Anti Gagal, Ini Dia 7 Cara agar TV Jernih Tanpa Booster

Menonton televisi dengan gambar yang kurang jernih tentu sangat mengganggu. Belum lagi jika siaran TV yang ingin kamu lihat adalah acara TV favoritmu, pasti kesal bukan? Sebenarnya ada cara agar TV jernih tanpa booster.

Alih-alih langsung menggunakan booster untuk mengatasi gambar TV yang kurang jernih, ada beberapa cara yang bisa kamu coba terlebih dahulu agar gambar di TV rumahmu jernih tanpa gangguan. Bagaimana caranya?

Cara Membuat TV Jernih Tanpa Booster

sumber: https://images.pexels.com/

Simpan dulu uang yang kamu miliki untuk membeli booster atau yang sering kamu kenal dengan perangkat tambahan untuk memperkuat sinyal TV di rumahmu. Cobalah beberapa tips berikut agar gambar TV di rumahmu jernih.

1.     Pastikan Memilih Antena TV yang tepat

Jernih atau tidaknya gambar pada TV tentu sangat berkaitan dengan antena yang kamu gunakan. Jadi pastikan terlebih dahulu, jika kamu sudah menggunakan jenis antena yang tepat untuk TV yang kamu miliki.

Baca juga Gampang Banget! Ini Cara Nonton TV di Youtube

●      Antena outdoor

jenis ini ada pada area luar rumah, karena lokasi pemasangannya berada di luar. Kekuatannya untuk menangkap sinyal lebih besar dari pada antena indoor.

Untuk kamu yang berlokasi jauh dari sinyal pemancar TV, gunakan saja antena jenis ini, untuk mendapatkan gambar TV jernih dengan antena outdoor.

●      Antena Indoor

Antena indoor atau antena yang sering kamu gunakan untuk bagian dalam rumah juga dapat kamu gunakan, terutama jika lokasi rumahmu dekat dengan pemancar TV. bentuk antena ini sangat kecil dan juga mudah untuk dipindah-pindahkan.

2. Bersihkan Antena TV yang kamu miliki

Jika kamu sudah memilih antena TV yang tepat maka pastikan juga jika kamu secara berkala membersihkan antena TV, baik yang indoor maupun outdoor. Kotoran pada antena tentu mempengaruhi kerja antena dalam menangkap sinyal penyiaran TV.

Trending:  7 Aplikasi yang Lagi Viral Wajib Kamu Coba!

Terutama untuk bagian antena TV yang karatan dengan menggunakan semprotan penghilang karat.

Baca juga Cara Download Story IG Tanpa Apk dengan Mudah

3. Pastikan Kabel Antena dalam Kondisi Baik

Meski Antena yang kamu gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga kamu bersihkan secara berkala, akan sia-sia jika kabel antena tidak dalam kondisi yang baik. Tidak mungkin antena dapat menangkap sinyal jika kabel antena yang kamu gunakan bermasalah.

Maka kamu harus pastikan jika kamu memiliki kabel antena yang berkualitas jika kamu ingin transfer sinyal berjalan dengan baik pada TV sehingga menghasilkan gambar TV yang Jernih. Jika kabel antena sudah tidak layak pakai maka sebaiknya kamu cepat menggantinya.

Kualitas kabel yang buruk akan mengakibatkan buruknya transmisi penerimaan sinyal pada TV yang berpengaruh pada gambar TV yang tidak Jernih.

4. Penempatan Arah Antena

Tips ini berlaku untuk kamu yang menggunakan antena outdoor. Penempatannya yang berada pada luar ruangan dapat menarik sinyal penyiaran TV lebih kuat. Kamu  hanya perlu untuk memposisikan antena luar tepat ke arah posisi pemancar TV.

Apabila arah antena outdoor salah akan sangat berpengaruh pada penerimaan sinyal antena ke TV. Arahkan antena dengan tepat agar dapat menangkap sinyal dengan baik. Gambar yang akan muncul pada layar TV juga akan bagus.

5. Pastikan Antena Berada pada Ketinggian yang Maksimal

Ketinggian antena sangat berpengaruh pada kuat atau lemahnya sinyal pada antena. Maka itu, pastikan jika antena berada dalam ketinggian yang pas untuk mempermudah dalam penerimaan sinyal penyiaran TV.

Semakin tinggi semakin baik, pastikan ketinggian antena maksimal tapi tidak berlebihan yang nantinya menimbulkan hal yang tidak terduga.

Trending:  Game Web Online yang Bisa Kamu Mainkan Kapan Saja

6. Jauhkan Antena dari Benda Logam

Benda logam yang kamu letakan di sekitar antena dapat mengganggu penerimaan sinyal yang menyebabkan gambar pada TV tidak bagus. Pastikan jika kamu menaruh benda-benda yang terbuat dari logam jauh dari antena TV milikmu. Sehingga tidak mempengaruhi pada penerimaan penyiaran sinyal TV.

Jika penerimaan sinyal penyiaran pada antena tidak terganggu, maka gambar pada TV juga akan bagus.

7. Lapisi Antena dengan Kertas Timah atau Aluminum Foil.

Jika kamu sudah mencoba lima cara tadi tapi gagal, coba gunakan cara yang satu ini juga. Yaitu melapisi antena TV dengan kertas timah atau aluminium foil. Pada poin sebelumnya kamu telah tahu jika benda logam dapat mempengaruhi penerimaan sinyal pada antena.

Tapi, jika kedua hal tersebut menjadi satu maka penjelasan tadi tidak berlaku. Hal ini bisa terjadi jika kamu membungkus antena dengan kertas timah ataupun alumunium foil. Kertas timah dapat memperkuat daya penerimaan sinyal pada antena. Meskipun hal ini belum bisa kamu pastikan kebenarannya.

Beberapa cara tadi dapat kamu gunakan untuk mendapatkan gambar TV jernih tanpa harus menggunakan booster. Lakukanlah cara-cara tadi jika gambar pada TV yang kamu miliki bermasalah.

Nah, jangan buru-buru membeli booster jika ada gangguan pada TV-mu, terutama pada kualitas gambarnya. Kamu bisa mencoba cara agar TV tetap jernih tanpa booster di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan komentar