Beranda » Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word dengan Cepat

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word dengan Cepat

Cara membuat daftar isi otomatis di Word penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang sedang menulis skripsi atau jurnal ilmiah. Keberadaan daftar isi dapat memberikan gambaran mengenai pokok pembahasan yang terdapat dalam hasil penulisan 

Membuat daftar isi secara manual memang cukup merepotkan, belum lagi harus sesuai dengan nomor di lembar penulisan, jika terlewat satu halaman saja maka kerangka tulisan menjadi kacau. Maka dari itu, perlu cara menyusun daftar isi secara otomatis.

Sebenarnya Microsoft Word menyediakan banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna menyelesaikan suatu tulisan, namun tidak semuanya paham cara menggunakan fitur yang tersedia, termasuk fitur untuk membuat daftar isi otomatis. 

Berikut cara membuat daftar isi otomatis di Word dengan mudah dan cepat menggunakan fitur Table of Contents melalui tab References pada menu di Microsoft Word. Adapun langkah-langkah membuat daftar isi otomatis mari simak uraian dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word, Anda nantinya tidak perlu repot harus membuat daftar isi manual yang cukup memakan waktu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut: 

1. Blok Judul atau Sub Judul 

Langkah pertama, silahkan Anda blok judul dan sub judul pada tulisan yang akan dibuat daftar isi. Adapun cara untuk menyorot atau blok judul dan sub judul bisa dengan melakukan select atau langsung klik sebanyak 3 kali pada tulisan 

Trending:  Kode Event 515 Terbaru 2022 Diamond Kuning ML

2. Pilih Tipe dan Style Heading 

Kemudian pilih tipe heading, seperti Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk sub judul, dan Heading 3 untuk sub sub judul. Selanjutnya pilih style font heading sesuai dengan keinginan, atau biarkan saja dengan style font heading yang ada.

3. Buat Halaman Daftar Isi 

Setelah itu, silahkan buat halaman khusus untuk daftar isi, dengan cara memilih tab Insert, lalu pilih Blank Page. Jika halaman daftar isi sebelumnya sudah Anda buat, maka tidak perlu membuat kembali halaman daftar isi tersebut.

4. Buat Daftar Isi di Tab References 

Cara membuat daftar isi otomatis di Word selanjutnya pilih menu tab References, pilih Table of Contents. Setelah itu, pilih jenis atau format daftar isi. Microsoft Word akan otomatis menampilkan daftar isi masing-masing judul atau subjudul.

5. Update Konten Daftar Isi

Anda tinggal memperbarui daftar isi yang telah dibuat, yakni dengan memilih bagian update table pada kotak di bagian atas kiri daftar isi. Jika Anda  hanya ingin memperbarui nomor halaman, maka dapat memilih update page numbers only.

6. Sesuaikan Format Tulisan 

Untuk menyesuaikan tulisan, Anda bisa block atau select keseluruhan tulisan pada kotak daftar isi, kemudian pilih font dan format tulisan sesuai dengan dokumen yang Anda buat.

7. Simpan Dokumen

Setelah daftar isi berhasil dibuat dan format tulisan sesuai dokumen, kemudian simpan dokumen yang dibuat. Simpan dengan menekan CTRL + S atau pilot icon save pada bagian atas.

Itulah cara mudah untuk membuat daftar isi secara otomatis di Word, sehingga Anda tidak perlu mengetik secara manual. Dengan cara diatas bisa mempercepat pengerjaan daftar isi dan menghindari kesalahan mengetik nomor halaman daftar isi.

Trending:  5 Cara Print Test Page Di Windows 10 dengan Mudah

Demikian sekilas tentang cara membuat daftar isi otomatis di Word dengan mudah dan cepat, melalui cara ini dapat membantu membuat daftar isi tanpa perlu mengetik secara manual. Yuk, praktekan sekarang!