Cara Login SISDMK di Situs & Aplikasi dan Kegunaannya

Rupanya banyak pengguna yang tidak tahu terkait SISDMK. Begitu juga terkait dengan cara login SISDMK yang masih banyak ditanyakan oleh sejumlah pengguna. Padahal sebenarnya, SISDMK ini merupakan sebuah layanan informasi terkait sumber daya manusia dalam bidang kesehatan dari Kemenkes RI.

Serta bekerja sama dengan badan pengembangan sekaligus pemberdayaan SDM kesehatan. Sementara tujuannya adalah dapat memberikan pemetaan berkaitan dengan SDM  sekaligus juga sejumlah informasi yang akurat terkait tenaga kerja bidang kesehatan. Maka dari itu, simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut ini.

cara login sisdmk

Cara Login SISDMK dengan Mudah Lewat Situs dan Aplikasi

Pada penjelasan pertama yaitu berkaitan dengan sejumlah cara login SISDMK. Sebagaimana dijelaskan bahwa, masih banyak ditanyakan oleh sejumlah pihak karena nyatanya. Masih banyak orang yang belum paham terkait bagaimana untuk mengakses dan membuka halaman tersebut.

Padahal walau tanpa belajar, juga bisa mengunjunginya cukup dengan membuka dan mengikuti berbagai arahan. Karena sebenarnya berbagai hal yang ingin diketahui terdapat dalam situs resmi ini. Maka dari itu, simak penjelasan selengkapnya berikut:

1. Login Lewat Situs

Penjelasan pertama untuk cara login SISDMK melewati situs atau website resmi dari SISDMK. Untuk ini, berarti pengguna tidak perlu mendownload aplikasi tambahan agar bisa berkunjung pada situs yang dimaksudkan. Cukup dengan browser untuk bisa berselancar di Internet saja simak penjelasan selengkapnya.

  1. Pertama dengan mengakses situs sisdmk.kemenkes.go.id.
  2. Selanjutnya adalah pada halaman login pilih atau klik dan isi email serta password. Pastikan untuk ini telah melakukan pendaftaran sebelumnya.
  3. Kemudian berikan jawaban untuk captcha yang muncul pada layar lalu klik pilih login.

2. Login Lewat Aplikasi

Cara login SISDMK melalui aplikasi. Tentu ini berarti pengguna harus menginstal aplikasi tambahan yang dapat diperoleh lewat PlayStore. Bisa mencarinya dengan kata m-sisdmk yang terdapat berbagai informasi yang dapat diperoleh lebih cepat jika dibandingkan situs seperti penjelasan berikut.

  1. Begitu aplikasi telah di download, maka pengguna bisa masuk pada bagian halaman awal. Cukup klik pada pilihan selanjutnya atau juga dengan melewati informasi ini.
  2. Kemudian pilih pada bagian login dan isi alamat serta password yang didaftarkan ketika hendak membuat akun.
  3. Lalu juga masukkan captcha dengan menambahkan hasil penjumlahan yang dimaksudkan terakhir cukup klik pada pilihan login.
Trending:  5 Cara Mengatasi RAM Usable dan Dijamin Berhasil

Kegunaan dari SISDMK

Kemudian juga akan diberikan sejumlah penjelasan singkat yang berkaitan dengan tujuan atau kegunaan daripada keberadaan SISDMK. Secara umum memang berfungsi bagi pihak atas untuk mengetahui bagaimana kondisi tenaga kerja kesehatan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kegunaanya berikut.

  1. Pertama yaitu untuk memberikan akses dalam melihat bagaimana kondisi dari tenaga kesehatan di sebuah RS.
  2. Berikutnya, juga bisa digunakan sebagai data untuk mengajukan pra akreditasi RS.
  3. Serta juga untuk melakukan integrasi pada sistem dengan catatan dari dukcapil berkaitan dengan sejumlah data dari tenaga kerja kesehatan
  4. Lalu juga bisa untuk pemberian akses pada Dirjen OTDA dalam hal mutasi ASN Pemda. Karena nantinya hal tersebut berfungsi dalam keterisian data sdmk oleh system.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan cara login SISDMK termudah berbagai penjelasan terkait dengan cara ini. Pasti akan lebih membantu pengguna terutama bagi yang bekerja di bidang kesehatan. Karena, hal ini pasti sangat penting dalam pengembangan karir dan lainnya.

Maka dari itu sebagai seorang tenaga kesehatan sudah sepatutnya untuk mulai mengisi data-data penting yang terdapat pada aplikasi. Alangkah baiknya juga jika menginstal aplikasi ini pada ponsel. Sehingga sewaktu-waktu berbagai hal yang mungkin sekiranya diperlukan bisa langsung dilihat.