Home » Cara Cek Serial Number Laptop untuk Semua Merek

Cara Cek Serial Number Laptop untuk Semua Merek

Setiap laptop memiliki serial number yang penting untuk diketahui oleh para pemiliknya. Bagi kamu yang belum tahu cara cek serial number laptop, simak saja langkah-langkahnya di sini!

Ada beberapa metode cara cek serial number laptop Acer maupun untuk merek lainnya. Nah, di sini, kamu akan tahu bagaimana cara mengetahuinya untuk semua tipe atau merek laptop yang kamu gunakan. Yuk, cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Cek Serial Number melalui Stiker 

Cek serial number laptop Acer lewat sticker

Cara paling mudah untuk mengetahui nomor seri laptop yang kamu miliki yaitu lewat stiker yang ditempel pada laptop. Stiker tersebut umumnya tertera di bagian atas laptop. Meski begitu, ada juga yang berada di bagian bawah.

Selain serial number, stiker tersebut juga biasanya berisi informasi penting lainnya. Beberapa informasi yang bisa kamu ketahui di antaranya adalah tipe laptop, spesifikasi, hingga nomor model.

Cara Cek Serial Number Laptop melalui BIOS

BIOS laptop biasanya menyediakan banyak informasi penting terkait laptop yang kamu miliki, salah satunya yaitu nomor seri. Melalui BIOS, kamu juga bahkan bisa mengetahui serial number hardware. Berikut langkah-langkahnya.

  • Restart laptop, ketika sistem melakukan booting, segera tekan F1 atau F2.

Cara Cek Serial Number Laptop melalui BIOS

  • Beberapa laptop memiliki tombol shortcut BIOS berbeda-beda, silakan cek di Google sesuai merek laptop jika kamu ragu.
  • Setelah masuk ke dalam BIOS, silakan kamu klik informasi menu untuk mengetahui serial number.

Cara Cek Serial Number Laptop dari CMD

Kalau stiker informasi laptop sudah hilang dan cara cek melalui BIOS kamu rasa ribet, silakan gunakan command prompt (CMD) sebagai solusinya. Karena dengan menggunakan fitur tersebut, kamu juga bisa cek serial number PC CMD maupun laptop dengan mudah dan cepat.

Trending:  Cara Mengunci Galeri di HP Vivo Tanpa Aplikasi

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengeceknya:

  • Masuk ke fitur “Search” yang ada pada menu berlogo Windows.

  • Buka fitur command prompt melalui fitur Search dengan mengetikkan “CMD”.
  • Setelah muncul, silakan kamu klik dua fitur “CMD”.

  • Ketikkan “wmic bios get serialnumber” di samping C:Users.

serial number di fitur CMD laptop

  • Setelah itu maka serial number laptop kamu akan muncul.

Pastikan kamu mengetikkan perintah untuk mengecek nomor seri tersebut sesuai dengan yang kami ketikkan pada gambar. Karena jika salah, maka akan muncul pesan error atau invalid.

Apa Pentingnya Serial Number Laptop?

Serial number pada laptop merupakan kode yang berisi serangkaian angka dan huruf. Setiap laptop pasti memilikinya. Nama lainnya yaitu SNID atau Serial Number Identification.

Mengapa harus mengetahui nomor seri pada laptop? Alasannya, karena nomor tersebut bisa kamu gunakan untuk mengecek keaslian laptop. Kamu bisa menggunakannya untuk mengecek kesesuaian antara laptop dengan kardusnya.

Mengetahui cara cek serial number PC CMD maupun untuk laptop bahkan sangat penting, terutama kalau kamu berencana membeli barang second.

Di sisi lain, cara mengetahui nomor seri tersebut juga penting jika kamu ingin melakukan perbaikan di service center resmi dari merek laptop yang kamu miliki.

Mengetahui nomor seri pada laptop tidak hanya bermanfaat untuk para pemilik laptop saja. Selain itu juga penting untuk diketahui bagi kamu yang berencana ingin membeli laptop bekas untuk mengetahui kesesuaian antara perangkat dengan kardusnya. Selain itu juga penting jika ingin melakukan perbaikan di service center.

Nah, semoga cara cek serial number laptop yang sudah kami paparkan di atas, sedikit banyaknya bisa membantu kamu yang sedang mencarinya.

Trending:  Arti “Pantek” yang Sempat Viral