Beranda » Bacaan Takbir Idul Fitri yang Harus Anda Hafalkan

Bacaan Takbir Idul Fitri yang Harus Anda Hafalkan

Bgtekno.com – Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Malam sebelum hari raya tiba biasanya disebut dengan malam Takbir di mana umat Islam akan mengumandangkan Takbir sepanjang malam. Bacaan Takbir Idul Fitri juga tentu sudah tidak asing di telinga umat muslim. 

Namun biasanya kalimat yang dikumandangkan pada saat malam Takbir cenderung lebih pendek sehingga hampir semua orang sudah menghafalnya. Sementara itu, pada saat hari raya tiba tepatnya sebelum melaksanakan salat Ied bacaan Takbir yang dikumandangkan biasanya akan dilengkapi dengan lafal yang lebih panjang. 

Lafal dan Bacaan Takbir Idul Fitri 

Bacaan Takbir yang lengkap umumnya tidak begitu dihafal oleh setiap umat muslim. Meskipun begitu banyak diantaranya yang sudah fasih melafalkan bacaan tersebut terutama para Ustadz dan Alim Ulama. Hal ini tentu harus menjadi motivasi bagi Anda untuk turut menghafal bacaan Takbir yang lebih lengkap.

Dengan begitu Anda bisa mengikuti dengan fasih pada saat bacaan tersebut dikumandangkan sebelum Sholat Ied. Jika Anda sudah menghafalnya Anda juga bisa mengumandangkan Takbir dengan lebih lengkap sehingga perayaan Idul Fitri bisa lebih afdol. 

Dalil Membaca Bacaan Takbir Idul Fitri 

Sebelumnya Anda bisa mengetahui dasar atau dalil dari pembacaan Takbir pada saat hari raya Idul Fitri. Jika terdapat dalil yang jelas maka hall ini tentu sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim. Dengan mengetahui dalil ini tentu Anda bisa melaksanakan hal tersebut dengan dasar yang kuat dan tidak asal-asalan. 

Trending:  5 Keuntungan Menggunakan Spotify Premium Mod Apk

Selain sebagai syiar bagi umat muslim, membaca Takbir juga merupakan bagian dari bentuk rasa syukur terhadap Alloh SWT. Hal ini diterangkan dalam Q.S Al Baqoroh : 185 yang artinya : 

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” 

Selain firman Allah dalam Al-quran terdapat hadits Rasulullah SAW di mana Beliau bersabda : 

“Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca Takbir.” 

Rasulullah juga menganjurkan untuk memperbanyak membaca Takbir saat Idul Fitri maupun Idul Adha karena memiliki imbalan yang sangat menjanjikan. Imbalan tersebut berupa dileburnya dosa-dosa bagi orang yang mengumandangkan Takbir di hari raya. Hal ini merupakan janji Alloh yang sangat pasti sehingga sangat disayangkan jika terlewatkan.

Waktu Mengumandangkan Takbir 

Umumnya waktu untuk mengumandangkan Takbir ialah dari tenggelamnya matahari di malam hari raya hingga sebelum Imam memulai shalat Ied. Mengumandangkan Takbir tidak hanya harus di masjid saja namun bisa di rumah atau di lapangan. Yang terpenting ialah pelafalan yang tepat dan keikhlasan dalam melaksanakannya. 

Saat merayakan hari raya Idul Fitri maka sebaiknya Anda harus mengikuti setiap bacaan Takbir khusyuk. Anda sangat dianjurkan untuk fokus dalam membaca bacaan Takbir Idul Fitri dan tidak sambil melakukan hal-hal yang tidak diperlukan terutama jika disertai dengan bergurau. Hal ini juga merupakan ibadah sehingga harus dilakukan dengan penuh kekhusyuan. 

Lafal Takbir Idul Fitri

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ dijelaskan jika Takbir harus dilantunkan sebanyak tiga kali secara berturut-turut. Takbir yang dimaksud yaitu bacaan “Allohu Akbar” yang harus diulang sebanyak tiga kali. Umumnya masyarakat sering melafalkan kalimat “Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar. Lā ilāha illallāhu wallāhu akbar. Allāhu akbar wa lillāhil hamdu.

Trending:  3 Cara Registrasi Kartu Indosat untuk Pengguna Baru atau Lama

Kemudian kalimat tersebut akan ditambahkan dengan dzikir sebagaimana zikir Takbir Rasulullah SAW pada saat di bukit Shafa yang diriwayatkan imam muslim. Secara lengkapnya bacaan Takbir Idul Fitri yang perlu dibaca ialah sebagai berikut. 

Artinya, “Allah maha besar, Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memporak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar.”

Itulah lafal atau bacaan Takbir Idul Fitri yang harus Anda hafalkan. Agar perayaan Idul Fitri lebih afdhol maka sebaiknya bacaan Takbir tersebut wajib dikumandangkan pada waktu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan meneladani setiap ajaran dari Rasulullah SAW.