Beranda » Agama Viral TikTok; Apakah Benar Tentatif Adalah Agama?

Agama Viral TikTok; Apakah Benar Tentatif Adalah Agama?

Bgtekno.com – Penjelasan terkait  agama tentatif yang baru-baru ini mendadak viral di aplikasi platform TikTok. Lalu sebenernya agama tentatif itu apa? Secara singkatnya, agama tentafif adalah sebuah sebutan bagi para orang yang sudah dewasa namun masih bisa mengubah status jati diri keagamaan mereka.

Banyak sekali bukan hal yang kita dapatkan di aplikasi TikTok sebagai bentuk kreatifitas para masyarakat di seluruh dunia. Namun nyatanya tidak semua sepenuhnya hal yang baik kdang ada banyak hal buruk yang akhirnya bisa meracuni pengguna yang lainnya.

Apalagi pengguna TikTok bukan hanya berasal dari kalangan remaja hingga dewasa, namun banyak sekali anak-anak yang menggunakan aplikasi TikTok. Bukannya belajar takutnya mereka malah mendapatkan pandangan yang tidak-tidak terkait suatu hal.

Termasuk munculnya isu terkait agama tentatif ini, banyak sekali yang bertanya agama tentatif itu apa sebenarnya. Di kolom pencarian TikTok dan bahkan google. Karena bagi orang awam bahasa dan hal tersebut sangat asing. 

Agama Tentatif Adalah Apa Sebenarnya?

Sebelumnya sudah kami singgung bahwa agama tentatif itu sebutan bagi orang dewasa yang mengubah keyakinannya. Mengubah status agama atau keyakinan bagi orang yang sudah dewasa adalah suatu hak. 

Dan hak tersebut sudah diatur langsung oleh undang-undang kita atau peraturan negara Pasalnya, hak untuk memeluk suatu agama atau keyakinan adalah urusan dari pribadi masing-masing individu.

Selain itu cara untuk bisa pindah agama juga cukup mudah. Dasar hukum yang mengatur yakni UUD 1945 pasal 29 dan juga UU No. 24 Tahun 2013. Yang Anda lakukan hanya langsung pergi ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat dengan membawa syarat dibawah ini:

  1. Surat Pengantar dari Kelurahan Domisili Sang Pemohon,
  2. Fotocopy KTP sebanyak 1 Lembar,
  3. Fotocopy KK sebanyak 1 Lembar,
  4. Pas Foto Ukuran 3×4 sebanyak 3 Lembar,
  5. Materai 10.000 sebanyak 1 Lembar untuk Surat Pernyataan.
Trending:  Review Terabox: Penyimpanan File Cloud dengan Kapasitas Besar

Lantas apa sih hubungannya tentatif dengan agama dan kenapa harus menambahkan kata tentatif pada agama? Tentu hal itu menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat luas yang ingin mengetahui hal tersebut.

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan KBBI makna dari agama adalah suatu bentuk ajaran, suatu sistem yang dapat mengatur tata keimanan atau kepercayaan dan juga bentuk peribadatan kepada Tuhan Yang Maha kuasa serta tata kaidah yang langsung berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungannya.

Adapun kata tentatif sendiri mengandung arti yaitu, belum pasti, dan masih dapat berubah-ubah atau diartikan sebagai untuk sementara waktu. Jadi sesuai dengan apa yangs aya sebutkan diatas bahwa tentatif ini digunakan bagi seseorang yang mengubah agamanya.

Dengan kata lain bahwa, mereka yang masih dapat dikatakan belum bisa terus mantap meyakini suatu ajaran agama secara sepenuhnya. Hal itulah mengapa dalam kolom bagian agama mereka masih kerap menulisnya dengan menyertakan kata tentatif tersebut.

Asal Mula Kata Tentatif Viral

Agama tentatif yang saat kini mulai banyak sekali dicari oleh para pengguna aplikasi media sosial khususnya di Indonesia. Kata tentatif sendiri mulai ramai diperbincangkan oleh masyarakat umum atas beredarnya suatu bio salah seorang selebriti atau publik figur yang menuliskan kolom dari agamanya dengan menyematkan kata tentatif.

Tentu mulai dari itu banyak sekali netizen yang mulai bertanya-tanya dan kepo tentang apa sih agama tentatif itu. Karena kiat ketahui bahwa biasanya kolom untuk agama selalu di isi dengan jelas nama agama yang dianut.

Namun, ada beberapa publik figur atau selebriti yang bahkan menuliskan kata pada kolom agamanya dengan menambahkan kata baru yang kita kenal dengan tentatif. Contohnya saja seperti tentatif islam atau bahkan tentatif kristen.

Trending:  Yuk Lakukan Cara Daftar PKH Online dengan Mudah, Hanya Butuh HP!

Jadi itulah yang bisa kami jelaskan terkait kata tentatif yang nyatanya menyangkut soal keyakinan atau suatu ajaran agama seseorang. Diharapkan meskipun pindah agama diperbolehkan dan meurpakan hak dari setiap individu yang sudah dewasa.

Tapi tetap saja bahwa agama adalah pandangan hidup dan pedoman hidup, jadi usahakan bahwa ajaran agama menjadi tiang dalam kehoidupan Anda. Dan itu adalah sekilas jawaban dari masyarakat yang sering mencari pengertian tentang “tentatif adalah”. Semoga Bermanfaat