Cara Install Debian Dijamin Berhasil untuk Pemula

Bgtekno.com – Cara install Debian cukup banyak dipertanyakan oleh pengguna PC, khususnya yang sering bergelut dengan server. Namun bagi yang belum atau tidak pernah bersentuhan dengan urusan server, mungkin namanya masih terdengar asing. Tentang Debian dan cara menginstalnya akan dibahas di sini.

Apa sih Debian itu?

Debian merupakan sistem operasi GNU atau Linux dengan sifat umum (universal) yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Pertama kali dikembangkan pada 1993, sistem operasi ini sifatnya open source. Hal ini berarti, pengguna tidak perlu mengunduh atau memberi serial number.

Debian berfungsi sebagai sistem operasi di desktop, bahkan dapat menggantikan OS lain misalnya Windows. Sebab, Debian menyediakan ribuan aplikasi gratis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Meski interface-nya berbeda, namun penggunaannya tidaklah sulit dan sistemnya lebih stabil.

Debian juga bisa digunakan untuk server, contohnya DNS, mail server, web server, dan lain-lain. Untuk menerapkan penggunaan Debian, tidak memerlukan spesifikasi hardware tinggi seperti yang lain. OS ini mendukung berbagai arsitektur hardware. Dengan begitu, biaya yang dibutuhkan juga lebih hemat.

Keunggulan tersebut membuat banyak pengguna beralih memakai Debian. Apalagi tampilannya terbilang cukup menarik. Debian dibekali sistem keamanan cukup tinggi, sehingga tidak perlu memakai antivirus. Linux sendiri sangat sulit dimasuki oleh virus. Debian memiliki unsur kernel Linux, GNU, serta paket APT.

Debian banyak digunakan karena sistem operasi ini bukan saja mendistribusikan software, melainkan juga menyediakan puluhan ribu software. Bagi yang ingin menginstal Debian, perlu mengunjungi situs resmi VirtualBox untuk mengunduh software-nya. Barulah kemudian bisa memilih Windows Host.

Trending:  4 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Cara Install Debian, Ikuti Langkah di Bawah Ini

Sebagai sistem operasi yang aman dan menarik, banyak pengguna mulai beralih memakai Debian. Namun terlebih dahulu, perlu mengetahui cara instalasi Debian yang umum digunakan melalui VirtualBox seperti berikut.

cara install debian

  1. Ketuk tombol “New” untuk membuat mesin virtual yang baru melalui VirtualBox. Beri nama di mesin virtual, lalu ketuk “Next”.
  2. Ukuran RAM di mesin virtual sebaiknya 1024 MB atau minimal 512 MB.
  3. Lanjutkan dengan membuat hardisk versi virtual. Tekan “Create virtual hardisk” kemudian “Create”.
  4. Berikutnya pilih “VDI”, kemudian “Dynamically allocated” dan “Next”.
  5. Pilih hardisk virtual berukuran 10 GB, lalu ketuk “Create”.
  6. Cara install Debian dapat dilanjutkan dengan masuk ke menu “Settings”, “Storage”, lalu pilih “Empty” pada Controller: IDE. Pilihlah file yang sudah didownload sebelumnya lalu tekan “Ok”.
  7. Ketuk “Start” untuk menjalankan instalasi. Di tampilan instalasi Debian, tekan “Install”, pilih Bahasa Inggris, lalu lokasi serta zona waktu dapat dilewati dengan “Enter”. Nantinya bisa diubah sesudah instalasi berhasil.
  8. Ketik nama hostname (bebas), lanjutkan dengan memasukkan nama domain sesuai kebutuhan. Sertakan juga password root yang mudah diingat, kemudian nama pengguna dan username.
  9. Buat password lagi untuk pengguna yang baru, boleh sama dengan sebelumnya. Di bagian partisi hardisk, klik Guided “use entire disk”.
  10. Tentukan hardisk yang akan dipartisi. Pilih yang “Separate/home,/var….” kemudian selesaikan dengan klik “Finish”.
  11. Di pertanyaan “Write the changes” klik “Yes”, sedangkan langkah “Scan another” pilih “No”.
  12. Terus pilih “No” sampai ada pilihan instalasi Linux, pilih yang berbasis CLI. Klik “Yes” pada instalasi boot loader. Kemudian pilih “dev/sda..(nama hardisk)”.
  13. Selesai, proses menginstal Debian terbaru telah berhasil. Pilih “Continue”, maka pengguna akan melihat tampilan Linux Debian miliknya yang berbasis CLI.
Trending:  Cara Tes Kemiripan Wajah Online Gratis

Baca Juga: Cara Install Driver Laptop untuk Semua Windows

Demikian ulasan tentang pengertian serta cara install Debian. Meski langkahnya cukup banyak, namun dengan mengikutinya satu demi satu maka bisa terselesaikan dengan mudah. Penggunaan Debian bisa menjadi opsi tepat karena selain aman, pilihan software-nya juga sangat banyak.