Beranda » Cara Cek Info GTK Dapodik 2021 Terbaru

Cara Cek Info GTK Dapodik 2021 Terbaru

Bgtekno.com – Buat yang sedang mencari cara cek info GTK Dapodik 2021 artinya sudah berada di tempat yang benar. Seperti yang telah diketahui info GTK sendiri adalah website yang disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tenaga pendidik.

Halaman info GTK berisi tentang informasi mengenai validasi data guru serta berfungsi untuk membantu guru menampilkan data dari satuan pendidikan. Data tersebut sebelumnya sudah lebih dulu dientry lalu disinkronisasikan via aplikasi Dapodik oleh operator sekolah.

Baca juga: Tindak lanjut dari aplikasi SKP

Sebagai informasi saja bila ada beberapa data yang ditampilkan pada info GTK Dapodik itu sendiri. Sebagian besar memang seputar data guru atau tenaga pendidik yaitu:

  • Verifikasi Data Tunjangan Profesi
  • Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
  • Data Individu Berdasarkan Dapodik
  • Tugas Tambahan
  • Status NUPTK Pada Database Arsip NUPTK
  • Rombongan Belajar (Romber)
  • Sertifikasi Pendidik
  • Riwayat Pendidikan Formal
  • Status Verval Ijazah S1/D4
  • dll

Sebelum tahu cara cek info gtk dapodik 2021, pahami jika semua data yang ditampilkan pada aplikasi tersebut sebelumnya sudah disinkronisasikan. Apabila ada perubahan atau perbedaan data sebaiknya segera lakukan penyesuaian via aplikasi sekolah.

Nah, untuk mengetahui apakah informasi yang ditampilkan pada aplikasi dapodik itu seudah sesuai, maka perlu dicek. Anda bisa melakukan pengecekan via laman info GTK langsung atau dari lama individual PTK.

Info gtk 2021

Bgtekno.com

Cek Info GTK Via Laman Info GTK

Buka Browser

Langkah pertama adalah kunjungi website kemendikbud. Alamat situsnya yaitu https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Silahkan buka saja pakai semua gadget dapat dari HP maupun PC.

Login

Trending:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Isi Voucher Axis dan Penyebabnya

Begitu halaman terbuka, biasanya akan langsung muncul 2 pilihan. Untuk cek info GTK Dapodik pada tahap ini, silahkan klik saja opsi “login langsung ke GTK”.

Masukkan Password

Berikutnya Anda tinggal masukkan akun PTK Dapodik yang sudah pasti dimiliki. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk memasukkan password PTK pada Dapodik. Entry kedua data dengan benar jangan sampai keliru pada kolom yang sudah disediakan.

Klik Tombol Login

Pastikan data yang Anda entry sudah benar. Baik itu akun PTK Dapodik maupun password-nya, bila perlu cek ulang. Bila sudah yakin silahkan langsung klik menu “login”.

Masuk Halaman Verifikasi Data

Apabila Anda sudah berhasil login, biasanya halaman yang muncul adalah verifikasi data. Pada tahap cara cek info GTK dapodik 2021 ini langkah yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah data yang telah tercantum itu sudah benar atau sesuai dengan data pribadi.

Klik “Tombol Cetak” Jika Mau Print Out

Setelah memastikan semua data yang terlampir adalah benar, bisa saja Anda mau mencetaknya bukan? Jika benar begitu, langsung saja klik “tombol cetak”. Hasil print out nanti dapat Anda berikan pada Simtun untuk keperluan pemberian tunjangan.

Hubungi Operator Sekolah Jika Ada Data Yang Salah

Sebaliknya jika Anda merasa ada data yang salah pada info GTK terlampir, segera lakukan perbaikan. Caranya mudah cukup dengan melaporkannya pada pihak operator sekolah masing-masing.

Klik Log Out Untuk keluar

Terakhir dari cara cek info GTK dapodik via laman info GTK adalah klik “log out”. Hal ini dilakukan jika Anda merasa sudah ingin keluar akun info GTK Anda. Baik sudah yakin data yang terlampir adalah benar atau print out selesai dilakukan.

Trending:  Tips Akulaku Login Email

Cek Info GTK 2021 Dari Laman Individual GTK

Cek info GTK 2021 sebenarnya juga dapat dilakukan dari laman individual GTK. Cara yang satu ini juga tidak kalah mudah. Perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini

Buka Browser dan kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

Klik “login menggunakan SSO”

Masukkan username atau email serta password, pastikan menggunakan akun yang terdaftar di Dapodik

Pastikan password dan username sudah dituliskan dengan tepat, lalu klik menu “masuk”

Pilih opsi “biodata” setelah berhasil masuk akun pribadi Anda

Klik “buka info GTK”, cari menu ini dengan scroll ke bawah

Cek semua data yang terlampir, pastikan semua valid

Jika sudah yakin semua data benar maka klik “tombol cetak” saat Anda ingin melakukan print out laman info GTK tersebut

Serahkan hasil print out pada Simtun untuk keperluan pencairan tunjangan

Itu dia tadi 2 cara cek info GTK dapodik 2021 terbaru. Keduanya sangat mudah, tinggal sesuikan saja dengan preferensi masing-masing.