2 Cara Install Net Framework dengan Mudah

Bgtekno.com – Sampai kini banyak yang bertanya seputar sejumlah cara install net framework. Bagi pengguna komputer terutama Windows, untuk menginstal hal tersebut merupakan langkah yang sangat diperlukan. Karena dengan keberadaan Net Framework mengakibatkan semua aplikasi yang terdapat pada Windows bisa berjalan optimal.

Terkadang pengguna harus melakukan install ulang untuk keberadaan dari net framework demi menciptakan pekerjaan yang lebih nyaman. Tapi ketidaktahuan pengguna untuk menginstal ini menjadi suatu permasalahan pelik. Tak perlu khawatir cukup simak dengan berbagai penjelasan berikut ini agar lebih mudah memahaminya.

cara install net framework

Pengenalan Net Framework

Sebelum mengetahui cara install Net Framework alangkah baiknya untuk pengguna mengenal apa itu terlebih dahulu. Karena ini juga dikenal dengan istilah .net yang berperan penting dalam suatu sistem operasi terutama Windows. Serta merupakan software yang khusus dikembangkan Microsoft dalam menjalankan aplikasi.

Dengan semua hal tersebut membuat keberadaan net Framework menjadi suatu indikator penting dalam keberadaan aplikasi. Serta juga bertugas dalam hal melakukan penerjemahan bahasa pemrograman sesuai dengan perintah. Maka pengguna bisa menjalankan berbagai aplikasi yang ada karena adanya perintah yang diberikan.

Namun sayangnya terkadang beberapa pengguna justru mengalami kendala dengan keberadaan net framework. Contohnya saja versi dot yang dinilai tidak sesuai. Terkait dengan kebutuhan aplikasi maka dari itu diperlukan untuk menginstal Net Framework ini.

Cara Instal Net Framework

Berikutnya dijelaskan berbagai pembahasan terkait dengan cara install net framework termudah. Berbagai cara yang akan dijelaskan ini pasti dapat membantu kesulitan yang selama ini menjadi hambatan besar bagi pengguna untuk bekerja. Terutama semua hal yang berhubungan dengan keberadaan dari net framework.

Trending:  Kenapa Stumble Guys Tidak Bisa Login?

Baca Juga: Cara Install Debian Dijamin Berhasil untuk Pemula

Ternyata untuk keberadaan dari net Framework sendiri, memiliki beberapa versi. Mulai dari versi lama, hingga terbaru dimana versi terbaru saat ini yaitu 4.8 yang juga begitu banyak diburu oleh berbagai penggemar. Maka dari itu, simak berbagai penjelasan terkait dengan cara penginstalan berikut ini.

1. Install Manual

Cara install net framework pertama adalah secara manual yang pastinya tidak sulit dilakukan. Karena sebenarnya pengguna hanya perlu langsung mengunduh kemudian diinstal pada laptop yang diinginkan. Sementara untuk jenis net framework yang bisa dipakai adalah Run time dan developer pack.

Perbedaannya sendiri runtime menjadi Framework yang berguna bagi pengguna untuk menjalankan game atau juga aplikasi. Berbeda halnya dengan developer pack ini dikembangkan khusus untuk para developer. Atau juga dengan istilah bagi para pengembang aplikasi Windows yang pastinya butuh pekerjaan lebih.

2. Gunakan Installer Windows

Berikutnya menginstall Net Framework yaitu dengan menggunakan installer Windows. Karena sebenarnya ini telah ada pada sejumlah file program yang terdapat di Microsoft Net Framework. Tetapi sayangnya keberadaannya sendiri terpisah. Maka dari itu, pengguna harus melakukan instalasi secara terpisah untuk hal tersebut.

Tetapi yang menjadi kelemahan untuk ini keberadaan dari file tersebut bukan versi terbaru. Biasanya disesuaikan dengan tahun installer dari suatu Windows tersebut dibuat pada sebuah laptop. Maka terkadang masih banyak orang memilih untuk melakukan cara pertama untuk demi mendapatkan versi terbaru.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan cara install net framework termudah yang bisa dicoba. Dengan penjelasan cara tersebut pastinya pengguna akan bisa menentukan versi mana yang lebih sesuai untuk laptop. Atau juga personal computer yang dipakai.

Trending:  Cara Download COC Mod APK Lengkap dan Kelebihannya

Karena sebenarnya hal ini juga disesuaikan berdasarkan kebutuhan dari pemakainya masing-masing. Serta tak ada yang punya kebutuhan sama persis. Jadi, kenali terlebih dahulu kegunaan sebelum memutuskannya.