Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Apakah HP Vivo milikmu seringkali mengalami masalah memori yang full? Tapi, aplikasi kamu memerlukan semua aplikasi di dalam HP Vivo milikmu, sehingga sayang jika harus menghapus salah satu. Untuk itu, kamu perlu tahu cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Tanpa Hapus Aplikasi

Dengan mengetahui cara berikut, kamu tidak perlu bingung lagi menghapus aplikasi-aplikasi yang sebenarnya kamu perlukan. Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1.     Pindahkan Data ke SD Card

Langkah pertama yang paling simpel dan perlu kamu lakukan ketika memori internal HP Vivo sudah hampir penuh adalah membeli memori internal atau SD Card. Kamu bisa membeli merek apa pun asal sudah kamu pastikan kalau memori tersebut aman sehingga datamu bisa terjaga.

Setelah membeli SD card, langsung pasang pada perangkat dan kamu perlu kosongkan data memori internal dengan cara memindahkannya pada SD Card. Cara mengosongkan ruang penyimpanan internal dengan memindah data adalah masuk ke bagian “File Manager”.

Baca juga 7 Aplikasi CCTV yang Bisa Dipantau Lewat HP Jarak Jauh

Lalu, kamu bisa pilih beragam file, mulai dari gambar di bagian folder DCIM, hingga file-file PDF atau lainnya di perangkat. Misalnya, kamu sudah memilih gambar yang akan kamu pindah. Klik “Pindahkan” atau “Cut” dan pilih SD card tempat kamu memindahkan data tersebut. Tunggu hingga data selesai dipindah.

Trending:  Cara Praktis Melacak HP yang Hilang, Bisa Keadaan Mati dan Nyala

2.     Ubah Pengaturan Penyimpanan Otomatis ke SD Card

Agar memori internal tidak segera penuh kembali, ada baiknya kamu mengatur penyimpanan otomatis ke SD Card yang sudah terpasang. Cara mengosongkan penyimpanan internal HP Oppo yang satu ini adalah, kamu bisa masuk ke aplikasi atau bagian yang ingin dipindah penyimpanannya.

Misalnya, kamu ingin memindahkan pengaturan pengambilan gambar di HP Vivo langsung ke SD Card. Masuk saja ke bagian kamera, lalu pilih “Setting” atau “Pengaturan”. Di situ, akan tersedia pilihan “Penyimpanan”. Ganti penyimpanan pada kamera ke SD card.

Langkah yang sama, bisa kamu lakukan untuk aplikasi lainnya. Misalnya, Kamu ingin mengganti penyimpanan pada download chrome. Tinggal masuk pada aplikasi chrome dan pilih “Pengaturan”. Pilih “Download”dan kamu akan dihadapkan pada pilihan mengganti ke SD Card. Tinggal diklik saja, ya.

3.     Hapus Cache

Cara membersihkan penyimpanan internal HP Vivo lainnya yang tidak perlu mengeluarkan uang maupun menginstal aplikasi adalah dengan menghapus cache. Cache adalah data pemrosesan aplikasi selama kamu menggunakannya. Jadi, cache sebenarnya berisikan riwayat penggunaan.

Baca juga Cara Scan Barcode di Hp Oppo Tanpa Aplikasi, Simpel!

Semakin sering kamu memakainya, maka memori cache akan semakin besar. Untuk itu, sebaiknya kamu menghapus cache secara berkala. Untuk menghapus cache ini sangat mudah, kok.

Pertama, kamu bisa masuk ke bagian “Setting” atau “Pengaturan”. Lalu, klik bagian “Aplikasi” atau “Manager Aplikasi”. Pilih salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai tetapi riwayat pemakaiannya tidak penting, misalnya instagram. Klik aplikasi tersebut dan kamu akan dihadapkan pada detail aplikasi.

Lalu, akan ada pilihan “Cache data”. Klik bagian tersebut dan pilih “Hapus cache”. Sebelum menghapus, biasanya akan terlihat seberapa banyak cache file tersebut. Kalau memang sangat banyak, segera hapus dan selesai. Simpel sekali, kan?

Trending:  Ini Dia 9 Rekomendasi Link Penambah Followers IG Terbaik

4.     Cadangkan Foto di Google Photos

Cara lain agar penyimpanan tidak penuh kamu bisa gunakan aplikasi agar penyimpanan tidak penuh seperti Google Photos. Aplikasi ini akan sangat diperlukan olehmu yang termasuk suka selfie atau mengambil gambar. Apalagi, kalau kamu gunakan kamera HP Vivo yang pikselnya besar.

Maka memori tentu akan lebih cepat penuh. Untuk itu, cadangkan saja file foto di Google Photos. Aplikasi ini akan memudahkanmu untuk mencadangkan foto tanpa mengurangi jatah di GDrive. Pastikan aplikasi tersebut sudah terinstal terlebih dahulu.

Lalu, buka aplikasinya dan masuk ke bagian pengaturannya. Setelah itu, nyalakan menu “Back up & Sync” maka foto akan tersinkronkan secara otomatis. Setelah proses sinkronisasi selesai, kamu bisa menghapus dari perangkat. Cara menghapusnya ini tetap dari aplikasi, ya.

Baca juga 3 Cara Menghapus Data Aplikasi di Iphone Tanpa Aplikasi

Kamu perlu buka kembali menu pengaturan pada Google Photos. Lalu, pilih bagian “Free up device storage” dan memori HP Vivo-mu akan akan dikosongkan.

5.     Bersihkan Sampah Secara Berkala

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi di HP Vivo Y12 maupun HP Vivo lainnya yang bisa kamu terapkan adalah menghapus sampah secara berkala. HP Vivo biasanya dilengkapi dengan aplikasi pembersih bawaan.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot. Cukup masuk ke aplikasi pembersih dan kamu bisa klik bersihkan. Setelah proses beberapa saat, file-file yang butuh dihapus akan ditampilkan. Kalau kamu tidak masalah dengan semua file yang terhapus, langsung klik “Oke”.

Tapi, kalau kamu ingin memilahnya lagi, masuk ke bagian pembersihan lanjutan. Di bagian pembersihan lanjutan tersebut, kamu bisa memilih file-file yang sekiranya tidak diperlukan.

Trending:  Rekomendasi Game RPG Offline Terbaik, Hemat Kuota Internet

Nah, itulah beberapa cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi yang bisa kamu lakukan. Untuk mencegah memori internal Vivo tidak mudah penuh, pastikan kamu matikan fitur auto download dan auto update pada smartphone-mu, ya.

Tinggalkan komentar