5 Cara Copy Paste di Laptop Windows dan Apple

Melakukan copy dan paste di laptop merupakan tindakan sederhana namun wajib untuk kamu ketahui. Pasalnya, tindakan ini akan sering kamu lakukan terutama jika kamu menggunakan laptop dengan intens. Sayangnya, banyak yang belum tahu cara copy paste di laptop , lho!

Cara Copy Paste di Laptop Windows

Kalau kamu memakai Windows, setidaknya ada 5 cara copy paste yang bisa diterapkan.

  1. Cara Copy Paste Tanpa Mouse 

Trik copy dan paste tanpa mouse bisa kamu lakukan jika kamu memahami tombol shortcut untuk melakukan tindakan tersebut. Hal ini bisa sangat bermanfaat, terutama saat mouse laptop kamu hilang atau rusak. Begini caranya:

  1. Yang pertama, kamu harus menghafal shortcut untuk memblok teks. Shortcut-nya adalah dengan memencet tombol ‘Shift’ di keyboard bersamaan dengan tombol panah kanan, kiri, atas atau bawah. Gunakan shortcut ini untuk memblok teks yang kamu inginkan untuk di-copy.
  2. Kemudian, gunakan shortcut tombol ‘CTRL’ dengan tombol ‘C’ untuk meng-copy teks tersebut.
  3. Kemudian, gunakan tombol panah untuk mengarahkan pointer ke area yang kamu inginkan untuk melakukan paste.
  4. Jika sudah, kamu bisa gunakan tombol ‘CTRL’ bersamaan dengan tombol ‘V’.
  5. Selesai. Dengan ini, kamu sudah berhasil copy paste teks yang kamu inginkan tanpa menggunakan mouse.

2. Cara Copy Paste dengan Metode Drag and Drop

Sebaliknya, jika mouse kamu berfungsi dengan normal, namun keyboard kamu bermasalah, kamu bisa melakukan copy paste dengan hanya menggunakan mouse saja. Ini dia caranya:

  1. Pertama, kamu perlu arahkan pointer menuju teks yang ingin kamu copy.
  2. Kemudian, klik kiri di mouse kamu, kemudian tahan dan arahkan pointer melewati teks tersebut. Di tahap ini, kamu akan melihat bahwa teks yang kamu inginkan akan memiliki highlight biru, seolah sedang kamu coret dengan stabilo.
  3. Lepas mouse, namun pastikan kamu tidak klik di sembarang tempat karena highlight biru akan hilang. Kemudian, arahkan pointer ke teks yang kamu inginkan, klik kiri di mouse, kemudian tahan mouse.
  4. Selanjutnya, kamu bisa seret saja teks tersebut hingga area yang kamu inginkan.
Trending:  Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload? Ini 7 Solusinya!

3. Cara Copy Paste Teks hanya Menggunakan Mouse

Cara ini merupakan alternatif cara copy paste di Word yang kedua, yaitu masih dengan menggunakan mouse namun sedikit lebih simpel.

  1. Yang pertama, arahkan pointer ke teks yang ingin kamu copy. Kemudian, tarik pointer hingga teks kamu terbungkus dengan highlight biru.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada mouse hingga muncul jendela tindakan. Klik tulisan Copy.
  3. Pergi ke area paste teks. Kemudian, klik kanan hingga jendela tindakan muncul kembali. Kemudian, klik tulisan Paste.
  4. Selesai, tulisan kamu sudah ter-copy. Meski begitu, terdapat beberapa software komputer maupun website yang melarang metode copy paste seperti ini. Misalnya saja, di dokumen PDF ataupun blog yang terkunci. Maka dari itu, cara ini tidak selamanya efektif.

4. Cara Copy Paste dengan Kombinasi Mouse dan Keyboard

Nah, cara ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah menghafal shortcut untuk copy dan paste di luar kepala. Untuk kamu yang memiliki ritme gerak cepat, metode ini bisa sangat berguna. Ini caranya:

  1. Yang pertama, kamu bisa menggunakan mouse untuk meng-highlight teks yang ingin kamu copy.
  2. Kemudian, dengan tangan kiri, kamu bisa langsung pencet tombol ‘CTRL’ dan ‘C’ untuk meng-copy tulisan.
  3. Selanjutnya, kamu bisa arahkan pointer menuju area yang kamu inginkan, lalu melakukan paste menggunakan shortcut ‘CTRL’ dan ‘V’.

5. Cara Copy Paste di Laptop Sekaligus

Jika tujuan kamu adalah meng-copy keseluruhan teks, meng-highlight teks satu persatu tentu bisa jadi merepotkan dan tidak praktis. Untuknya, ada cara copy paste lebih dari satu yang bisa kamu lakukan untuk mempersingkat waktu kerja kamu. Ini caranya:

  1. Yang pertama, adalah dengan menggunakan shortcut pada keyboard. Caranya adalah dengan memencet tombol ‘CTRL’ dan huruf ‘A’. Shortcut ini akan memberikan highlight biru pada seluruh teks kamu secara otomatis. Selanjutnya, kamu hanya perlu meneruskan proses copy paste.
  2. Yang kedua, adalah dengan menggunakan fitur klik kanan pada teks yang sudah kamu highlight. Di jendela tindakan, kamu akan menemukan opsi ‘Select All’. Jika opsi tersebut kamu klik, otomatis seluruh teks yang ada akan ter-highlight dan siap kamu copy.

Cara Copy Paste di Laptop Apple

Seluruh tutorial di atas merupakan langkah khusus untuk pengguna laptop Windows. Namun, jangan khawatir jika kamu menggunakan unit Apple seperti Macbook.

Trending:  8 Game Paling Seru di Dunia yang Wajib Dicoba

Pada dasarnya, langkah yang perlu kamu lakukan di laptop Apple tidak jauh berbeda dengan laptop Windows. Hanya saja, penggunaan tombol ‘CTRL’ perlu kamu ganti dengan menggunakan tombol ‘Cmd’.

Misalnya, jika kamu ingin melakukan shortcut untuk copy, alih-alih klik ‘CTRL’ dan ‘C’, kamu perlu memencet tombol ‘Cmd’ dan ‘C’. Begitu juga dengan tindakan paste, select all, dan lain sebagainya. Tidak sulit, kan?

Nah, itu dia lima cara copy paste di laptop, baik laptop Windows maupun Apple. Mudah sekali, bukan? Dengan ini, kamu sudah mengetahui shortcut untuk copy paste, sehingga aktivitasmu pasti tidak tersendat lagi.

Tinggalkan komentar