Beranda ยป Arti Kata Copas dan Cara Melakukan Copas di Laptop

Arti Kata Copas dan Cara Melakukan Copas di Laptop

bgtekno.com – Saat ini terdapat banyak bahasa slang internet populer yang sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia. Lalu, apa arti kata copas? Istilah ini diambil dari kata Copy Paste yang menggambarkan suatu aktivitas digital. Salah satu contohnya seperti menulis naskah dalam suatu aplikasi.

Pengertian Copas, Apa Itu Copas?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa copas merupakan singkatan dari Copy yang artinya menyalin dan Paste yang berarti menempel. Sehingga arti kata copas dapat disimpulkan sebagai kegiatan menyalin atau menjiplak secara keseluruhan suatu hal.

Sebenarnya, copy paste sendiri termasuk fitur yang tersedia di komputer atau perangkat digital yang memiliki fungsi untuk menyalin teks. Selain teks, fitur copy paste juga bisa digunakan untuk menggandakan file. Dimana fitur tersebut mengandung dua perintah yaitu copy dan paste.

arti kata copas

Copy berfungsi untuk menggandakan suatu teks dan paste untuk menempelkan teks tersebut di tempat tertentu. Namun, copas saat ini bukan hanya sekedar pada konteks dunia digital saja. Istilah ini juga berlaku sebagai bahasa sehari โ€“ hari yang menggantikan kata menyalin.

Bahasa gaul seperti copas ini memang sangat mudah berkembang dan tersebar di berbagai media sosial. Sehingga tidak heran, jika kata copas saat ini tidak hanya digunakan dalam konteks digital saja. Namun, juga menjadi bahasa yang biasa digunakan sehari – hari.

3 Cara Melakukan Copas di Laptop yang Paling Mudah

Fitur copy paste di komputer seringkali digunakan karena dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan sehingga cepat selesai. Copy paste bisa dilakukan dengan mudah di sebuah laptop dan tentu saja prosesnya tidak lama. Ingin tahu bagaimana caranya? Di bawah ini ulasan lengkapnya.

Trending:  Intip Harga Laptop untuk Mahasiswa Tahun 2022

1. Menggunakan Mouse dan Keyboard

Copy paste menggunakan mouse dan keyboard menjadi salah satu cara yang banyak digunakan karena tidak sulit dilakukan. Berikut langkah โ€“ langkahnya.

  1. Pilih file atau teks apapun yang akan hendak di copy dengan menggunakan mouse.
  2. Lalu, klik kombinasi Ctrl + C pada keyboard laptop untuk Copy.
  3. Cari tempat baru yang akan digunakan untuk meletakkan file atau teks tersebut.
  4. Klik kombinasi Ctrl + V pada keyboard laptop untuk Paste.

2. Menggunakan Mouse

Copy paste di laptop juga bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan bantuan mouse saja, sehingga pengguna tidak perlu menekan keyboard. Adapun langkah yang perlu dilakukan, antara lain.

  1. Seperti biasa, pilih file atau teks apapun yang hendak di copy terlebih dahulu.
  2. Klik kanan mouse dan klik Copy.
  3. Pilih tempat baru untuk meletakkan file atau teks tersebut.
  4. Klik kanan tempat tersebut dan klik Paste.

3. Dengan Drag and Drop

Tidak hanya itu, copas file di laptop juga mudah dilakukan oleh pengguna dengan cara drag and drop. Ikuti langkah โ€“ langkah di bawah ini untuk copas dengan cara drag and drop, diantaranya.

  1. Pilih file yang hendak di copy dahulu.
  2. Klik kiri mouse tepat di bagian thumbnail file tersebut.
  3. Tarik file dengan tetap menekan tombol kiri pada mouse.
  4. Setelah mendapatkan tempat baru untuk meletakkan file nya baru lepaskan jari dari menekan mouse untuk proses paste.
  5. File akan otomatis tersalin secara instan dengan cara drag and drop ini.

Baca Juga: Cara Mengganti Header Google Form dan Cara Membuatnya

Itulah penjelasan lengkap mengenai arti kata copas sekaligus cara melakukan copas di laptop yang mudah dilakukan. Cara copy paste di laptop tentu sangat berguna dan menguntungkan jika dilakukan. Sebab hal ini dapat memudahkan pengguna ketika ingin menyalin file dan teks.

Trending:  Hack Game dengan Aplikasi Game Guardian