Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim Semua Bank

Bgtekno.com – Saat melakukan transfer uang ke salah satu bank terkadang ada yang sampai salah transfer. Dalam kondisi demikian maka proses transferan ini perlu dibatalkan agar uang itu bisa kembali lagi ke rekening. Kamu harus baca cara membatalkan transferan yang sudah terkirim.

Jika ini terjadi pada kamu maka perlu mengetahui cara membatalkan transferan yang sudah terkirim. Dengan cara ini maka uang kamu tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

cara membatalkan transferan yang sudah terkirim

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim untuk Semua Bank

Lalu apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan uang tersebut ke rekening? Yuk simak ulasan berikut ini.

Tenangkan Diri

Dalam kondisi uang yang salah transfer ini maka perlu menenangkan diri terlebih dahulu. Cara ini sebagai langkah awal sebelum kamu melakukan berbagai langkah-langkah yang lain.

Dalam kondisi yang tenang kamu bisa menyampaikan atau memiliki ide terkait apa yang perlu dilakukan. Sehingga semua yang kamu lakukan sesuai perhitungan yang nantinya bisa membuahkan hasil kedepannya.

Menyimpan Bukti Transferan

Bukti transfer yang dikirimkan ke rekening terkait perlu kamu simpan dengan baik. Jika prosesnya dilakukan melalui ATM maka struknya jangan sampai hilang atau dibuang. 

Sedangkan bagi yang transfer via Internet banking atau Mobile Banking bisa di screenshot. Selain itu, kamu juga bisa mengecek bukti transfer tersebut via email dan ini bisa menjadi barang buktinya. 

Jika buktinya hasil screenshot maka kamu di print out terlebih dahulu sebagai bukti untuk tahap selanjutnya. Untuk memperkuat sebaiknya proses print out dibuat natural atau berwarna. 

Datang ke Kantor Polisi Terdekat

Beberapa bank ada yang meminta surat keterangan kehilangan dan ada juga yang tidak. Namun sebagai bentuk antisipasi, kamu bisa datang ke kantor polisi terdekat untuk meminta surat keterangan hilang. 

Trending:  5 Keuntungan Menggunakan Spotify Premium Mod Apk

Untuk mendapatkan surat tersebut, kamu perlu menyiapkan beberapa bukti seperti bukti transfer uang, rekening dan KTP. Data-data tersebut akan diminta oleh pihak kepolisian sebelum akhirnya dibuatkan surat keterangan hilang. 

Agar proses pembuatannya lebih cepat, kamu bisa menjelaskan terkait kronologi kejadiannya. Setelah proses ini selesai, jangan lupa untuk meminta kembali bukti transferan tersebut. 

Datang ke Kantor Bank Terdekat

Saat semua bukti sudah terkumpul maka kamu bisa datang ke kantor bank terdekat. Namun disarankan untuk tidak datang ke kantor cabang melainkan kantor pusat yang ada di kota kamu. 

Saat sampai di bank, kamu bisa menceritakan dengan jelas dan tenang terkait kronologinya. Sampaikan secara detail agar pihak perbankan bisa percaya akan kejadian tersebut.

Selain itu berbagai bukti juga harus dibawa termasuk hasil screenshot dari smartphone. Jangan lupa juga untuk menyerahkan KTP sebagai bukti kepemilikan rekening yang kamu miliki. 

Menunggu Verifikasi Bank

Dari data yang telah diterima oleh bank nantinya akan diproses dalam kurun waktu 1×24 jam atau lebih. Proses ini memang tidak instan karena pihak bank harus menghubungi pihak penerima uang untuk konfirmasi lebih lanjut.

Jika tahap ini sudah selesai maka nantinya pihak bank akan menghubungi kamu terkait pengembalian uang. Namun jika sudah melebihi batas waktu hingga lebih dari 1 minggu maka kamu bisa datang ke bank untuk menanyakan kasus tersebut.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai BCA di Alfamart Menggunakan Kartu dan Tidak

Dari berbagai cara membatalkan transferan yang sudah terkirim ini harus dilakukan secara urut. Sehingga pahami lebih lanjut terkait hal ini agar kamu tidak bolak-balik untuk mengurusi salah transfer ini. Dalam proses verifikasi terkadang bisa lebih cepat atau lambat namun umumnya bisa selesai dalam waktu 1×24 jam. 

Trending:  11 Cara Mengunduh Vidio TikTok Tanpa Watermark Gratis 2022