Beranda » Cara Melihat Google Maps Lama Kayak yang Viral di Tiktok

Cara Melihat Google Maps Lama Kayak yang Viral di Tiktok

Bgtekno.com – Cara melihat Google Maps lama menggunakan Street View ternyata bisa dilakukan. Meski sudah melewati waktu tertentu, pengguna dapat mengaksesnya kembali melalui hp atau laptop. Kemudahan dalam melihat lokasi ini dapat membantu pengguna dalam menemukan, menelusuri, dan menjelajah berbagai tempat.

Cara Melihat Google Maps Lama

Fakta dan Seputar Google Maps

Google Maps adalah layanan milik Google yang bisa didapatkan dengan mudah di perangkat pintar. Terlebih, kebanyakan perangkat sudah menyediakan aplikasi ini sebagai fitur bawaan. Mengingat kebutuhan untuk mencari lokasi sangat penting di zaman sekarang.

Salah satu fitur andalan yang paling banyak digunakan masyarakat, adalah Street View. Fitur ini memudahkan pengguna dalam melihat lokasi seperti aslinya. Artinya, pengguna dapat menelusuri lokasinya secara virtual. Jalan di berbagai negara pun dapat dilihat berbekal satu aplikasi saja.

Contohnya ingin melihat museum Roma atau tempat bersejarah lainnya. Dengan Street View, pengguna dapat menyaksikan jalan di sekitar museum tersebut dengan pemandangan 360 derajat. Hasil gambarnya juga jelas, kecuali wajah orang lain dan plat kendaraan akan di blur untuk menjaga privasi.

Dengan memanfaatkan Street View, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Contohnya adalah seperti berikut:

  • Menampilkan lokasi berbisnis yang dapat meningkatkan kredibilitas dan meyakinkan customer.
  • Menjadi bahan pertimbangan untuk berkunjung ke suatu tempat. Misalnya untuk berlibur, bekerja, mengenyam pendidikan, hingga membangun lokasi bisnis.
  • Dapat menjadi media marketing dengan biaya terjangkau.
  • Memudahkan pengguna mengetahui kondisi di sebuah jalan secara detail.
  • Melihat kembali suatu lokasi pada tahun yang lebih lama. Tidak hanya tahun sebelumnya, melainkan juga lima tahun hingga beberapa tahun sebelumnya yang jauh lebih lama.
Trending:  Cara Komen Kosong di TikTok Dijamin Berhasil

Cara Melihat Google Maps Lama dengan Mudah

Sebelumnya, telah dipaparkan beberapa keunggulan dari Google Maps dengan fitur populernya yakni Street View. Lebih lanjut, pengguna juga dapat melihat Google Maps yang lama. Kecanggihan ini membantu pengguna untuk melihat lokasi tersebut pada tahun sebelumnya.

Tidak jarang, pengguna merasa rindu akan bagaimana pemandangan dari sebuah lokasi di masa yang lalu. Berkat kontribusi teknologi yang canggih dari Google Maps, hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk melihatnya:

  1. Buka browser Chrome, bisa melalui perangkat pintar maupun laptop/komputer. Masuk menuju situs Google Maps.
  2. Bagi pengguna yang memakai ponsel bisa tekan pada tombol berbentuk tiga titik di bagian atas.
  3. Kemudian ganti opsinya menjadi “Desktop site” agar menghasilkan tampilan layar yang lebih luas. Ulangi langkah ini sampai map tampil full screen dan memiliki tombol + dan – di kanan bawah untuk mengatur pandangan.
  4. Di kolom pencarian, ketikkan nama dari lokasi yang hendak dilihat, lalu lanjutkan dengan klik “Enter”.
  5. Cara melihat Google Maps lama dapat dilanjutkan dengan klik “Layers”, “More”, kemudian di “Map details” pilihlah “Street view”. Selanjutnya, disisi Map silahkan memilih “Satellite”.
  6. Lakukan zoom di tempat yang hendak dilihat, lalu ketuk tombol 3D.
  7. Tekan tombol + hingga bisa melihat ruang jalan dengan terang. Berikutnya klik tombol dengan logo jamm yang memuat informasi mengenai tanggal terakhir Street View diperbarui.
  8. Agar bisa melihat lokasi tersebut beberapa tahun sebelumnya, geser slider-nya menuju tahun yang dikehendaki.
  9. Berikutnya, tekan “Preview street view” di tahun yang diinginkan. Pengguna kini bisa melihat lokasi tersebut di tahun-tahun sebelumnya secara full screen.

Baca Juga: Cara Menghapus Data Aplikasi di Android Semua Smartphone

Trending:  Kata Sindiran Buat Orang Sok Benar yang Bisa Anda Coba!

Itulah pembahasan tentang fungsi hingga cara melihat Google Maps lama. Kemudahan dalam mengakses Google Maps termasuk keunggulan yang membuatnya masih menjadi apps terpopuler untuk mencari lokasi. Tidak hanya mencari lokasi saat ini, namun juga yang terdahulu.