan hanya diacak agar antara nomor satu dengan yang lainnya berbeda. 

Jika tidak dibuat demikian maka bisa saja antara plat nomor satu dengan yang lainnya sama. Jika sudah demikian maka bisa saja terjadi kesalahan saat membayar pajak tahunan nantinya. 

Cara Cek Kode Plat Secara Cepat

Untuk kamu yang ingin melakukan pengecekan plat secara cepat maka bisa menggunakan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di Google atau dari situs download untuk mengetahui lebih detail tentang plat tersebut. 

Dengan pengecekan ini nantinya kamu bis mengetahui secara detail tentang kode plat tersebut. Bahkan tidak hanya kode asal plat melainkan semua informasi mulai pajak tahunan hingga nama pemilik. 

Trending:  Cara Cek Keyboard Laptop secara Online & dengan Aplikasi

Baca Juga: 14 Aplikasi Teleprompter Terbaik untuk Kegiatan Sehari Hari

Ini merupakan cara paling mudah agar kamu tidak perlu menghafal setiap kode sering belakang di semua kendaraan. Kamu tinggal ketikkan nomor plat secara lengkap maka semua informasi bisa kamu dapatkan. Cara ini lebih praktis dan mudah karena cukup bermodalkan smartphone dan internet saja. Daftar Kode Plat Kalimantan Barat KB dan Seri Belakang.