Beranda » Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android Paling Mudah

Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android Paling Mudah

Salah satu faktor yang membuat Android banyak digemari adalah kameranya yang berkualitas. Contohnya cara bikin foto 360 derajat di Android yang bisa dipelajari sendiri. Dengan pengambilan foto secara 360 derajat, hasilnya bisa lebih unik dan berbeda karena cukup jarang yang melakukan.

Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android Paling Mudah

Meski begitu, tidak banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur untuk mengambil foto 360 derajat. Untuk itu pengguna Android bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa membantunya menghasilkan foto tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan.

cara bikin foto 360 derajat di android

Menggunakan Panorama 360

Cara yang pertama untuk membuat foto 360 derajat adalah mengunduh aplikasi tambahan bernama Panorama 360. Apps dengan ukuran 14 MB ini telah melebihi 10 juta unduhan. 

Pengguna tidak hanya bisa mengambil foto HD dengan sudut pandang 360 derajat. Melainkan juga ada fitur lan seperti tools profesional, membuat tiny planet, hingga membagikan hasilnya ke berbagai platform. 

Koleksi hasil foto nantinya bisa dikelompokkan sesuai preferensi, dengan fungsi layaknya media sosial dimana pengguna bisa saling berbagi foto, likes, hingga komentar. Berikut langkah-langkah membuat fotonya.

  1. Buka Play Store, ketikkan nama Panorama 360 pada kolom pencarian.
  2. Unduh apps besutan TeliportMe Inc tersebut dengan klik “Install”.
  3. Jika aplikasi telah berhasil tersimpan di perangkat, jangan lupa memberikan izin apabila muncul notifikasi. Tujuannya agar apps tersebut dapat berjalan maksimal pada sistem perangkat.
  4. Cara bikin foto 360 derajat di Android dapat dilanjutkan dengan memposisikan smartphone secara portrait. Berikutnya ketuk “Start capture” agar bisa mulai mengambil foto.
  5. Ikuti petunjuk untuk mengambil gambar yang diberikan oleh aplikasi. Instruksinya jelas dan mudah dipahami, cukup mengikuti petunjuknya sampai selesai.
  6. Apabila hasil foto masih kurang bagus, dapat melakukan pengambilan ulang fotonya dengan klik “Start capture” lagi.
  7. Otomatis foto yang telah diambil akan tersimpan dalam galeri. Pengguna bisa membagikan foto tersebut menuju media sosial yang mendukung tampilan 360 derajat, misalnya Facebook dan Instagram.
Trending:  Money Cube, Aplikasi Penghasil Uang Hanya Dengan Memecahkan Kubus

Baca Juga: Tutorial Edit Foto Blur Tanpa Aplikasi

Menggunakan Google Street View yang Paling Mudah

Sebelumnya telah dijelaskan cara bikin foto 360 derajat di Android menggunakan aplikasi Panorama 360. Namun, sebenarnya juga terdapat aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuatnya. 

Adalah Google Street View, apps besutan Google yang telah digunakan hingga satu miliar orang. Apps berukuran 25 MB ini berfokus mencari dan melihat langsung jalan yang dicari. 

Namun sebenarnya juga bisa mengambil foto dengan sudut pandang 360 derajat. Kemampuan unik ini belum banyak diketahui oleh pengguna. Pengambilan foto 360 derajat bisa dilakukan dengan mudah seperti berikut ini.

  1. Unduh Google Street View melalui Play Store. Tunggu sesaat hingga aplikasinya tersimpan dengan sempurna di perangkat.
  2. Masuk menuju aplikasinya. Di halaman utama, pengguna bisa klik pada ikon yang bergambar kamera pada kanan bawah layar.
  3. Dari beberapa pilihan yang muncul, ketuk “Take photo spare”.
  4. Berikutnya pengguna akan melihat instruksi untuk mengambil gambar. Aplikasi sudah memberikan caranya dengan jelas sehingga mudah dipahami.
  5. Cukup ikuti dot/titik yang ditampilkan. Otomatis apps ini akan melakukan pengambilan gambar ketika pengguna sudah pas berada di titik tersebut.
  6. Jika kurang bagus, bisa melakukan pengambilan gambar kembali. Setelah pengambilan fotonya selesai dan dirasa sudah bagus, selesaikan dengan klik ikon berbentuk checklist.
  7. Apps akan melakukan pengolahan gambar sehingga menjadi satu, kemudian dibentuk menjadi 360 derajat.
  8. Foto yang sudah diolah akan tersimpan dalam galeri dan dapat dibagikan ke berbagai platform jejaring sosial.

Demikian ulasan tentang cara bikin foto 360 derajat di Android yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Beberapa aplikasi yang telah disebutkan bisa diandalkan dalam menghasilkan kualitas foto yang tidak tanggung-tanggung. Cocok untuk menghadirkan kesan yang berbeda dari foto biasanya.

Trending:  Aplikasi Penghasil Uang Sekaligus Sebagai Pengatur Hidup Sehat