Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

bgtekno.com – Dana merupakan salah satu dompet digital yang menawarkan banyak kemudahan kepada pengguna. Salah satunya yaitu bebas transfer ke rekening bank tanpa biaya admin selama 10x dalam sebulan. Namun seringkali aplikasi dana tidak bisa dibuka, sehingga membuat pemiliknya kebingungan.

Ini tentu menjadi kendala, ketika sedang melakukan transaksi. Padahal, aplikasi ini cukup lengkap dengan beragam fitur yang ada di dalamnya. Banyak penyebabnya yang bisa ditimbulkan sehingga aplikasi tidak bisa diakses serta solusinya. Untuk informasi lengkapnya simak penjelasan berikut ini.

aplikasi dana tidak bisa dibuka

Penyebab Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Ketika sedang dalam kondisi urgent, namun aplikasi dana tidak bisa diakses secara mendadak tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Salah satu penyebabnya yaitu bisa dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil dan lemot.

Seperti yang diketahui, aplikasi ini bisa digunakan apabila memiliki akses internet yang stabil dan lancar. Pengguna bisa memanfaatkan wifi, maupun menggunakan kuota dengan menyalakan data seluler di ponsel agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Selain koneksi yang tidak stabil, penyebab aplikasi dana tidak bisa dibuka lainnya yaitu terdapat data cache yang menumpuk. Cache yang terlalu banyak menumpuk akan menyebabkan ponsel bekerja dengan lambat terutama untuk spesifikasi yang masih rendah.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diakses dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab aplikasi tidak bisa berjalan sangat beragam. Beberapa diantaranya ialah koneksi yang tidak stabil dan cache yang tidak dibersihkan secara rutin. Tidak perlu khawatir, berikut ini tips yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya.

Trending:  Safedana.com situs shortlink valid termudah terbukti membayar

1. Restart Ponsel

Salah satu cara mengatasi aplikasi dana tidak bisa dibuka ialah restart perangkat ponsel yang digunakan. Dengan melakukan restart, maka akan mengembalikan ponsel pada kondisi awal serta menutup semua aplikasi di belakang layar.

2. Update Aplikasi

Aplikasi yang belum ter-update, bisa menyebabkannya tidak bisa diakses secara normal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa fitur atau hal-hal yang tidak bisa digunakan pada aplikasi yang belum update. Oleh karena itulah, disarankan melakukan pembaruan aplikasi dana agar bisa digunakan kembali.

3. Beralih Ke Jaringan Internet Yang Lebih Stabil

Apabila jaringan internet yang digunakan tidak stabil, tentu akan menghambat kinerja smartphone dalam mengakses sebuah aplikasi termasuk dana. Oleh karena itulah, pengguna bisa beralih ke jaringan yang lebih stabil dan cepat sehingga bisa mengakses dana lebih lancar dan mudah.

4. Hapus Data Aplikasi Dana

Cara selanjutnya untuk mengatasi aplikasi dana tidak bisa dibuka ialah menghapus data aplikasi dana. Kegagalan akses tidak bisa dilakukan, karena penumpukan data pada aplikasi sehingga perlu menghapus data-data tersebut terlebih dahulu.

Pengguna bisa mulai menghapus dan membersihkan cache maupun file sampah terlebih dahulu. Apabila masih tetap tidak bisa digunakan, bisa melakukan clear data aplikasi. Kemudian silahkan masuk kembali ke aplikasi dengan login menggunakan akun yang sudah terdaftar.

5. Gunakan VPN

Pengguna juga bisa mengakses aplikasi dana menggunakan VPN maupun DNS resolver yang aman. Gunakan VPN terbaik dan terjamin keamanannya untuk bisa mengakses aplikasi ini. Jika diperlukan, maka bisa gunakan VPN premium untuk mengatasi error ketika membuka aplikasi dana.

Baca Juga: Ewallet Bar New Dana, Dapat Saldo Dana Gratis Disini

Aplikasi dana tidak bisa diakses disebabkan oleh beberapa hal seperti koneksi yang buruk dan file cache yang menumpuk. Untuk mengatasi aplikasi dana tidak bisa dibuka, maka bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan penyebab yang ditimbulkan agar bisa mengaksesnya kembali.

Trending:  Cara Mengetahui Kode Nomor WhatsApp Malaysia