5 Cara Edit Foto Aesthetic Mudah dan Cepat

Banyaknya alat atau aplikasi untuk mengedit foto saat ini memudahkan seseorang untuk membuat hasil foto menjadi estetik. Walaupun banyak aplikasi yang bisa digunakan, pengguna harus memiliki kemampuan edit foto. Dalam tulisan berikut akan menguraikan cara mengedit foto aesthetic untuk referensi.

5 Cara Mengedit Foto Aesthetic untuk Dipahami Pemula

Sebenarnya saat ini sudah banyak tutorial yang bisa dipakai untuk mengedit foto. Namun, sebenarnya hal utama yang perlu dilakukan adalah mengetahui dasar-dasar pengeditan dan sering latihan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara untuk mengedit foto agar menjadi estetik.

1. Menggunakan Aplikasi yang Sesuai

Cara mengedit foto aesthetic yang pertama yakni menemukan aplikasi yang sesuai. Saat ini banyak aplikasi untuk edit foto. Aplikasi tersebut misalnya Canva, Foto Grid, CapCut dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut sangat mudah didapatkan melalui google play store.

Ada banyak hal yang wajib diperhatikan pengguna ketika akan memilih aplikasi pengedit foto. Pastikan pengguna mengetahui betul fotonya akan diedit seperti apa, apakah akan edit pencahayaan atau yang lain. Selain itu, pengguna juga harus memastikan memori HP masih banyak.

2. Menggunakan Kontras yang Pas

Setelah berhasil mendapatkan aplikasi yang sesuai, pengguna bisa mulai mengedit foto. Pertama pengguna bisa mengubah kontras terlebih dahulu. Ketika mengedit dan menambah kontras, pengguna harus memastikan kontras tersebut sesuai dengan keadaan foto. Dengan kontras pas, foto pun akan bagus.

Jika tidak paham cara mengatur kontras, pengguna bisa melihat tutorial di berbagai sosial media. Disana biasanya akan diberikan penjelasan bahkan akan diberikan nomor kontras yang pas untuk foto. Dengan memberikan kontras yang sesuai, pengguna bisa mendapatkan foto yang menarik.

3. Memperhatikan Komposisi Warna

Cara mengedit foto aesthetic selanjutnya yakni dengan memperhatikan komposisi warna. Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan saat akan mengedit warna foto bagian warna. Gunakan warna sesuai dengan subjek, misalnya daun, berarti pengguna bisa mengedit warna tersebut sesuai warna asli.

Trending:  Kenapa Stumble Guys Tidak Bisa Login?

Biasanya, cara seseorang memandang warna berbeda-beda. Kadang juga menyesuaikan dengan keadaan mood. Oleh karena itu, jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk mencermati hasil editan tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat melihat berbagai tutorial.

4. Memilih Filter yang Sesuai

Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan banyak filter. Jangan sungkan-sungkan untuk mencoba filter yang ada pada aplikasi yang digunakan. Jika tidak sesuai pengguna bisa menghapus atau mencoba filter lain. Pada beberapa aplikasi, pengguna juga bisa membuat filter sendiri.

Ada banyak aplikasi yang menyediakan filter diantaranya VSCO, Lightroom, dan masih banyak lagi. Ada beberapa filter yang memang membutuhkan biaya untuk mendapatkannya. Namun jangan risau, saat ini masih banyak filter yang bisa didapatkan secara gratis.

5. Memperhatikan Keseluruhan Foto

Cara mengedit foto aesthetic ke-5 yakni dengan memperhatikan dan mencermati detail foto. Langkah ini sebaiknya selalu dilakukan setiap akhir pengeditan. Seseorang dapat mencermati hasil editannya sedetail mungkin. Hal tersebut untuk meminimalisir kekurangan pada foto.

Selain itu, pemilik foto juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mencermati hasil edit foto. Dengan orang yang berbeda pasti akan menghasilkan sudut pandang yang berbeda pula. Sehingga foto yang dihasilkan akan benar-benar estetik dan bagus.

Itulah 5 cara mengedit foto aesthetic yang dapat dijadikan referensi pengguna. Saat ini, semua orang bisa mengedit foto yang estetik karena sudah didukung banyak aplikasi. Selain menggunakan aplikasi tambahan, biasanya pada HP juga ada apk edit bawaan.