Beranda » Cara Download Tema Nokia Jadul Untuk Android

Cara Download Tema Nokia Jadul Untuk Android

Nokia adalah salah satu brand yang pernah menguasai pasar smartphone dunia. Meski kini sudah digempur habis oleh Android dan iOS, namun tidak sedikit yang masih merindukan betapa kerennya smartphone Nokia dulu. Salah satu cara untuk mengembalikan momen tersebut tanpa harus membeli smartphonenya adalah dengan download tema Nokia jadul untuk Android.

Lalu seperti apa sih sebenarnya tema Nokia jadul itu? Tema Nokia jadul untuk Android itu sebenarnya adalah tampilan dari sistem operasi yang digunakan oleh Nokia kala itu yakni Symbian. Nah sebelum download tema Nokia jadul untuk Android, berikut informasi untuk kamu yang belum tahu apa itu Symbian, berikut sedikit informasinya.

Sistem Operasi Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat seluler. Symbian adalah platform smartphone terkemuka yang jaya pada tahun 2003 hingga 2010 bahkan hingga tahun 2011 untuk Eropa. Setelah itu OS Android Google memimpin dengan terus bersaing dengan iOS dari Apple.

Inti Symbian OS awalnya tidak menyediakan antarmuka pengguna. Sebaliknya, itu digunakan sebagai basis yang mendasari dua platform UI smartphone utama: S60 dan UIQ. Ini dapat dianggap sebagai cabang pengembangan, masing-masing didukung oleh perusahaan yang berbeda.

Tidak seperti OS Android dengan UI tampilan yang berbeda, UI Symbian menjalankan lebih dalam dalam kode dan aplikasi yang ditulis untuk salah satu platform ini tidak kompatibel dengan yang lain secara langsung.  

Secara visual, S60 dan UIQ tidak memiliki kesamaan dan UIQ dibuat dengan mempertimbangkan layar sentuh. Kini kita bisa membawanya tampilannya kembali dengan menginstal temanya ke smartphone Android kita. Berikut langkahnya.

Trending:  Cara Menutup Akun Adsense Supaya Aman

Cara download tema Nokia jadul untuk Android

Sebelum mengunduh tema Nokia jadul, kita membutuhkan launcher khusus yang mendukung tema Nokia tersebut. Nama launchernya adalah ADW Launcher atau ADW EX Launcher. Nah berikut cara penginstalannya terlebih dahulu.

ADW Launcher, adalah aplikasi pengganti home screen Open Source. Sementara itu ADWLauncher EX adalah aplikasi pengganti homescreen yang sangat dapat disesuaikan yang mengharuskan kamu membelinya sebelum digunakan. 

Untuk menginstal ADW launcher, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Playstore di ponsel kamu
  2. Klik “Search”
  3. Ketik “ADWLauncher EX” untuk versi berbayar atau “ADWLauncher” di kolom pencarian
  4. tekan “Search”p
  5. Setelah kamu menemukan aplikasi “ADW Launcher EX” atau “ADW Launcher” pilih “Install” dan ikuti petunjuknya
  6. Setelah terpasang, tekan tombol home dan kamu akan disajikan pilihan untuk homescreen.
  7. Pilih aplikasi ADW yang sudah kamu instal
  8. Selesai

Langkah untuk download tema Nokia jadul untuk Android belum selesai. Setelah kamu menginstal ADW, selanjutnya kamu bisa menginstal tema Nokia jadul. Berikut langkahnya

  1. Buka Playstore di ponsel kamu
  2. Klik “Search”
  3. Ketik “Nokia Theme” tekan “Search”
  4. Akan muncul banyak tema Nokia, pilih mana yang paling sesuai. Setelah kamu menemukan tema yang cocok pilih “Install” dan tunggu hingga selesai terinstal.

Setelah kamu mengunduh temanya, selanjutnya kamu hanya perlu mengaplikasikan temanya. Ini caranya.

  1. Tekan Menu dan arahkan ke ADW Settings
  2. Kemudian masuk ke Theme Preferences. 
  3. Pilih tema kamu yaitu Nokia dan ketuk terapkan tema

Itulah cara download tema Nokia jadul untuk Android. Memang Nokia saat ini masih memproduksi smartphonenya, namun karena menggunakan sistem operasi Android maka tampilannya sangat jauh berbeda dengan smartphonenya dulu.

Semoga artikel tentang download tema Nokia jadul untuk Android ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan Nokia dulu, selamat mencoba.

Trending:  10 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2022 Terlengkap