Beranda Ā» Berbagai Informasi Mengenai Aplikasi SKP dan Seputarnya

Berbagai Informasi Mengenai Aplikasi SKP dan Seputarnya

Bgtekno.com – Anda sedang mencari informasi mengenai aplikasi SKP dan seputarnya? Maka pilihan yang tepar dengan mengunjungi tulisan ini. Sebab kami akan menjelaskan mengenai SKP, Aplikasi SKP hingga cara mendownload aplikasi SKP.

SKP atau Sasaran Kerja Pegawai merupakan salah satu unsur dalam Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Seorang PNS diwajibkan untuk menyusun SKP sebagai dasar penilaian prestasi kerja pegawai yang bersangkutan.

Dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS ternyata terdapat dua unsur. Yakni SKP dengan bobot nilai 60% dan 40% nya untuk Perilaku Kerja.

SKP juga dapat diartikan sebagai rencana dan target kinerja yang harus dicapai oleh pegawai dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Penilaian tersebut pun bersifat nyata dan dapat diukur.

Rencana maupun target kerja tersebut, dibuat atau disusun berdasarkan kesepakatan antara pegawai dan juga atasannya. Sehingga pembuatan SKP harus berdasarkan pada tugas jabatan, wewenang, tanggung jawab, fungsi dan lainnya

SKP juga bertindak sebagai pengganti dari Daftar Penilaian Prestasi Kerja (DP3) yang pada tahun 2014 sudah ditiadakan. Penilaian SKP lebih komprehensif jika dibandingkan dengan DP3.

SKP dibuat untuk kurun waktu satu tahun, dimulai dengan penyusunan perencanaan individu pegawai. SKP ini ditetapkan setiap awal tahun atau Januari. Pembuatan SKP pun tidak bisa sembarangan, harus disetujui dan ditetapkan oleh pejabat penilai.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP

Jika terjadi perpindahan pegawai setelah bulan Januari, maka yang bersangkutan tetap menyusun SKP pada awal bulan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan PNS yang tidak membuat SKP akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Apabila SKP yang dibuat tercapai, maka pegawai harus menunjukkan perilaku yang baik. Sebab penilaian SKP meliputi aspek kuantitas, kualitas, wakfu, sifat, jenis kegiatan dan lainnya.

Trending:  Download X8 Speeder Domino Mod Apk Tanpa Iklan

Pada dasarnya ada tiga unsur untuk pengisian SKP, yakni kegiatan tugas jabatan, angka kredit dan target. Dalam melaksanakan kegiatan tugas jabatan, pada prinsipnya pekerjaan dibagi habis dari tingkat jabatan tertinggi hingga terendah secara hirarki.

Sedangkan dalam menetapkan tugas, pegawai harus memperhatikan aspek-aspek di bawah ini:

  • Kuantitas merupakan target output
  • Kualitas merupakan targer kualitas
  • Waktu merupakan target waktu, dan
  • Biaya merupakan target biaya

Sedangkan untuk nilai pencapaian SKP dinyatakan dengan angka dan kriteria seperti di bawah ini:

  • 91 – ke atas = sangat baik
  • 76 – 90 = baik
  • 61 – 75 = cukup
  • 51 – 60 = kurang
  • 50 – ke bawah = buruk

Berbagai Hal Seputar Aplikasi SKP

Seperti yang telah disampaikan di atas, kita dapat menarik kesimpulan jika SKP itu sangatlah penting bagi para PNS. Bahkan untuk membuat atau menyusunnya pun menggunakan format khusus.

Dalam pembuatan SKP pun tidak semudah yang dibayangkan, sebab terikat aturan dan format. Namun seiring berkembangnya teknologi, Anda tidak perlu lagi khawatir dan kerepotan atau susah membuatnya.

Sebab kini sudah ada aplikasi SKP yang tersedia di Playstore hingga AppStore. Anda tinggal mengunduhnya saja, dan membuat SKP pun akan jauh lebih mudah.

Bahkan kini sudah banyak tersedia berbagai pilihan dari aplikasi pembuatan SKP tersebut. Anda tinggal mengunduh aplikasi mana yang sesuai kebutuhan dan cocok.

Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengunduh aplikasi untuk SKP di ponsel Android tersebut:

1. Buka menu PlayStore yang ada di ponsel Android Anda.

Aplikasi SKP

Bgtekno.com

2. Ketiklah pada kolom pencarian “Aplikasi SKP”

Setelah menuliskan di kolom pencarian, nantinya akan keluar berbagai macam pilihan dari aplikasi tersebut. Carilah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang Anda inginkan.

Trending:  2 Cara Menghapus Akun Gmail Lewat Chrome dan Android

Setelah menentukan aplikasi mana yang ingin diunduh, klik bagian aplikasi tersebut. Hingga nanti akan muncul pilihan atau kolom untuk “instal”, kemudian klik bagian tersebut.

Tunggulah beberapa saat, karena proses mengunduhnya memerlukan waktu. Pastikan juga jaringan internet yang Anda miliki stabil, agar proses mendownloadnya lancar.

Nah itu dia beberapa hal seputar SKP dan juga aplikasi SKP itu sendiri. Dengan adanya aplikasi tersebut, pastinya dapat memudahkan dan juga membantu kita semua dalam pembuatan SKP yang baik dan benar.