Beranda » Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Cara membuat daftar pustaka otomatis tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga dapat dilakukan secara efektif, tentunya hal ini memudahkan penulis membuat kumpulan referensi atau sumber kutipan sebagai rujukan tulisan yang dibuat pada Microsoft Word. 

Dengan tersedianya halaman daftar pustaka pada karya ilmiah atau skripsi, para pembaca akan mengetahui sumber referensi yang digunakan, tanpa menyertakan daftar pustaka pada tulisan yang dibuat dapat dianggap plagiarisme. Itulah pentingnya daftar pustaka.

Format penulisan daftar pustaka pun berbeda-beda, penulisan daftar pustaka dari buku tentu saja akan berbeda dengan sumber yang diambil dari internet. Kabar baiknya, saat ini ada cara membuat daftar pustaka otomatis sehingga penulisan menjadi lebih cepat.

Sekilas Tentang Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar referensi tulisan berisi judul buku, url sebuah situs, dan bahan penerbitan lainnya. Daftar pustaka biasanya ditulis pada halaman akhir atau paragraf terakhir sebuah tulisan yang dibuat sebagai sumber referensi bagi pembaca.

Daftar pustaka memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah tulisan, terutama pada tulisan karya ilmiah dan skripsi. Daftar pustaka bisa menjadi petunjuk bahwa data yang ditulis diambil dari data yang benar dan terpercaya sehingga menjadi rujukan.

Nah, jika Anda sedang membuat karya ilmiah atau menulis skripsi, lalu ingin menyisipkan daftar pustaka di akhir tulisan, maka bisa membuat daftar pustaka secara otomatis sehingga pengerjaannya lebih cepat, dan tulisan tersusun rapi berurutan sesuai alfabetis.

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar

Sebelum masuk pembahasan tentang cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word, berikut ini cara menulis daftar pustaka yang benar sesuai dengan kaidah penulisannya, yaitu diantaranya sebagai berikut: 

  • Daftar pustaka ditulis sesuai urutan abjad nama belakang penulis terlebih dahulu, lalu lanjut menuliskan tahun penerbitan buku dalam kurung diakhiri tanda titik
  • Setelah itu, lanjutkan menuliskan judul buku atau karya ilmiah yang diketik dengan tulisan huruf miring, kemudian diakhiri dengan tanda titik
  • Selanjutnya menuliskan nama tempat buku atau karya ilmiah diterbitkan, kemudian sisipkan di depannya tanda baca titik dua, dilanjutkan tulis penerbit buku
Trending:  3 Fakta Menarik Serial Drama Squid Game yang Wajib Anda Ketahui

Cara penulisan daftar pustaka di atas untuk sumber referensi tulisan yang diambil dari buku, tentunya untuk tulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet atau majalah, format tulisan akan berbeda dan memiliki aturannya sendiri.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, Anda cukup akses salah satu fitur di Microsoft Word. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan apapun. Adapun cara membuat daftar pustaka otomatis di Word sebagai berikut: 

  • Buka dokumen Ada di Microsoft Word
  • Pada menu tab bar, silahkan klik References
  • Pilih Manage Sources pada Citations & Bibliography
  • Setelah itu, klik New Untuk membuat daftar pustaka
  • Pilih jenis referensi buku, website atau lainnya
  • Kemudian isi kolom sesuai sumber referensi Anda
  • Selanjutnya klik OK, lalu klik Close 
  • Untuk memunculkan daftar pustaka, klik Bibliography
  • kemudian Anda pilih Insert Bibliography
  • Selesai, daftar pustaka sesuai sumber muncul otomatis

Dengan cara di atas, Anda dapat membuat daftar pustaka yang mana secara otomatis tersusun berdasarkan urutan alfabetis mulai dari A-Z, sehingga urutan tulisan lebih rapi dan mudah untuk ditelusuri oleh para pembaca. Bagaimana mudah bukan?

Demikian pembahasan cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word, pembuatan sumber referensi untuk karya ilmiah ini jadi lebih cepat dan praktis, serta tidak perlu memasang aplikasi tambahan. Semoga tutorialnya membantu.