Cara Install Ulang Windows 10 Mudah untuk Pemula

Bukan tidak mungkin bagi seorang pengguna laptop untuk menghadapi beberapa permasalahan pada device-nya. Seperti lemot, error, atau bahkan terkena virus dan malware. Kalau kamu menghadapi situasi seperti itu, salah satu cara untuk mengatasinya adalah reinstall sistem operasi yang ada di laptopmu.

Tapi, sudah tahukah kamu bagaimana cara untuk melakukan install ulang sistem operasi khususnya Windows 10? Kalau belum tahu, kamu bisa menyimak langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk bisa mengetahui cara install ulang Windows 10. Tutorial ini juga bisa para pemula ikuti di josbgt.com, loh.

Persiapan sebelum Install Ulang WIndows 10

Sebelum menginstal ulang, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar tidak terjadi kegagalan atau error pada saat melakukannya. Untuk itu, berikut step-nya.

1. Amankan Data

Hal yang bisa kamu lakukan sebelum install ulang Windows 10 adalah melakukan backup atau duplikasi dan juga menyalin data yang ada pada laptop atau PC kamu. Bisa dari drive C ke drive D atau ke media eksternal lainnya.

Backup berfungsi sebagai antisipasi file hilang selama proses install ulang karena pada saat melakukan install, biasanya system akan menghapus data atau file yang berada di drive C.

Baca juga 7 Cara Screen Record di Laptop Windows dan MacBook

2. Mempersiapkan CD atau FD dan Software

Setelah mengamankan data, kamu bisa melakukan install ulang Windows 10 dengan CD atau Flashdisk untuk nantinya melakukan booting. Ukurannya sendiri minimal 8 GB, ya.

Trending:  Save From IG, Situs Unduh Video Instagram Cepat dan Mudah

Kemudian, kamu juga bisa mempersiapkan software Windows 10 dengan mengunduh ISO nya terlebih dahulu. Mengunduhnya juga tidaklah sulit, kamu bisa mencarinya di Google atau mengunduhnya di website resmi dari Microsoft.

Cara Install Ulang Windows 10 untuk Pemula

Setelah kamu melakukan beberapa persiapan sebelumnya, kini kamu bisa melakukan install ulang. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Membuat bootable

Setelah mengunduh ISO Windows, kamu bisa melakukan booting.

  • kesatu : Masukkan CD atau flashdisk ke laptop, kemudian buka software Rufus dan klik icon CD yang ada di sana.
  • Kedua: Carilah file ISO Win 10 yang sebelumnya sudah kamu siapkan dan klik Open.
  • ketiga : Tidak perlu mengubah, klik Start dan kamu bisa menunggu prosesnya selesai.

2. Install Windows 10

Setelah melakukan bootable, kamu bisa mengikuti step instalasi berikut:

  • Langkah 1: Setelah melakukan booting akan muncul Windows Setup. Pilihlah bahasa English (United States) dan juga pilih Indonesian (Indonesia) untuk waktu dan format mata uang. Kemudian klik next dan install now.
  • Langkah 2: Pada saat berada di Activate Windows, masukkan product key yang kamu miliki. Kalau tidak punya, kamu bisa klik di I don’t have a product key.
  • Langkah 3: Pilihlah tipe atau versi dari OS Windows 10 yang ingin kamu pakai nantinya. Kemudian klik next.
  • Langkah 4: Klik checkbox pada Microsoft Software License Terms kemudian klik next.
  • Langkah 5: Pilih tipe instalasi. Kalau sebelumnya kamu menggunakan OS yang berada di bawah Win 10, kamu bisa memilih tipe instalasi Upgrade. Kalau bukan, kamu bisa memilih Custom.
  • Langkah 6: Setelah itu, kamu bisa menentukan path dari Windows ini di-install. Pilihlah drive C sebagai lokasinya. Kemudian klik next.
  • Langkah 7: Tunggu dalam beberapa saat hingga proses instalasi selesai dilakukan. Ketika selesai, laptop atau komputer akan melakukan restart secara otomatis.
  • Langkah 8: Kalau proses restart selesai, di laptop kamu akan terlihat beberapa setting yang harus kamu selesaikan. Seperti pada pemilihan region atau negara. Pilihlah Indonesia. Kemudian klik next.
  • Langkah 9: Kemudian pilih keyboard layout yang ingin kamu gunakan.
  • Langkah 10: Setelah itu, akan ada pertanyaan apakah kamu ingin menambahkan keyboard layout. Kamu bisa menambahkan ataupun tidak. Jika tidak klik Skip.
  • Langkah 11: Lalu, akan muncul welcome page, disini kamu bisa memberi nama kepada laptop kamu. Kamu bisa memberikan nama apa saja sesuai keinginan kamu. Nama ini juga dapat diganti nanti.
  • Langkah 12: Isikan password yang ingin kamu gunakan untuk keamanan laptop kamu. Kalau kamu tidak ingin memakai password kamu bisa langsung klik next.
  • Langkah 13: Langkah terakhir dari proses install ini adalah memilih pengaturan. Kamu bisa membiarkannya secara default dengan langsung klik accept. Setelah itu, tunggu beberapa menit dan jangan sampai komputer kamu mati, ya.
  • Langkah 14: Setelah semua proses kamu lakukan, kamu akan melihat tampilan dari Windows 10 yang menandakan bahwa proses install Windows 10 telah berhasil.
Trending:  Trik dan Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Penutup

Kemudian, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah install ulang Windows 10, yaitu:

  • Memperbarui drive.
  • Melakukan install ulang software yang sebelumnya dimiliki.

Sampai disini tata cara install ulang Windows 10. Sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk mengamankan data terlebih dahulu sebagai langkah data tidak hilang saat install ulang windows 10.

Tinggalkan komentar