Beranda » Arti “Pantek” yang Sempat Viral

Arti “Pantek” yang Sempat Viral

Bgtekno.com – Platform TikTok adalah aplikasi yang saat ini menjadi dominan diantara masyarakat Indonesia khsusnya para remaja. Banyak sekali informasi menarik terkait isu, selebriti, kebudayaan yang menjadi trending topik di aplikasi TikTok ini. Salah satunya yaitu arti pantek yang juga banyak dicari di mana-mana.

Tentu di aplikasi TikTok ini kita bisa temui banyak sekali informasi penting, yang bahkan belum kita dapatkan di televisi. Namun dengan adanya TikTok maka kita bisa menemukan sesuatu yang viral hanya dalam sekali klik di bagian beranda.

Kembali ke pembahasa terkait sebutan pantek. Mungkin hal ini pernah sekali terlintas di dalam pikiran Anda ketika asik schroll TikTok. Kata pantek belakangan ini memang tengah menjadi perbincangan yang hangat oleh kalangan pengguna media sosial apalagi para pemuda pemudi. 

Istilah pantek sendiri ini beberapa waktu lalu sempat sangat viral sekali di platform video pendek aplikasi TikTok. Dalam video pendek di TikTok yang diketahui judul lagunya yaitu DJ Pantek Pantek tersebut tengah Viral karena diunggah beberapa waktu yang lalu, dan berhasil menyedot semua perhatian dari beberapa pengguna media sosial lain khususnya aplikasi  TikTok.

Dalam video lagu yang berjudul DJ Pantek Pantek Viral di platform TikTok tersebut diketahui memiliki lirik lagu yang lumayan simpel dan sangat mudah diingat oleh para pengguna. Itulah sebabnya kenapa lagu tersebut banyak digunakan oleh para pengguna dan akhirnya viral meskipun sebagian tidak tahu arti dari kata pantek.

Namun disisi lain kalau ada yang belum mengerti arti dari pantek, tapi bagi masyarakat lain yang berada di berbagai wilayah Indonesia kata pantek sendiri sudah lama dikenal dan biasa digunakan oleh sebagian masyarakat dalam komunikasi sehari-hari. 

Trending:  Cara Reset Pengaturan Pabrik Oppo dengan Mudah

Contents

Arti Pantek Dalam KBBI

Terdapat banyak macam arti dari istilah yang satu ini berdasarkan KBBI maupun dari berbagai daerah di Indonesia. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan KBBI juga bisa kita temukan kata pantek di dalamnya. 

Kata pantek dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki sebuah arti yaitu pasak atau paku semat yang akan disematkan pada sebuah tempat atau bahkan suatu benda. Tapi jika ditambahi dengan kata imbuhan ‘me-‘ menjadi memantek.

Maka kata yang semulanya hanya pantek tersebut akhirnya memiliki arti yaitu melekatkan berbagai macam benda menggunakan paku. Namun arti lainnya mengungkapkan bahwa memantek itu memasak.

Istilah Pantek Berdasarkan Beberapa Daerah Di Indonesia

Setelah Anda mengetahui istilah pantek dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kini tiba saatnya Anda harus tahu arti dari kata pantek dalam berbagai daerah di Indonesia. Karena nyatanya setiap daerah mengartikan kata pantek ini berbeda-beda.

Beberapa daerah yang bisa kita ketahui memiliki kosa kata keseharian kata pantek dalam komunikasi adalah seperti daerah Madura, Minang, dan juga Batak. Ketiga daerah ini berbeda-beda sekali dalam memandang arti kata pantek.

Pantek dalam bahasa Minang sendiri memiliki suatu arti yang cukup kasar (tidak baik) dan terkesan sangat tak layak untuk dapat diucapkan oleh seseorang dalam komunikasi keseharian dengan orang lain. Istilah pantek dalam bahasa Minang sendiri yaitu menuju pada alat kelamin manusia.

Sedangkan kata pantek dari sudut pandang bahasa batak sendiri ini biasa digunakan oleh masyarakat dalam berkomunikasi sehari-hari dengan sesama. Kata Pantek dalam bahasa Batak ini memiliki suatu arti yaitu pantik atau memantik.

Trending:  Mengenal Aplikasi Givvy Social yang Mulai Trend Di Kalangan Masyarakat Indonesia

Bukan hanya di daerah Minang dan juga Batak, kata pantek juga sangat akrab sekali diucapkan oleh masyarakat di kawasan Madura. Kata pantek dalam bahasa madura biasa digunakan sebagai bentuk umpatan jika seseorang merasa kesal.

Jadi itu adalah beberapa arti pantek berdasarkan KBBI dan beberapa daerah di Indonesia. Perlu diingat untuk selalu hati-hati dengan bahasa yang baru kita temui karena bukan berarti bahas ayang kita temui tersebut memiliki arti yang baik di suatu daerah tertentu.