Home » Begini Cara Mengetahui Followers Palsu di Instagram, Mudah dan Efektif

Begini Cara Mengetahui Followers Palsu di Instagram, Mudah dan Efektif

Apakah anda penasaran dengan jumlah follower akun IG tertentu yang menurut anda naik secara drastis? sebab bisa saja follower yang digunakan adalah fake follower alias palsu. Begini cara mengetahui follower palsu di Instagram.

Sebagai salah satu media terbesar di tanah air atau bahkan dunia, IG tidak jarang menjadi ajang perlombaan bagi siapa yang ingin terlihat memiliki lebih banyak follower dimana hal ini sering dilakukan media untuk melakukan perbandingan popularitas antara selebrity dunia. Dengan memiliki semakin banyak follower tentunya menjadi sinyal kepopuleran sebuah akun IG karena banyak diikuti dan disukai pengguna IG lain.

Persaingan jumlah follower juga tidak hanya antara sesama selebrity atau selebgram, tetapi antara pebisnis online di IG, maupun personal antara teman atau keluarga. Oleh karena persaingan tersebut atau ingin membuat akun IG terlihat populer dengan banyaknya follower atau pengikut, tidak heran apabila banyak pengguna IG yang menempuh “jalan pintas” dengan menggunakan jasa follower palsu IG yang saat ini mudah ditemukan.

Lalu bagaimana cara mengetahui follower palsu di Instagram ? Jika anda penasaran akan follower sebuah akun di IG dan bertanya apakah follower nya asli atau fake, maka dari itu agar anda tidak penasaran, simak cara mengetahui follower palsu di Instagram.

Cara Mengetahui Followers Palsu di Instagram

Cara Mengetahui Followers Palsu di Instagram

Membandingkan Jumlah Followers dan Like

Cara pertama dan bisa dikatakan termudah untuk mengetahui apakah account tersebut memiliki followers asli atau palsu adalah dengan membandingkan jumlah pengikut dan juga like pada postingan yang pernah diunggah dimana pada umumnya jumlah like pada sebuah postingan yang diunggah lebih dari satu hari adalah 5% hingga 25% dari jumlah followers akun tersebut.

Trending:  Cara Menghapus Akun Facebook dan Langkah Cepatnya

Contohnya apabila suatu akun memiliki pengikut berjumlah 1000, maka postingan yang diunggah satu hari yang lalu seharusnya mendapat like berjumlah kurang lebih 150. Apabila hal itu terjadi, maka akun tersebut memiliki pengikut asli.

Akan tetapi apabila akun tersebut memiliki pengikut berjumlah 1000 dan jumlah like pada postingan hanya kurang dari 50, maka besar kemungkinan akun tersebut memiliki followers palsu.

Membandingkan Jumlah Followers dan Komentar

Selain jumlah like, anda juga bisa memperhatikan jumlah komentar pada suatu postingan untuk melihat apakah account tersebut memiliki pengikut asli atau fiktif. Sebut saja contohnya seperti akun tersebut memiliki pengikut berjumlah 5000, maka pada suatu unggahan diakunnya paling tidak memiliki kurang lebih 13 komentar. Sehingga apabila perbandingan jumlah pengikut dan komentar pada suatu unggahan tidak seimbang, maka kemungkinan besar akun tersebut memiliki pengikut palsu.

Memeriksa Akun

Walaupun cara ini cukup merepotkan tetapi ampuh untuk mengetahui apakah pengikut suatu akun memiliki followers palsu atau asli. Cara untuk mengetahui apakah account tersebut merupakan akun real atau bukan rupanya sangat mudah.

Fake account umumnya menggunakan display picture dari Google atau bahkan tidak memiliki foto profil. Selain itu umumnya akun palsu juga tidak memiliki postingan apapun. Jumlah pengikutnya pun tidak ada, namun memiliki banyak following yang terdiri dari akun-akun populer.

Tidak Centang Biru Bagi Akun Publik Figur

Walaupun tidak semua akun publik figur memiliki centang biru, namun apabila terdapat akun dengan username publik figur tidak bercentang biru pada salah satu followers maka patut dicurigai karena tidak sedikit fake account yang mengatasnamakan publik figur populer. Apabilagi jika account tersebut tidak memiliki pengikut dan hanya memiliki following.

Trending:  Cara Mendapatkan Nomor India Gratis dengan Mudah

Menggunakan IG Audit

IG Audit merupakan salah satu tool yang digunakan untuk mengecek apakah suatu akun IG memiliki followers palsu atau tidak. Cara yang satu ini tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga, karena hanya perlu mengakses URL pada web browser. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Langkah pertama buka web browser pada laptop atau HP.
  • Setelah itu masukkan link https://embed.igaudit.io/ pada address bar.
  • Jika sudah, masukkan username akun Instagram yang ingin diperiksa keaslian followers-nya tanpa perlu menambahkan @. Pastikan akun tersebut tidak dikunci atau di-private.
  • Klik pada ikon kaca pembesar atau tekan enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai.

Nantinya tertera informasi mengenai pengikut Instagram account tersebut, akan tersaji presentase followers asli dari jumlah pengikut yang dimiliki akun tersebut.

Menggunakan Social Blade

Dan terakhir cara lain yang dapat digunakan untuk mengecek followers palsu di Instagram adalah dengan menggunakan Social Blade. Bahkan tidak hanya Instagram, tool yang satu ini juga dapat digunakan untuk memeriksa sosial media lainnya seperti Youtube, Twitch, Dailymotion, hingga Twitter. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama buka web browser pada laptop atau HP.
  • Setelah itu masukkan link https://socialblade.com/ pada address bar.
  • Jika sudah, masukkan username akun Instagram yang ingin diperiksa keaslian pengikutnya tanpa perlu menambahkan @. Pastikan akun tersebut tidak dikunci atau di-private.
  • Klik pada ikon kaca pembesar atau tekan enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai.
  • Nantinya akan tertera statistik pengikut akun tersebut secara detail, tak terkecuali ranking akun yang ingin diketahui.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui follower palsu di Instagram yang bisa anda lakukan dengan mudah agar anda tidak penasaran lagi apakah followernya asli atau fake. Semoga berguna dan bermanfaat.

Trending:  Arti “Pantek” yang Sempat Viral