Bagaimana Cara Cetak NISN Lewat HP atau PC? Ini Dia Langkah-Langkah yang Bisa Anda Ikuti!

Bagi orang tua yang memiliki anak sudah sekolah sangat disarankan untuk memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan nomor identifikasi dari peserta didik yang ada di seluruh sekolah di Indonesia. Dimana pada NISN tersebut ada nomor yang unik dan memiliki masa yang sangat panjang. Tapi, masih ada orang tua yang bingung dengan bagaimana cara cetak NISN lewat HP maupun PC.

Dengan hadirnya NISN Siswa ini memiliki tujuan yang tidak lain adalah untuk mengidentifikasi setiap siswa yang ada di Indonesia. Selain itu juga menjadi pusat layanan dari sistem pengolahan termasuk sebagai pendukung program Dapodik, sehingga data-data para siswa nantinya dapat diidentifikasi dengan mudah.

Bila Anda ingin tahu cara cetak NISN lewat HP atau PC sebenarnya sangat mudah sekali. Di bawah ini kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencetak kartu NISN Siswa dengan menggunakan perangkat HP maupun PC.

Cara Cetak Kartu NISN Online

Cara cetak NISN lewat HP maupun PC tidak jauh berbeda dengan cara cetak NUPTK yang terpenting Anda sudah menyiapkan perangkat yang akan digunakan untuk cetak NISN dan koneksi internet yang stabil.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencetak kartu NISN melalui HP maupun PC, antara lain:

1. Cetak NISN Melalui PC

  • Langkah yang pertama adalah masuk ke laman website milik Kemdikbud di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/. Pastikan koneksi internet yang Anda pakai stabil karena prosesnya yang memang membutuhkan koneksi internet yang stabil/.
  • Langkah selanjutnya Anda pilih menu “Pencarian Berdasarkan NISN” kemudian masukkan NISN Siswa serta Masukkan Nama Ibu Kandung Siswa jangan lupa untuk masukkan kode captcha dan klik “Cari Data“.
  • Bila data-data yang sudah Anda masukkan sudah benar nanti laman website akan memunculkan data NISN Siswa. Di dalam data tersebut meliputi nomor unik NISN, nama siswa, tempat tanggal lahir siswa, jenis kelamin siswa, status aktif, dan gambar barcode.
  • Selanjutnya adalah menyimpan data yang sudah Anda buat ke dalam PDF dengan cara pilih “Simpan PDF” kalau PC Anda belum tersambung ke printer untuk mencetak. Kalau PC sudah langsung terkoneksi dengan printer maka Anda langsung pencet tombol “CTRL+P” pada keyboard komputer.
  • Dan kartu NISN pun sudah siap dipakai sebagaimana mestinya.
Trending:  Cara Daftar dan Cek BSU 2022 via Online (WA, App, Web)

2. Cara Cetak NISN Lewat HP

Cara cetak NISN lewat HP bisa Anda lakukan sama halnya dengan cara cetak di PC, yakni mengunjungi laman website milik milik Kemdikbud di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

Tapi bila Anda ingin mencobanya dengan menggunakan pihak ketiga atau aplikasi maka berikut adalah langkah-langkahnya, antara lain:

  • Unduh aplikasi cetak NISN gratis di Play Store
  • Aplikasi cetak NISN gratis setelah diunduh akan menghasilkan file dengan format RAR, maka yang harus Anda lakukan adalah extract file tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih “Extract Here”
  • Kalau sudah di extract Anda bisa langsung masuk ke dalam aplikasi dan melakukan login
  • Masukkan user id dengan menggunakan “gurusd.net” dan passwordnya adalah “gurusd” kemudian klik login
  • Langkah berikutnya adalah Anda akan masuk ke halaman beranda, Anda klik tombol “Input data NISN”, lalu isi data yang sudah disediakan dengan lengkap, kemudian klik “OK” kalau sudah benar
  • Langkah selanjutnya klik tombol “Kartu NISN” untuk mencetak kartu
  • Pilih siswa yang akan dicetak kartu NISN nya kemudian pilih tombol dengan ikon “Printer” 

Itulah beberapa cara cetak NISN lewat HP yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Semoga informasi yang sudah kami berikan di atas bisa jadi referensi yang tepat yah!