4 Cara Mudah Cek Ping Internet Android 100% Berhasil

Sobat Josbgt yang menggunakan internet nyaris 24/7 di ponsel Android, pasti ingin selalu memastikan koneksi internetmu lancar, kan? Nah, inilah salah satu fungsi cek ping internet Android.

Packet Internet Gopher atau lebih dikenal dengan istilah ping, merupakan cara mudah mengecek apakah koneksi internet kamu masih connected dengan mengirim pesan ke server. Nantinya, jika kamu menerima balasan dari server, maka koneksi internetmu berarti aman.

Lalu, bagaimana cara cek ping internet Android yang gampang dan 100% works? Tenang, kita punya jawabannya. Simak penjelasan berikut ini, yuk, Sobat Josbgt!

Cek Ping Android Tanpa Aplikasi via Ping.eu

Cara pertama untuk mengetahui apakah internetmu terkoneksi dengan lancar adalah dengan cek ping tanpa aplikasi apa pun. Cara ini adalah yang paling simple karena kamu tak perlu menyiapkan memori ponsel untuk aplikasi tambahan.

Yang harus kamu siapkan hanyalah ponsel dan browser saja. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka browser pada ponsel kamu. Jenis browser bebas, bisa Google Chrome, Opera, atau browser bawaan ponsel Android punyamu.
  2. Ketik “ping.eu” di kolom pencarian browser-mu seperti tertera pada gambar di bawah.
  1. Setelah laman ping.eu terbuka, kamu akan melihat alamat IP kamu pada tulisan tebal berwarna biru di bagian tengah atas. 
  2. Nah, jika ingin mengecek koneksi internet kamu, klik pada pilihan “Ping”. Nantinya, kamu akan diarahkan menuju halaman seperti gambar di bawah ini.
  1. Masukkan alamat IP ke dalam kotak yang tersedia serta kode captcha dengan benar.
  2. Lalu, klik Go dan voila! Data tentang koneksi internet dari alamat IP mu akan terdeteksi.
Trending:  Mudah Banget! Cara Melacak No HP Iseng Tanpa Aplikasi

Tes Ping Internet Android via Speed Test Google

Ternyata, Google memiliki layanan sendiri untuk user yang ingin cek ping wifi maupun data seluler. Caranya adalah dengan melalui Speed Test Google. 

Selain mengetahui apakah koneksi internet kamu terkoneksi dengan baik, kamu juga bisa melihat apakah internet kamu termasuk memiliki kecepatan yang kencang atau tidak melalui hasil tes kecepatan ini.

Simak langkah-langkah sederhananya berikut ini:

  1. Buka browser pada ponsel kamu. Jenis browser bebas, bisa Google Chrome, Opera, atau browser bawaan ponsel Android punyamu.
  2. Ketik “speed.googlefiber.net” di kolom pencarian browser.
  3. Kemudian, layar ponselmu akan menampilkan tampilan speedometer dengan perintah “Click button to begin” seperti gambar di bawah ini. Klik ikon segitiga “Play” yang berwarna biru.
  1. Setelah itu, akan ada pop-up notification dengan tulisan “Run speed test?”. Klik “Continue” untuk melanjutkan.
  1. Tunggu beberapa saat hingga program tes kecepatan selesai menganalisis kecepatan internetmu. 
  2. Setelah selesai, kamu akan menerima sajian data mengenai kecepatan Receive dan Download dari alamat IP milikmu serta waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Ping.

Cek Ping Internet Android via Aplikasi Ping

Jika ada cara tes ping tanpa aplikasi, tentu juga ada cara lain untuk tes ping yaitu dengan menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi, user experience akan terasa lebih smooth dengan interface yang compact dan simpel.

Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini:

  1. Buka Play Store pada ponsel Androidmu.
  2. Ketik “ping” pada kolom pencarian dan install aplikasi bernama Ping keluaran appsteka.

Sumber: dokumentasi pribadi

  1. Setelah selesai memasang, buka aplikasi Ping dan masukkan alamat IP kamu ke dalam kolom “host” dan klik tombol “Start” pada bagian tengah bawah.

Sumber: dokumentasi pribadi

  1. Tunggu sebentar sembari aplikasi menjalankan tes ping pada ponselmu. Setelah tes selesai, kamu akan diberikan data mengenai koneksimu.

Sumber: dokumentasi pribadi

  1. Kamu bisa mengulang proses ping dari alamat IP kamu maupun dari alamat IP yang lain di dalam kolom yang tersedia.
Trending:  7 Rekomendasi HP RAM 8GB Terbaik dan Teranggih

Cek Ping Android dengan Aplikasi Ping IP

Aplikasi lain yang recommended untuk kamu gunakan cek ping di ponsel Android adalah Ping IP. Caranya pun mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Play Store pada ponsel Android milikmu.
  2. Ketik “ping ip” di kolom pencarian dan install aplikasi Ping IP keluaran ZoroSoft.

Sumber: dokumentasi pribadi

  1. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi Ping IP.
  2. Pada kolom putih yang tersedia, masukkan alamat IP yang ingin kamu cek ping. Di sini, kita menggunakan “google.com” sebagai contoh.

Sumber: dokumentasi pribadi

  1. Setelah memasukkan alamat IP milikmu, klik tombol “Ping” dan biarkan aplikasi menjalankan tes ping.
  2. Jika berhasil, aplikasi akan menampilkan data seperti gambar di bawah ini, mengenai jaringan internet milikmu. Perhatikan data time untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan jaringan internetmu untuk mendapat balasan dari server.

Sumber: dokumentasi pribadi

Nah, itu dia beberapa cara untuk melakukan tes ping internet stabil pada ponsel Androidmu, Sobat Josbgt. Kamu bisa memilih salah satu dari cara di atas, baik itu tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. 

Seluruh cara di atas adalah tips dan trik cek ping internet yang bagus dan sudah teruji oleh kita, jadi dijamin 100% works! Yuk, coba cek ping internet Android kamu.

Tinggalkan komentar