4 Cara Melihat Jenis VGA Ternyata Mudah Banget!

Bgtekno.com – Cara melihat jenis VGA (Video Graphic Adapter), sering dicari oleh pengguna komputer karena kepentingan pemrosesan produk berbasis visual misalnya game. Biasanya dengan mengetahui tipe VGA, pengguna dapat menjalankan aplikasi atau piranti secara lancar sesuai spesifikasinya. 

4 Cara Melihat Jenis VGA yang Dapat Dilakukan dengan Mudah

Atas dasar inilah, dibutuhkan uraian singkat yang mencakup cara dalam mengetahui tipe VGA di perangkat komputer pribadi. Untuk itu, simak beberapa uraian berikut mengenai bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk melihat jenis VGA. sebagai berikut.

cara melihat jenis vga

1. Memakai DxDiag

Umumnya, setiap perangkat komputer memiliki fitur bawaan yang dapat membantu dalam penggunaan, salah satunya DxDiag. Dimana fitur yang satu ini, bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mengetahui tipe VGA di komputer. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah yang dapat dilakukan berikut:

  • Masuk ke Menu Run. Langkah awal yang perlu dilakukan, masuk terlebih dahulu dalam menu Run dengan mengklik pada Windows atau Windows plus R.
  • Ketik dxdiag. Langkah kedua, ketikkan perintah “dxdiag” dalam kolom yang muncul di kotak dialog, lalu apabila keluar opsi Yes juga ikut ditekan.
  • Klik Opsi Display. Langkah terakhir, pada kotak yang muncul kemudian (Windows DirectX Diagnostic Tools), klik opsi Display untuk mengetahui rincian jenis VGA.

2. Melalui Menu Pengaturan (Settings)

Menu Settings yang terdapat di hampir semua jenis komputer, memiliki manfaat terkait dengan komponen di perangkat itu sendiri termasuk VGA. Untuk mengecek jenis VGA melalui menu pengaturan ini, maka simak beberapa langkah berikut:

  • Klik Menu Start. Segera setelah mengaktifkan komputer pribadi, pengguna dapat mengklik menu Start lalu ketik Settings agar bisa masuk ke laman tersebut.
  • Klik Opsi Display. Dengan masuknya pengguna ke dalam laman Settings cari opsi Display kemudian lanjutkan dengan menekannya.
  • Klik Opsi Advanced Display. Lalu klik opsi Advanced Display yang mana nantinya pengguna bisa mengecek apa jenis dari VGA dalam perangkat (Display 1).
Trending:  Download Resident Evil 4 MOD APK dan Fitur Kerennya

3. Melalui Device Manager

Masih menyangkut dengan menu yang tersedia di komputer, Device Manager dapat menjadi cara melihat jenis VGA yang tidak sulit dilakukan. Meskipun langkah pengecekannya tidak berbeda jauh, tetapi pengguna haru mengamati poin-poin berikut secara jelas: 

  • Buka Device Manager. Langkah awal pengguna harus membuka Device Manager dengan menuju menu Start lalu mencari di kolom Search.
  • Tekan Opsi Display Adapters. Langkah selanjutnya, klik opsi Display Adapters dua kali untuk dapat masuk ke laman terkait.
  • Lihat tipe VGA. Langkah terakhir pengguna bisa melihat tipe VGA yang terdapat di perangkat, muncul di tampilan layar komputer pribadi.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan yang ada di perangkat komputer, pengguna dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z atau GPU-Z atau Speccy. Agar pengguna tidak bingung waktu melakukan tindakan apalagi sedang sendirian, sebaiknya perhatikan tahapan di bawah ini:

  • Pasang aplikasi ketiga. Silahkan pilih aplikasi yang mana ingin digunakan namun pastikan kualitas dari piranti sebelum memasang, lalu pasangkan di perangkat komputer.
  • Masuk ke Opsi Graphics Card. Setelah itu, buka opsi Graphics Card untuk melakukan pengecekan rincian data dalam perangkat yang tidak terbatas pada tipe VGA saja.
  • Pilih opsi lainnya. Apabila pengguna tertarik mengetahui informasi lain langsung klik sejumlah opsi misalnya Sensors dan Advanced.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi RAM Usable dan Dijamin Berhasil

Sekian informasi cara melihat jenis VGA yang bisa dilakukan dengan cukup mudah oleh pemilik komputer tanpa harus membutuhkan jasa ahli. Pemilik dapat memilih dari keempat cara di atas baik melalui menu atau fitur bawaan maupun pihak ketiga, dirasa lebih praktis.