Beranda ยป 7 Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral

7 Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral

Mau jadi FYP TikTok tapi bingung bagaimana caranya? Artikel ini akan memberi kamu tips dan cara agar video TikTok FYP.

Dengan menjadi FYP TikTok, maka video yang kamu buat akan direkomendasikan ke pengguna lain di halaman awal FYP. Halaman FYP tentu berbeda dengan halaman following, karena jangkauan halaman FYP lebih luas.

Lantas, bagaimana cara agar video TikTok kita masuk FYP? Berikut ini tips dan caranya!

Cara Agar Video TikTok Bisa Masuk FYP TikTok

Perlu kamu pahami, video yang masuk di halaman FYP berdasarkan kepopuleran dengan menggunakan algoritma tertentu. Ada beberapa faktor yang dapat membuat suatu video bisa masuk ke halaman FYP, diantaranya yaitu:

  • Informasi video yang meliputi hashtag, audio, dan caption
  • Interaksi pengguna, baik melalui like, comment, share, dan following
  • Pengaturan akun yang terdiri atas pengaturan negara, tipe perangkat, dan preferensi bahasa

Nah, trik untuk bisa masuk ke FYP TikTok adalah dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut. Secara lebih ringkas, begini cara agar video TikTok FYP terus.

1. Buat konten yang bisa menghasilkan engagement tinggi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah konten video yang kamu buat. Sebaiknya buatlah konten yang bisa menghasilkan tingkat engagement tinggi.

Tentu ini membutuhkan ide dan kreativitas yang tinggi agar konten yang kamu buat bisa diterima dan disukai banyak orang.

Pastikan ide yang kamu buat ini unik dan memiliki karakter tersendiri, sehingga orang lain tertarik dan bisa mengenal setiap konten-konten yang kamu buat.

2. Buat caption yang menarik

Meski konten TikTok berbentuk video, bukan berarti caption tidaklah penting. Justru caption inilah menjadi salah satu cara agar video FYP di TikTok.

Trending:  Cara Repost Video Instagram dengan dan Tanpa Aplikasi

Sebaiknya, buatlah caption yang menarik dan mewakili isi video. Kamu dapat menyesuaikan bentuk caption dengan tujuan konten. Jika ingin mengundang banyak interaksi, maka buatlah caption dalam bentuk pertanyaan.

3. Lengkapi video dengan lagu populer

Salah satu cara agar video TikTok kita bisa viral adalah dengan menambahkan lagu yang tengah populer. Lakukan editing sebaik mungkin, kemudian ambil potongan lagu yang tengah hits untuk menjadi backsound.

Namun, perlu diperhatikan isi konten dengan lagu yang kamu pilih. Jangan sampai antara lagu dan isi konten tidak sesuai.

4. Jangan lupakan hashtag

Penggunaan yang sedang trending juga bisa menjadi cara agar video TikTok bisa FYP. Ini juga akan memudahkan pengguna lain untuk menemukan video kamu saat mengetikkan kata tertentu di kolom pencarian.

Kamu bisa menggunakan lebih dari satu hashtag. Namun, pastikan pemilihan hashtag tersebut relevan dengan isi konten, ya!

5. Berinteraksi dengan pengguna lain

Kamu bisa membangun hubungan dengan cara berinteraksi dengan pengguna lain melalui kolom komentar. Mulailah komen di postingan video orang lain agar keberadaan kamu ter-notice.

Dengan cara ini, orang lain bisa saja memberi like di komentar kamu, kemudian penasaran dan mengunjungi halaman profil kamu. Bahkan, bisa jadi mereka akan mulai follow karena tertarik dengan konten kamu.

6. Lakukan kolaborasi dengan creator lain

Salah satu cara untuk membuat konten kamu semakin dikenal adalah dengan mengajak kolaborasi creator lain. Dengan kolaborasi ini, maka exposure dari video yang kamu buat akan meningkat dan masuk di FYP TikTok.

Kamu bisa membuat kolaborasi konten dengan duet, challenge, atau yang lain. Jika hasil kolaborasi ini menarik, maka akan mendatangkan banyak interaksi, baik itu like, comment, atau share. Apalagi jika video duet kamu unu direspon oleh sang kreator.

Trending:  Game Viral di Live Tiktok - Balap Lari Menang Gift

7. Posting saat jam-jam ramai

Cara upload video TikTok agar FYP adalah dengan memilih jam-jam ramai. Ini bertujuan agar peluang video kamu dilihat orang semakin besar.

Masing-masing sosial media tentu akan memiliki waktu terbaiknya sendiri untuk upload video. Begitu juga dengan TikTok. Nantinya, pembagian waktunya disesuaikan dengan banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini di jam-jam tertentu.

Jadwal FYP TikTok

Sesuai dengan penelitian dari Marketing Hub, jadwal FYP TikTok terbagi menjadi beberapa bagian, sebagaimana berikut.

HariJam Tayang
Minggu19.00 WIB18.00 WIB03.00 WIB
Sabtu22.00 WIB07.00 WIB06.00 WIB
Jumat24.00 WIB16.00 WIB02.00 WIB
Kamis23.00 WIB20.00 WIB06.00 WIB
Rabu22.00 WIB19.00 WIB18.00 WIB
Selasa20.00 WIB19.00 WIB18.00 WIB
Senin21.00 WIB17.00 WIB09.00 WIB
Jadwal FYP TikTok

Data di atas diambil dari hasil analisi 100.000 unggahan TikTok guna mengetahui waktu terbaik untuk posting video di TikTok.

Jadi, buat kamu yang ingin videonya masuk di halaman FYP, kamu bisa mengikuti cara agar video TikTok FYP di atas. Mulai dari menggunakan caption menarik, lagu populer, hashtag, bangun interaksi, dan juga memposting video di jam-jam ramai.

Tinggalkan komentar