Beranda » Cara Membuat Google Form di HP, Mudah Tanpa Ribet!

Cara Membuat Google Form di HP, Mudah Tanpa Ribet!

Meski sering digunakan, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara membuat Google form di HP. Padahal bagi para Sobat Josbgt, Google form alias formulir google ini pasti tidak lagi terdengar asing di telinga sejak sekolah dan kerjaan semua dilakukan di rumah. Melalui Google form ini Sobat Josbgt dimungkinkan untuk bisa mengumpulkan data secara online.

Selain itu Google form juga dapat digunakan untuk melakukan survei penelitian, menyebarkan angket atau membuat kuis. Dan karena semua dilakukan secara online, maka Sobat Josbgt bisa lebih banyak menghemat waktu, tenaga serta biaya. Keren ya!

1. Masuk Ke Google

Membuat Google form bisa dapat melalui perangkat apa saja yang Sobat Josbgt miliki di rumah. Bisa menggunakan PC atau Laptop, bisa juga memakai HP. Nah jika Sobat Josbgt ingin membuat Google form lewat HP, yuk simak dulu dengan seksama cara membuat Google form di HP melalui tahapan langkah berikut biar paham.

  • Langkah awalnya, Sobat Josbgt nyalakan HP yang miliki, bisa tablet, Android atau iPhone. Kemudian carilah browser yang ada di sana.
  • Pada kolom penelusuran yang ada di browser, ketiklah link www.forms.google.com lalu tekanlah tombol enter.
  • Nah sekarang link Google Form pun telah terbuka,
  • Di Google form, pada bagian atas adalah tempat untuk meletakkan judul, Sobat Josbgt bisa mengetikkan judul sebagai penanda jenis formulir apa yang sedang di buat itu.
  • Kemudian tepat di bagian bawah judul adalah tempat untuk menuliskan deskripsi. Masukkan uraian singkat mengenai formulir tersebut agar para responden akan paham tentang pokok bahasannya.
  • Nah sudah jadi deh, sekarang Google form milik Sobat Josbgt pun sudah siap untuk proses selanjutnya.
Trending:  Cara Download Story IG Tanpa Apk dengan Mudah

2. Lakukan Edit

Setelah Google form jadi, sekarang saatnya untuk melakukan edit sesuai kebutuhan . Di dalam formulir tersebut Sobat Josbgt dapat menyunting dan mengatur berdasarkan topik formulir. Apabila ingin membuat survey, maka Google form bisa membuat isi dengan beragam pertanyaan

Nantinya Sobat Josbgt juga dapat menyisipkan video, menambahkan gambar atau merubah format text di dalamnya, jika merasa hal tersebut diperlukan. Formulir milik Google ini dapat mengisi sesuai kebutuhan hingga sebanyak 75 bagian.

3. Membuat Kuis

Setelah melakukan editing awal, sekarang saatnya Sobat Josbgt membuat Google form tersebut menjadi sebuah kuis. Ikutilah tahapan prosesnya sebagaimana uraian di bawah ini ya.

  • Pada bagian atas di sebelah kanan, ada menu pengaturan. Pilih dan klik bagian itu.  
  • Berikutnya tekan tombol “Jadikan Sebagai Kuis”.
  • Sekarang masukkan pertanyaan pertama yang Sobat Josbgt inginkan. Nantinya pada setiap pertanyaan yang terbuat, jawabannya akan selalu dirancang berupa multiple choice.
  • Jika Sobat Josbgt akan menambahkan pertanyaan baru, tekanlah tombol yang ada di bagian bawah dari layar paling pojok sebelah kiri.
  • Lakukan proses yang sama untuk membuat berbagai pertanyaan berikutnya.
  • Untuk memperoleh data email semua responden, langsung saja Sobat Josbgt tekan tombol “Kumpulkan alamat email secara default”, lalu tekan tombol simpan.
  • Sekarang formulir telah menjadi template kuis dan siap untuk Sobat Josbgt kirimkan kepada responden. Namun sebelumnya jangan lupa untuk input lebih dulu alamat email Sobat Josbgt di kolom email, dan isi alamat email para responden di bagian kolom kepada.

4. Kumpulkan Jawaban

Langkah terakhir dari cara membuat Google form di HP berikutnya adalah mengumpulkan jawaban dari para responden yang telah mengisi kuis. Jawaban dari para responden tersebut bisa Sobat Josbgt simpan di dalam Spreadsheet.

Trending:  5 Cara Membuat Folder Baru di Laptop dengan Cepat

Hal tersebut sangat memungkinkan karena ada fitur pengaturannya di Google Form. Berikut ini cara untuk melakukannya, silahkan Sobat Josbgt pahami dengan seksama.

  • Melalui HP, masuklah ke link Google Forms. Setelah berhasil masuk, cari dan klik menu “Response atau Jawaban”. Bagian itu letaknya ada di bagian atas.
  • Kemudian di sana ada tiga titik, silahkan Sobat Josbgt klik bagian tersebut.  
  • Selanjutnya carilah menu “Pilih Tujuan Jawaban atau Select Response Destination”, Jika sudah menemukannya, pilihlah menu itu dengan menekan tombolnya.
  • Nah di bagian ini Sobat Josbgt dapat melakukan pilihan apakah akan menyimpan jawaban dari para responden kuis di spreadsheet yang sudah ada atau membuat spreadsheet yang baru lagi.  
  • Selanjutnya tekan tombol “Buat atau Create”.
  • Dan dalam sekejap semua jawaban responden pun sudah tersimpan rapi di spreadsheet.

Itulah uraian tentang cara membuat Google Form di HP yang dapat Sobat Josbgt jadikan pedoman untuk membuatnya. Karena Google form ini gratis, mudah di buat sekaligus mudah disebarkan, maka Sobat Josbgt tidak akan pernah rugi jika mempelajari cara membuatnya. So,  mulai sekarang jika Sobat Josbgt ingin melakukan survei atau pengumpulan data lain secara online sudah tidak bingung lagi ya.

Tinggalkan komentar