Home » Begini Cara Menghilangkan Bau Badan, Mudah, Cepat dan Ampuh!

Begini Cara Menghilangkan Bau Badan, Mudah, Cepat dan Ampuh!

Apakah anda termasuk orang yang “krisis” kepercayaan diri karena bau badan? jangan kuatir, sebab kali ini kami akan membagikan cara menghilangkan bau badan dengan mudah, cepat dan juga ampuh.

Bukan rahasia umum lagi dimana bau badan atau BB yang tidak sedap bisa menjadi hal “negatif” dalam pergaulan, di dunia kerja atau saat bersama dengan orang. Stigma orang yang memiliki bau badan yang tidak sedap kerap kali menjadi bahan pergunjingan banyak orang.

Bau badan yang tidak sedap bisa terjadi pada setiap orang karena hal ini merupakan proses tubuh yang alami dalam mengeluarkan cairan namun bau badan yang tidak terkontrol seringkali menjadi masalah yang mengganggu dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Cara menghilangkan bau badan pun hanya sebatas memakai deodran saja.

Terdapat banyak alasan yang menjadi penyebab bau badan yang tidak sedap dan mengganggu indera penciuman orang lain. Apa penyebab bau badan? simak sebagai berikut yang bisa anda hindari.

Penyebab Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan

Masalah kulit

Bau badan bisa timbul jika seseorang memiliki masalah pada kulitnya. Contohnya seperti kulit kering atau infeksi. Periksakan ke dokter agar dapat penanganan yang terbaik.

Pola makan

Perlu anda ketahui dimana makanan yang anda konsumsi bisa mempengaruhi bau badan. Contohnya makanan pedas, beraroma tajam, dan alkohol. Makanan dan minuman tersebut bisa membuat keringat berbau lebih menyengat. Tentu jika anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan sering.

Trending:  Review Terabox: Penyimpanan File Cloud dengan Kapasitas Besar

Ketiak yang lembab

Umumnya bau badan berasal dari bagian ketiak. Karena bagian tubuh ini cenderung menghasilkan banyak keringat. Maka sebaiknya anda menggunakan deodoran agar ketiak anda tetap kering. Apalagi jika anda sedang beraktivitas di luar rumah.

Terlalu banyak konsumsi kafein dan gula

Mengonsumsi kafein dan gula yang berlebihan juga bisa membuat bau badan. Anda bisa mencoba untuk mengurangi konsumsi kafein dan gula yang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Jarang membersihkan tubuh

Usahakan untuk mandi minimal sekali sehari. Gunakan sabun yang cocok untuk kulitmu dan bilas dengan air bersih. Setelah mandi, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan badan. Pastikan badan kering sebelum memakai baju.

Faktor hormonal

Faktor hormonal juga bisa mempengaruhi bau badan, terutama pada wanita. Contohnya seperti ketika hamil, menggunakan KB implan, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Setelah mengetahui penyebab bau badan diatas, maka sesuai dengan judul diatas kali ini kami akan membagikan tips cara menghilanhkan bau badan yang mudah, cepat dan ampuh untuk anda simak sebagai berikut.

Mandi secara teratur

Minimal mandi sekali dalam sehari dengan menggunakan sabun antibakteri. Sabun antibakteri bisa membantu menghilangkan bau badan. Pastikan ketiak dan selangkangan dibersihkan dengan baik. Karena itu adalah daerah yang rawan keringat dan menimbulkan bau badan.

Mengeringkan badan dengan benar

Setelah mandi, penting untuk mengeringkan tubuh dengan benar. Terutama di daerah penghasil keringat. Mengeringkan tubuh dengan baik akan mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.
Memakai pakaian yang tepat

Sebaiknya memilih pakaian yang tidak membuat tubuh gerah dan dapat menyerap keringat dengan cepat. Hindari pakaian yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan sintetis. Pakaian yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan sintetis bisa menyebabkan penumpukan keringat dan memperburuk bau badan.

Trending:  20 Ide Panggilan Sayang yang Tidak Lebay Agar Makin Mesra

Menggunakan obat alami

Beberapa bahan alami juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bau badan. seperti minyak kelapa, air lemon, atau baking soda. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan obat alami ini.

Menggunakan parfum atau pewangi tubuh

Anda bisa menggunakan parfum atau pewangi tubuh untuk menyamarkan bau tersebut. Namun, hindari penggunaan parfum yang terlalu kuat atau berlebihan. Karena dapat menjadi tidak nyaman bagi orang di sekitar.

Menjaga pola makan yang sehat

Makanan yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi bau badan. Hindari makanan pedas, beraroma tajam, dan alkohol yang bisa membuat keringat berbau lebih menyengat. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mengurangi bau badan.

Mencukur bulu ketiak secara teratur

Bulu ketiak dapat menahan penguapan keringat dan mempercepat pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, mencukur bulu ketiak secara teratur bisa membantu mengurangi bau badan.

Menggunakan deodoran atau antiperspiran

Deodoran dan antiperspiran bisa membantu mengurangi bau badan. Yakini dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi keringat.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan bau badan dengan mudah, cepat dan juga ampuh yang semoga bisa membantu mengatasi masalah berat badan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.