Cara Aktifkan 2FA Google untuk Akun Gmail dan Facebook

Maraknya kejahatan cyber tentu mengharuskan setiap orang untuk lebih waspada dan hati-hati. Oleh karena itulah sangat penting menerapkan 2FA sebagai upaya mengamankan akun digital. Cara menyalakan 2FA google pun tergolong sangat mudah.

Apa Itu 2FA?

cara menyalakan 2fa google

Ialah otentikasi dua faktor yang menawarkan fitur keamanan ganda bagi penggunanya. Berfungsi melindungi akun online dari berbagai upaya peretasan yang mungkin terjadi. Apabila mengaktifkan fitur ini, maka pengguna harus memasukkan kode khusus setiap kali mengakses akun tersebut.

Kode tersebut terdiri dari 6 digit dan sifatnya hanya sekali pakai. Pengguna akan mendapatkan peringatan dari sistem maupun aplikasi apabila ada orang lain yang mencoba membobol akun tersebut dari perangkat lain.

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur 2FA, Ikuti Langkah Ini!

Karena fungsinya yang sangat penting, maka disarankan setiap pemilik akun online untuk menyalakan fitur ini. Cara menyalakan 2FA google sangat simple dan mudah untuk diaplikasikan. Berikut ini beberapa langkah yang harus diikuti, antara lain.

  1. Silahkan buka situs google melalui perangkat pengguna. Bisa melalui smartphone maupun PC dan laptop.
  2. Setelah itu silahkan klik pada opsi “Keamanan”.
  3. Di bagian login ke akun, pengguna bisa klik pada opsi “Verifikasi 2 langkah”.
  4. Kemudian lanjutkan dengan klik “Get started”.
  5. Pengguna nantinya akan dibawa untuk login ke akun gmail tersebut.
  6. Silahkan masukkan password dari akun yang sudah terdaftar.
  7. Kemudian pengguna bisa menggunakan ponsel maupun perangkat komputer dan laptop untuk melakukan verifikasi terkait identitas di langkah kedua.
  8. Jika sudah silahkan klik “Coba sekarang”.
  9. Nantinya akan muncul pemberitahuan untuk mencoba masuk dari perangkat komputer lain. Silahkan klik “Yes”.
  10. Silahkan masukkan nomor ponsel yang masih aktif untuk melakukan backup.
  11. Setelah itu silahkan klik “Text message” untuk mendapatkan kode verifikasi.
  12. Kemudian silahkan klik “Kirim” lalu masukkan kode verifikasi yang sudah dikirim ke nomor tersebut.
  13. Klik “Selanjutnya” lalu pilih opsi “Nyalakan”. Secara otomatis, akun gmail sudah terproteksi secara ganda.
Trending:  Cara Komen Kosong di IG

Seberapa Penting sih Mengaktifkan 2FA Google?

Setelah mengetahui cara menyalakan 2FA google, mungkin banyak yang masih bertanya-tanya mengenai pentingnya mengaktifkan fitur ini. Sebagai fitur keamanan yang dirancang khusus bagi pengguna, tentu 2FA memiliki fungsi penting, diantaranya:

1. Mencegah Peretasan Akun Dan Kejahatan Internet Lainnya

Kasus kejahatan seperti pembobolan akun kini semakin marak terjadi. Tentu saja dengan tujuan yang sangat beragam seperti pencurian data, pencurian uang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, penerapan ini akan sangat membantu.

Pengguna akan bisa terhindar dari peretasan akun yang dilakukan  pihak tidak bertanggung jawab dengan menyalakan fitur ini. Ini karena apabila tidak berhasil memberikan informasi pada verifikasi kedua maka akses ke akun tersebut tidak bisa dilakukan.

Pengguna juga mengetahui apabila ada seseorang yang mencoba untuk mengakses akun melalui verifikasi yang diterima oleh pengguna. Dengan demikian maka akan lebih sigap melakukan pengamanan dengan mengganti username dan kata sandi.

2. Sebagai Solusi Password Yang Lemah

Apabila menggunakan password yang lemah maka bisa diamankan dengan cara menyalakan 2FA google seperti yang sudah dijelaskan di atas. Banyak orang biasanya menggunakan password yang sama pada beberapa akun sehingga sangat berisiko untuk dibobol dengan mudah.

Pentingnya penggunaan 2FA ini karena bisa menjadi perlindungan tambahan sambil mengganti semua password dengan yang lebih kuat. Seseorang tidak akan bisa masuk ke akun meskipun mengetahui password pengguna. Hal ini karena diperlukan verifikasi tahap kedua dari ponsel pengguna.

Itulah penjelasan mengenai cara menyalakan 2FA google dan pentingnya penerapan fitur tersebut. Sebelum akun dibobol oleh orang jahat dan tidak bertanggung jawab, ada baiknya untuk melakukan antisipasi dengan memperketat sistem keamanan pada akun online.

Trending:  Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun 2021/2022