Beranda » Cara Cek Jaringan HP Samsung Pakai Kode Rahasia

Cara Cek Jaringan HP Samsung Pakai Kode Rahasia

Kamu memiliki HP Samsung? Brand asal Korea Selatan ini memang banyak sekali penggemarnya. Tahukah kamu ada beberapa kode rahasia yang bisa kamu pakai untuk cara cek jaringan HP Samsung? Jika belum, informasi ini penting untuk kamu simak.

Menggunakan kode rahasia dinilai lebih cepat daripada harus masuk ke pengaturan. Lalu, untuk fungsi-fungsi tertentu, seperti mengetahui IMEI, kamu bisa menemukannya dengan menggunakan kode tersebut.

Oleh karena itu, informasi penting yang akan kita bahas hari ini adalah tentang cara cek jaringan untuk pengguna Samsung dengan menggunakan kode cek jaringan. Setelah itu, kami juga akan memberikan informasi bagaimana cara menyetel jaringan untuk pengguna HP Samsung.

Cara Cek Jaringan HP Samsung dengan Kode Rahasia

Pada dasarnya, informasi lengkap tentang pengaturan jaringan Samsung dan informasi seputar ponsel ada di menu “Pengaturan”. Namun, kamu pasti akan lebih senang jika mendapatkan kode-kode tertentu untuk mengecek jaringan, bukan?

Untuk pengguna Samsung, kamu bisa menggunakan dial pad dengan kode tertentu untuk mengetahui jaringan ponsel. Kamu bisa memasukkan kode jaringan 4G Samsung *#*4636#*#* ini.

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Untuk kamu yang menggunakan HP Samsung dual sim, akan ada pilihan sebagai berikut:

  • Informasi Telepon 1
  • Informasi Telepon 2
  • WiFi Information

Kalau kamu menggunakan HP single SIM, berarti hanya ada satu informasi. Setelah itu, kamu tinggal klik info mana yang ingin kamu dapatkan.

Tak hanya untuk Samsung, kode di atas sebenarnya berfungsi untuk hampir semua HP Android, lho. Jadi, coba masuk ke dial pad, lalu ketikkan beberapa kode tersebut.

Trending:  5 Cara Copy Paste di Laptop Windows dan Apple

Cara Mengatur Jaringan di HP Samsung

Setelah mengetahui kondisi jaringan di HP, kamu mungkin ingin mengubah pengaturannya. Ini menjadi salah satu cara agar sinyal Samsung kuat. Cara mengatur jaringan di HP Samsung bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Pertama-tama, silakan Sobat Jostbgt buka menu “Pengaturan” di HP Samsung kamu. Selanjutnya, pilih bagian “Koneksi”. 

Selanjutnya akan muncul halaman informasi jaringan. Kamu tinggal klik saja “Jaringan Seluler” dan “Mode Jaringan”.

Pada halaman berikutnya, akan muncul 4 pilihan jaringan, yakni LTE/3G/2G (Sambung Otomatis), 3G/2G (Sambung Otomatis), Hanya 3G, dan Hanya 2G.

Masing-masing pilihan penyesuaian jaringan akan berdampak pada akses internet. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan bijak.

Tips Menyesuaikan Jaringan untuk Pengguna HP Samsung

Kamu bisa gunakan kode *#8999*638# untuk mengecek informasi jaringan saat ini. Jaringan mana yang paling kuat? 

Lalu, perlukah kamu melakukan penyesuaian jaringan agar akses internet menjadi lebih baik?

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, berikut adalah beberapa pertimbangaan untuk memilih jaringan internet yang sesuai. Pastikan kamu memilih sesuai kondisi hp dan kekuatan sinyal, ya.

1. Menggunakan Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G adalah jaringan paling standar yang bisa kita nikmati. Beberapa smartphone sudah upgrade ke jaringan 5G, tetapi tidak semua daerah terjangkau 5G. Jadi, jaringan 4G memang yang paling standar.

Namun, jaringan 4G tidak bisa tidak bisa berjalan berbarengan dengan jaringan sinyal telepon biasa. Inilah alasan mengapa tidak ada smartphone yang menyediakan penyesuaian jaringan untuk mengunci sinyal 4G.

Padahal, sinyal 4G sangat dibutuhkan untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?

Sekarang ini sudah ada jaringan VoLTE. Jaringan ini membuat sinyal LTE tetap bisa maksimal seperti biasa ketika sedang melakukan panggilan telepon biasa. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini apabila HP Samsung milikmu sudah memiliki fitur VoLTE.

Trending:  Intip Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

2. Menggunakan Jaringan 3G

Kemudian, kamu bisa mengunci jaringan ke 3G ketika berada di daerah yang sinyalnya tidak stabil. Sinyal 3G lebih baik untuk mengakses internet di daerah yang susah sinyal. Sinyal ini juga masih memungkinkan untuk melakukan sms atau telepon biasa.

3. Menggunakan Jaringan 2G

Kemudian, jika kamu benar-benar berada di kawasan yang tidak tersedia sinyal 3G atau 4G, aktifkan menu jaringan ke “Hanya 2G”. Kamu masih bisa mengakses internet meskipun tanpa gambar. Jaringan 2G juga bisa kamu aktifkan ketika kuota internet sudah hampir habis.

Penutup

Mengecek jaringan dengan menggunakan kode dial pad dan menekan call memang sangat memudahkanmu. Namun, tidak semua kode tersebut bisa bekerja di HP Samsung, ya. Beberapa kode hanya berlaku untuk HP Samsung tipe tertentu.

namun, bisa jadi beberapa kode yang sudah disebutkan di atas tidak berfungsi di HP kamu. Yang perlu diperhatikan adalah meskipun kamu menekan kode yang salah, kode tersebut tidak memengaruhi performa ponselmu. Jadi, Sobat Jostbgt tidak perlu khawatir, ya.

Setelah mengetahui cara cek jaringan HP Samsung, selanjutnya silakan sesuaikan jaringan internet kamu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi, ya. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan jaringan dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar