Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Android, Mudah!

Saat berselancar di dunia maya, tak jarang kita memasukkan kata sandi untuk masuk ke situs tertentu. Banyak yang masih belum tahu bahwa sandi tersebut akan tersimpan pada browser seperti Google Chrome. Lalu bagaimana cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome android? 

Yuk simak Sobat jostbgt.

Bahaya Menyimpan Password di Browser

Di era teknologi ini segala aktivitas kehidupan manusia terhubung dengan internet. Mulai dari bersosialisasi, pekerjaan, pendidikan, serta hiburan. Tak jarang seseorang memiliki akun di berbagai situs yang menawarkan kemudahan-kemudahan dalam bidang-bidang tersebut.

Memang semua akun yang kamu miliki terlindungi dengan sandi. Namun ada sebagian orang yang mudah lupa password mereka dan bergantung pada penyimpanan sandi otomatis. Ada juga yang masih kurang paham bahwa browser internet menyimpan sandi yang diinput.

Padahal, cara melihat password yang tersimpan di akun Google sangatlah mudah. Orang lain yang mendapatkan akses ke akun Google atau ponselmu dapat dengan gampang melihat sandimu. Yang ditakutkan orang tersebut bisa membuka dan menyalahgunakan akun-akun lain yang kamu miliki.

Terlebih, jika tanpa sengaja ponsel tersebut hilang dan ditemukan oleh orang lain. Bahaya jika terdapat informasi login pada situs-situs penting di browser Chrome. Apalagi akun yang berhubungan dengan keuangan yaitu internet banking, e-commerce, atau e-money seperti Paypal.

Cara Mengecek Password Browser

Apabila kamu menggunakan ponsel android, cara mengeceknya sangatlah mudah. Kamu bisa mengecek Chrome password dengan beberapa langkah saja.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pada ponsel tertentu kata sandi itu tidak bisa langsung kamu lihat tanpa kunci layar. Jadi, sebelum mengecek password pastikan ponselmu telah terpasang screen lock (kunci layar) terlebih dahulu.

Trending:  5 Cara Copy Paste di Laptop Windows dan Apple

Langkah membuka password pada browser dengan jenis Chrome adalah berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Chrome pada ponsel Anda. Coba membuka tab baru agar tidak terlalu bingung.
  • Lalu, klik pada ikon bergambar 3 titik yang berada di pojok kanan atas. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan menu Setelan (Setting).
  • Pilih opsi Pengaturan, kemudian lanjutkan dengan menu Kata Sandi.
  • Setelah itu kamu dapat scroll lagi ke bawah hingga menemukan daftar situs-situs dan sandinya yang tersimpan pada Chrome.
  • Klik salah satunya. Chrome akan menunjukkan website, nama pengguna (username), serta password-mu. Klik gambar mata pada sebelah sandi untuk menampilkannya.

Itulah langkah-langkah cara melihat password yang tersimpan di android. Terutama pada browser Chrome.

Meskipun sangat bermanfaat ketika kamu sedang lupa kata sandi, terdapat juga bahayanya. Karena itu sebaiknya kamu tidak menyimpan detail sandi untuk situs-situs yang menurutmu cukup penting.

Cara melihat password yang tidak tersimpan di Google Chrome sama mudahnya. Kunjungi kembali halaman sandi (password) dengan langkah di atas. Geser menu ke bawah sampai menemukan menu Jangan Pernah Disimpan (Never Save).

Sayangnya, kata kunci yang tidak tersimpan tak bisa kamu buka kembali. Daftar hanya akan menunjukkan situs-situs yang sandinya tidak kamu simpan.

Langkah Menghapus Sandi di Browser

Apabila kamu ingin menjual atau memberikan handphone ke orang lain kamu perlu menghapus history kata kunci yang tersimpan di ponselmu. Begitu juga bagi yang ingin menjaga keamanan cyber akun-akunnya dan ingin lebih berhati-hati.

Cara menghapus password yang tersimpan di Chrome tidak sulit. Langkahnya pun sangat sederhana dan tidak ribet. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka kembali browser Google Chrome pada perangkat milikmu.
  • Kemudian, klik tiga tanda titik pada pojok kanan atas.
  • Klik menu Setting atau Pengaturan, lanjutkan dengan memilih opsi Sandi.
  • Nanti akan muncul daftar situs-situs apa saja yang sandinya tersimpan.
  • Scroll hingga menemukan yang ingin kamu hapus, lalu klik history tersebut.
  • Ketika sudah terbuka tekan pada icon bergambar tempat sampah di atas sebelah kanan.

Sebisa mungkin jangan menyisakan situs-situs penting agar akunmu tidak mudah diretas. Karena akun yang terkena hack bisa menyebabkan kerugian yang tidak terkira.

Trending:  Rekomendasi Hp Oppo Ram 8 Terbaik

Cara agar Browser Tidak Menyimpan Sandi

Bagaimana caranya agar akun terhindar dari hacker yang dapat merugikan kita? Tentunya dengan berhati-hati. Tidak menyimpan kata kunci pada peramban internet menjadi salah satu cara pencegahannya.

Jika kamu sudah terlanjur mengatur ponselmu agar menyimpan sandi, bisa kamu ubah kembali. Langkahnya juga simpel. Caranya yaitu:

  • Buka peramban Chrome dan klik menu tiga titik di kanan atas
  • Pilih Pengaturan (Setting) lalu pilih Sandi atau Password
  • Lalu kamu akan melihat opsi untuk penyimpanan password. Klik pada Simpan Sandi sehingga menjadi Nonaktif.
  • Jika ingin lebih berhati-hati, kamu juga dapat menonaktifkan Login Otomatis.

Kalau kamu pelupa kamu bisa menggunakan aplikasi seperti password manager. Namun, pastikan juga menggunakan aplikasi yang aman dan tidak mudah terbuka oleh orang lain. Misalnya aplikasi manager sandi yang untuk membukanya juga menggunakan kunci.

Itulah cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome Android. Sobat Jostbgt yuk kita berusaha untuk terus berhati-hati, agar akun kamu tidak mengalami peretasan dan penyalahgunaan.

Tinggalkan komentar