Beranda » 8 Cara Edit Foto Online yang Cepat dan Ramah bagi Pemula

8 Cara Edit Foto Online yang Cepat dan Ramah bagi Pemula

Tidak semua orang mampu untuk mengedit foto. Namun, adanya aplikasi untuk mobile ataupun website, membuat siapapun bisa edit foto online dengan mudah. 

Ada Canva hingga Removebg untuk menghapus atau mengganti background sesuai kebutuhan kamu. Selengkapnya bisa kamu cek di artikel berikut. 

Aplikasi dan Website Edit Foto Online

Untuk mengedit foto secara online, aplikasi atau website berikut bisa jadi solusi untuk kamu terutama di saat mendesak. 

  1. Canva

Canva menjadi aplikasi pertama yang bisa kamu coba. Aplikasi ini ada versi mobile dan versi website. Jadi, kamu bisa menggunakan versi aplikasi mana yang menurut kamu lebih nyaman. 

Photo editor Canva memungkinkan kamu untuk mengedit foto, misalnya, mengganti background hingga efek foto. 

Untuk menggunakan Canva, kamu perlu memiliki akun lebih dahulu. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan akun Gmail kamu untuk login. Setelah itu, kamu bisa mengatur ukuran canvas dan mengedit foto kamu. 

Perlu kamu ingat, tidak semua fitur yang ada di Canva adalah fitur gratis. Ada fitur premium di edit foto online PC ini. Jadi, cek dulu sebelum kamu download gambar/foto yang kamu edit jika kamu tidak ingin membayar ya. 

  1. Pixlr

Aplikasi kedua adalah Pixlr. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto online gratis ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari crop hingga mengubah saturasi warna foto. 

Uniknya, Pixlr memiliki fitur efek yang bisa membuat foto kamu layak buat kamu unggah ke media sosial. Kamu bahkan bisa menambahkan stiker di foto kamu. 

Apakah mudah digunakan? Cukup mudah terutama untuk kamu yang terbiasa menggunakan Photoshop. Kalau kamu masih belum familiar, kamu bisa coba-coba dulu untuk mengedit foto secara online di Pixlr. 

  1. BeFunky
Trending:  8 Game Paling Seru di Dunia yang Wajib Dicoba

Ketiga adalah BeFungky. Aplikasi edit foto online gratis berbasis website ini bisa membantu kamu untuk mengedit foto dengan lebih mudah. Misalnya melakukan hal berikut ini:

  • Mengatur foto. 
  • Mengubah resolusi foto. 
  • Mengatur opacity
  • Menambahkan frame

Apakah mudah untuk digunakan? BeFunky memiliki interface yang ramah pengguna. Karena hal itu, walaupun kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini, kamu tidak akan menemukan kesulitan berarti.

  1. Polarr

Kalau kamu kesulitan edit foto online tanpa aplikasi, kamu bisa coba Polarr. Aplikasi online ini memiliki interface yang sederhana sehingga mudah untuk kamu gunakan. 

Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai macam tools dan fitur. Walaupun begitu, fitur di Polarr tidak semua gratis. Kamu perlu membayar jika menggunakan fitur premium. 

Uniknya, Polarr memiliki pilihan tema, yaitu standar dan gelap. Jadi, kamu bisa mengedit foto secara online dengan tampilan yang nyaman untuk mata kamu. 

  1. GNU Image Manipulation Program (GIMP)

Mencari aplikasi dengan konsep open source? Kamu bisa memilih GIMP atau GNU Image Manipulation Program. 

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi edit foto secara online yang terfavorit. Ini karena sebagai pengguna, kamu bisa menambahkan fitur dan filter secara bebas ke aplikasi. 

Tidak hanya itu, GIMP juga memiliki tampilan muka (interface) yang sederhana dan mudah kamu pahami. Dengan begitu, walaupun kamu pemula, kamu bisa menggunakan GIMP dengan mudah. 

Apakah gratis? Gratis. 

Kamu bisa menggunakan fitur dan fasilitas yang ada di GIMP secara gratis tanpa perlu membayar sepeser pun. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mencoba untuk menggunakan GIMP ketika mengedit foto secara online. 

Baca: Review Realme C15

  1. FotoJet

Mau mengedit foto di aplikasi yang memiliki interface modern dan user friendly? Kamu bisa menggunakan FotoJet. 

Trending:  4 Cara Cek RAM HP Samsung Paling Praktis

Aplikasi editor ini memungkinkan kamu untuk melakukan crop, resize, mengatur exposure dan warna, merotasi foto. Selain itu, untuk versi advanced, kamu bisa menambahkan vignette, dehaze, sharpen foto kamu. Dengan begitu, foto kamu bisa lebih cantik dari sebelumnya. 

  1. Photopea

Ketika kamu membuka Photopea, kamu mungkin terkejut karena tampilannya yang seperti Photoshop. Bedanya, aplikasi ini lebih sederhana daripada Photoshop sehingga ramah pemula. 

Untuk mengedit, kamu bisa menggunakan fitur seperti lens correction, layers, brush. Setelah selesai kamu edit, kamu bisa menyimpan gambar dengan format seperti PNG, JPG. 

  1. Removebg

Butuh aplikasi untuk mengedit background foto kamu misalnya mengganti warna background? Kamu bisa menggunakan Removebg untuk edit foto online background.

Untuk menggunakannya, kamu bisa drag down, mengunggah foto bahkan lewat link website foto yang ingin kamu edit. Setelah itu, kamu hanya perlu memproses dan menunggu hasilnya selesai. 

Setelah selesai, ada hasil edit foto standar dan HD. untuk mengunduh foto HD, maka kamu perlu membayar. Walaupun begitu, kalau hanya ingin edit pas foto online dengan mengganti warna background, Removebg pas untuk kamu. 

Dari 8 rekomendasi di atas, kamu bisa memilih dan menyesuaikan kenyamanan untuk edit foto online. Jadi, kamu tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk editing foto agar terlihat lebih menarik atau sesuai kebutuhan kamu. Selamat mengedit dan semoga informasi ini membantu. 

Tinggalkan komentar