Cara Format Kartu SD di HP Samsung Paling Aman dan Mudah

Kartu memori SD selalu jadi solusi ketika memori internal smartphone kamu penuh. Tapi di balik manfaat kartu SD terdapat beberapa masalah yang bisa saja muncul saat pemakaian. Jika kamu pengguna Samsung, kamu mesti tahu cara format kartu SD di HP Samsung.

Ada banyak kemungkinan dan kondisi yang mengharuskan kamu untuk memformat kartu SD. Namun kamu tidak perlu bingung mencari caranya karena di halaman ini kami akan menemukan beberapa metode yang tepat dan aman untuk format micro SD card. Simak langsung ulasan lengkapnya hanya di sini.

Penyebab Kartu SD Harus Diformat 

Ada banyak penyebab maupun alasan yang mengharuskan kamu untuk memformat kartu SD. Berikut beberapa kemungkinannya.

  1. Kerusakan Fisik pada Kartu SD

Kemungkinan pertama yang menyebabkan kartu SD selalu minta diformat adalah karena adanya kerusakan fisik pada komponennya. Contoh kerusakannya seperti bagian kuningan kartu SD tergores, kerusakan fisik akibat HP terlalu panas, atau bisa juga karena usia kartu SD sudah lama.

  1. Kartu SD Terserang Virus

Serangan virus selalu menjadi penyebab kartu SD tidak dapat berfungsi secara optimal. Saat kartu SD terdapat beberapa ciri-ciri yang menjadi penanda, di antaranya yaitu:

  • Saat membuka kartu SD akan ada file yang terdeteksi memiliki size yang sama persis, padahal kamu tidak pernah menyalin file tersebut.
  • Akan bermunculan file dengan ekstensi lebih dari satu.
  • Beberapa file hilang karena disembunyikan oleh virus yang menyerang kartu SD.
  • Kartu SD tidak dapat didukung atau tidak kompatibel.
  • Muncul shortcut dengan nama yang sama dengan nama folder yang ada dalam kartu SD.
  • Kartu SD tidak dapat menyalin, menyimpan, atau menambah file.

Jika kartu SD kamu mengalami ciri-ciri di atas maka kartu SD telah terkena virus dan untuk menghilangkannya cukup susah. Jadi, kebanyakan orang lebih memilih melakukan format ulang kartu SD dibanding berusaha menghilangkan virus dalam kartu SD.

  1. Meningkatkan Performa Kartu SD
Trending:  Oppo A54, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu!

Beberapa orang memutuskan memformat kartu SD dengan tujuan meningkatkan kinerja dan performa kartu SD. Saat kartu SD terlalu banyak menyimpan data terkadang sistemnya menjadi lemot bahkan corrupt. 

Melakukan format kartu SD akan membantu dalam mengatasi sector yang bermasalah agar bisa berfungsi normal kembali dan meminimalkan terjadinya kerusakan data dalam kartu SD.

Dengan memformat kartu SD, proses transfer file menjadi lebih lancar dan tidak lemot lagi. Dengan format kartu SD, semua data baik itu data yang terlihat dan tersembunyi bisa terhapus dengan bersih dan aman. 

Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Jika kamu berpikir format kartu SD akan ribet dan butuh waktu lama, kamu salah. Sebab proses memformat memori eksternal cukup mudah. Berikut cara format kartu SD Samsung yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, kamu harus masuk ke halaman menu Setting.
  • Langkah berikutnya, scroll ke bawah hingga kamu menemukan Device Maintenance lalu klik opsi tersebut.
  • Selanjutnya, kamu bisa memilih Storage lalu lanjut memilih Storage Setting.
  • Kemudian lanjutkan lagi dengan memilih SD Card 
  • Terakhir kamu tinggal mengklik opsi Format dan proses mereset kartu SD akan berjalan otomatis hingga selesai.

Setelah melalui cara format kartu SD di HP maka memori kartu ini akan kosong sepenuhnya. Jadi, kamu bisa menggunakannya kembali layaknya memiliki kartu SD yang baru.

Tips Merawat Kartu SD agar Lebih Awet

Kamu sebenarnya tidak perlu melakukan format SD card, usahakan untuk merawatnya dengan baik. Dengan merawat kartu SD, kamu juga tidak perlu sering-sering mengganti dan membeli kartu SD yang baru. 

Berikut tips merawatnya.

  1. Semakin bagus kualitas barang maka semakin awet. Hal ini berlaku pula pada kartu SD. Olehnya itu, penting untuk hanya membeli kartu SD berkualitas baik dengan melihat track record dari merek kartu SD.
  2. Tindakan yang sering kita lewatkan saat akan mengeluarkan kartu SD dari gadget yaitu mengklik opsi eject. Padahal cara ini cukup efektif supaya kartu SD tidak mudah rusak. 
Trending:  10 Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

Caranya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu “Setting” kemudian pilih “Penyimpanan”, lalu lanjut pilih “Kartu SD”. Terakhir, tinggal pilih lepaskan kartu SD dan kartunya pun siap dilepaskan.

  1. Keseringan memindahkan kartu SD dari satu perangkat ke perangkat lainnya akan berisiko merusak file hingga merusak kartu SD.
  2. Saat menggunakan card reader, kamu juga perlu memastikan card reader yang dipakai berkualitas baik sehingga transfer file dan kartu SD tetap aman.
  3. Jika menggunakan laptop atau PC untuk mengakses file dalam kartu SD, kamu harus memastikan laptop/PC tidak mengandung virus atau Malware yang berpotensi menulari kartu SD.

Tinggalkan komentar