Beranda » Apakah HP 3G Bisa Diubah ke 4G? Begini Caranya Upgrade!

Apakah HP 3G Bisa Diubah ke 4G? Begini Caranya Upgrade!

Apakah HP 3G bisa diubah ke 4G?

Apakah Sobat jostbgt sudah mendapatkan jawaban pertanyaan di atas? Atau malah sedang mencari dengan kata kunci lain, seperti download aplikasi 4G?

Jangan pergi, ya, karena di sini kamu akan mendapatkan jawabannya sekaligus, termasuk bagaimana cara mengubah jaringan 3G ke 4G LTE lengkap.

Bisa Tidak Mengubah HP 3G jadi 4G?

Jawabannya tidak bisa. Kecuali kalau Sobat jostbgt membeli ponsel baru yang memang hardware-nya mendukung jaringan 4G.

Jadi, tidak ada cara untuk mengubah HP 3G ke 4G karena komponen di dalamnya berbeda. Seperti chip processor, kartu grafis, GPU-nya, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan artikel-artikel di luar sana yang mengeklaim mampu mengubah 3G menjadi 4G?

Apabila Sobat jostbgt baca dan analisis, semua artikel tersebut berisi cara mengubah jaringan dari 3G menjadi 4G LTE melalui pengaturan.

Bahkan aplikasi-aplikasi yang mengeklaim mampu mengubah ke 4G, juga hanya berfungsi sebagai optimizer yang performanya belum tentu bekerja dengan baik.

Bagaimana Cara Upgrade Jaringan 3G HSPA+ ke 4G LTE?

Memang tidak ada cara untuk mengubah frekuensi jaringan pada ponsel, tetapi jangan buru-buru beli baru. Siapa tahu ponselmu sudah support 4G, namun kamu belum mengetahuinya. Oleh karena itu, coba ikuti langkah berikut.

  1. Syarat HP 4G

Pertama, ketahuilah syarat HP bisa memakai jaringan 4G, yaitu

  • Sudah Support 4G.

Untuk mengetahuinya, ada dua metode yang bisa kamu lakukan.

Pertama melalui dus box-nya. Di dalam dus box ada book manual yang berisi informasi ponsel dan cara penggunaannya. Salah satunya, yakni frekuensi jaringan.

Trending:  Tetap Canggih, Rekomendasi HP Vivo Harga 2 Jutaan Aja

Kedua, menggunakan situs: GSMArena.com. Kamu tinggal mencari tahu merek ponselmu, kemudian sesuaikan dengan tipe ponsel. Sistem akan otomatis menampilkan informasi ponsel, termasuk jaringannya.

  • Kartu SIM Sudah 4G.

Selanjutnya, kartu yang kamu gunakan sudah mendukung jaringan 4G. Kalau belum, kamu upgrade dulu kartunya ke gerai operator yang kamu gunakan. Gratis, kok.

  • Daerah Domisili Sudah 4G.

Ya, tidak semua daerah yang ada di Indonesia sudah tersedia jaringan 4G. Hal ini juga pengaruh dari operator yang kamu gunakan. Untuk memeriksa apakah daerahmu sudah tersedia jaringan LTE, kamu bisa uji operator menggunakan masing-masing kartu.

Salah satu rekomendasi yang bagus adalah Telkomsel, jaringannya cukup merata sampai pelosok desa.

  • HP Support Jaringan 4G.

Jadi, inilah jawaban dari pertanyaan di atas. Karena tidak semua pengaturan frekuensi jaringan pada ponsel mampu menangkap sinyal 4G.

  1. Cara Mengatur Jaringan 3G Menjadi 4G

Apakah HP-mu sudah memenuhi syarat di atas?

Kalau sudah, ikuti step by step mengatur jaringan 3G ke 4G berikut.

  • Buka Setelan

Pertama, atur koneksi 4G LTE melalui menu “Setting” di ponsel. Cari opsi “Jaringan”, kemudian pilih kartu SIM, sebaiknya yang akan diubah adalah SIM 1. Selanjutnya, ubah ke pilihan 2G/3G/4G.

Cara di atas, umum digunakan pada setiap ponsel, tetapi tutorial di atas memakai ponsel Asus Zenfone. Namun, bisa digunakan untuk Lenovo atau merek lain.

  • Menggunakan USSD

Jika cara pertama belum ampuh, pakai cara kedua ini, yaitu menggunakan USSD.

Caranya, buka menu Telepon, ketik *#*#4636#*#* tanpa memencet tombol call. Kemudian muncullah informasi tentang ponsel. Di opsi ini, kamu bisa mengubah jaringan 3G ke 4G.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G Sesuai Tipe HP

Cara-cara di atas, ada yang bisa berjalan baik, ada juga yang tidak berjalan.

Trending:  Cara Daftar Binance dari Awal sampai Akun Jadi

Jadi, untuk mengatasinya, berikut kami berikan penjelasan mengubah jaringan 3G ke 4G sesuai merek ponsel.

  1. Samsung

Kamu bisa mengubahnya menggunakan setting melalui USSD dengan kode *#2263#*. Kemudian tunggu opsi LTE Band, pilih All LTE. Kamu juga bisa meniadakan kontrol GSM dan WCDMA. Selanjutnya Apply.

Kalau cara di atas gagal, gunakan UI Grace Samsung yang ada di menu Setelan. Cari opsi koneksi atau connections, kemudian pilih mobile network.

Layar akan menampilkan jenis jaringan, pilihlah LTE untuk mengakses jaringan 4G.

Terakhir, menggunakan TouchWIZ UI. Kamu harus masuk ke menu Setelan terlebih dulu. Kemudian, tap opsi More Network, ambil Network Mode.

Setelahnya akan muncul beberapa tipe jaringan, silakan pilih LTE.

  1. Oppo

Selanjutnya untuk merek Oppo, kamu bisa menggunakan cara yang ada di atas, yaitu melalui “Setting” atau USSD dengan kode *#*#4636#*#*. Setelahnya ikuti tata cara di atas, ya.

  1. Xiaomi

Cara mengubah jaringan 3G ke 4G pada HP Xiaomi adalah sebagai berikut.

Pertama, gunakan menu Setelan, masuk ke opsi Tentang Ponsel dengan menge-tap 5 kali. Selanjutnya pilih informasi telepon (pilih salah satu, ingin SIM 1 atau 2) dan cari pengaturan jenis jaringan: pilih WCDMA  preferred. Terakhir, pilih LTE.

Kesimpulan

Mengubah jaringan ke 4G itu wajib untuk masa kini. Karena gaya hidup yang sudah lekat dengan internet, serba instan dan online yang membutuhkan kecepatan internet.

Selain karena 4G LTE kecepatan jaringannya lebih cepat berkali lipat dari 3G, tentu ada juga alasan lain mengapa harus menggunakan 4G, yaitu biaya dan jumlah kuota.

Kuota yang ditawarkan oleh masing-masing operator untuk jaringan 4G lebih banyak dari 3G. Alhasil, kamu bisa melakukan penghematan.

Trending:  Rekomendasi 7 Game Perang Kerajaan Terbaik

Nah, sudah tahu, ya jawaban dari pertanyaan: apakah HP 3G bisa diubah ke 4G. Enggak ada ruginya kok kalau beli HP baru yang sudah support 4G karena ke depannya pun jaringan akan terus upgrade.

Tinggalkan komentar