Beranda » Cara Install Ulang Windows 7 dengan Flashdisk

Cara Install Ulang Windows 7 dengan Flashdisk

Melakukan install ulang kerap kali jadi hal yang merepotkan bagi sebagian orang. Selain karena prosesnya, ada juga kemungkinan gagal ketika melakukannya. Sehingga tak jarang banyak yang lebih memilih untuk melakukan install ulang Windows dengan menyerahkannya kepada teknisi komputer.

Namun, ternyata ada cara yang cukup mudah dilakukan untuk melakukan install ulang sistem operasi Windows. Yaitu cukup dengan menggunakan flashdisk saja. Cara install ulang windows 7 dengan flashdisk ini cukup mudah untuk dilakukan. 

Hal ini juga bisa jadi solusi apabila laptop yang kamu punya tidak memiliki DVD drive.

Apa yang Harus Dipersiapkan?

Sumber : https://unsplash.com/photos/PISwYqWIGPc

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Kemudahan penggunaan, keamanan yang baik, serta kompatibilitas pada berbagai aplikasi membuat OS ini jadi andalan banyak orang. Selain itu, Windows juga cenderung lebih ringan untuk dijalankan.

Tapi memang terkadang ada saja kendala-kendala yang menyebabkan kita harus melakukan install ulang. Entah itu komputer terkena virus, malware, atau kinerja device yang sudah tidak stabil.

Sebelum memulai proses install Windows 7 dengan flashdisk di laptop atau komputer kamu, tentunya kamu memerlukan berbagai peralatan dan software tertentu.

1.     Flashdisk

Alat yang pasti kamu harus siapkan adalah flashdisk. Kapasitas flashdisk minimal setidaknya 4 GB. Namun direkomendasikan agar kamu menggunakan yang berkapasitas 8 GB, sebab kamu akan bisa masuk ke Windows All in One. Ini juga disesuaikan dengan Windows 7 versi apa yang ingin kamu install.

Flashdisk yang digunakan juga harus yang sudah bootable. Untuk yang belum tahu, bootable sendiri merupakan tahap agar flashdisk kamu dapat terbaca oleh BIOS ketika dinyalakan. Kamu bisa membuat flashdisk menjadi bootable dengan melalui aplikasi Rufus atau Wintoflash.

Trending:  Cara Memutuskan Koneksi WiFi Orang, Mudah dan Efektif!

2.     File ISO Windows 7

File ini wajib kamu download bila ingin melakukan install ulang. Kamu bisa mencari file ISO ini melalui internet dan cara download Windows 7 ISO file ini tidaklah merepotkan. Sama seperti melakukan download file biasa.

3.     Kapasitas Baterai dan Backup Data

Supaya proses instalasi berjalan dengan lancar, bila kamu menggunakan laptop usahakan agar baterai setidaknya terisi penuh. Lalu, kamu juga perlu memindahkan data-data yang tersimpan supaya tidak terhapus.

Tahap-tahap Install Windows 7 dengan Flashdisk

Berikut adalah cara install windows 7 lewat USB flashdisk yang bisa kamu lakukan sendiri dan pastinya tidak rumit untuk kamu lakukan. Cukup pahami tahapnya satu per satu secara perlahan.

1.     Ubah Flashdisk Menjadi Bootable

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu harus membuat flashdisk menjadi bootable. Kami sarankan agar menggunakan Rufus. Berikut cara install Windows 7 dengan flashdisk Rufus.

  1. Download aplikasi Rufus, kemudian masukkan flashdisk ke port USB.
  2. Setelah aplikasi terbuka, di pilihan device ganti menjadi flashdisk yang kita gunakan
  3. Di bagian boot selection, pilih file ISO Windows 7 yang sudah kamu download, lalu pilih “SELECT”.
  4. Isikan volume label sesuai dengan nama yang kita mau.
  5. Pilih “START”, lalu “OK”.

Baca juga 5 Cara Copy Paste di Laptop Windows dan Apple

2.     Ubah Setelan Boot pada BIOS

Jangan cabut flashdisk yang sudah kamu jadikan bootable. Untuk membuka menu “BIOS”, matikan laptop atau komputer kamu. Kemudian ketika layar mulai menyala, segera pencet tombol “DEL”. Namun, tombol untuk masuk ke BIOS biasanya berbeda tergantung merek laptop atau motherboard.

Tombol lain yang biasanya berfungsi untuk masuk ke menu “BIOS” adalah “F1” dan “F2”. Bila tak berhasil, cari informasi mengenai tombol apa yang sesuai dengan device kamu. Berikut adalah cara mengubah setelannya :

  1. Pilih menu “Boot” pada BIOS. Untuk tombol-tombolnya, kamu bisa melihat di bagian bawah BIOS.
  2. Setelah menu “Boot” terbuka, kamu akan melihat storage teratas adalah Hard Drive. Ubah agar “Removable Devices” menjadi yang paling atas. Caranya dengan menekan tombol “+” atau “-”.
  3. Tekan “F10” agar setelan kamu tersimpan, lalu pilih “YES”.
  4. Akan muncul tampilan hitam dan tekan tombol apa saja di keyboard.

Baca juga Panduan Mudah Cara Menginstal Windows 7 pada Laptop dan PC

Trending:  7+ Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP, Dijamin Jadi Keren!

3.     Memulai Proses Instalasi Windows 7

  1. Setelah laptop kembali menyala, maka tampilannya adalah menu instalasi Windows. Ubah time currency menjadi lokasi saat ini. Lalu next.  Bila muncul kotak lagi, maka pilih “Custom”.
  2. Lakukan partisi pada hardisk. Pilih “Drive Options” kemudian hapus partisi sebelumnya. Perlu diingat agar kamu melakukan backup terlebih dahulu agar data tak hilang.
  3. Klik “New” supaya partisi yang baru terbuat. Kamu bebas untuk membagi jumlah partisinya. Windows akan membuat partisi System Reserved dengan sendirinya. Bila selesai, maka “Next” dan tunggu.
  4. Proses instalasi akan berlangsung dan komputer akan restart. Saat komputer/laptop hendak menyala, cabut flashdisk. Lalu tahap instalasi akan berlanjut.
  5. Jika sudah, isi data pengguna, tambahkan password jika perlu, dan masukkan product key. Bila tak ada maka bisa kamu skip.
  6. Pilih recommended setting serta atur tanggal dan waktu.
  7. Selamat, proses install ulang selesai. Jangan lupa untuk menginstall driver seperti audio, grafis, atau network sebagai pendukung kinerja OS kamu.

Sekian cara install ulang windows 7 dengan flashdisk yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jadi, kamu bisa hemat biaya karena tidak perlu repot-repot lagi untuk lagi untuk menyerahkannya kepada teknisi komputer. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar