Cara Membuat Lambang x Bar di Excel dengan Mudah

Bgtekno.com – Bagi pengguna PC yang sering mengerjakan pengisian hingga analisa data, cara membuat lambang x bar di excel penting untuk diketahui. Keberadaan tanda x bar ini sangat penting, karena menunjukkan rerata dari data yang dikelola. Fungsinya, umum ditemukan pada data excel.

Jika pembuatan x bar kerap kali disandingkan dengan Microsoft Word karena kemudahannya, sebenarnya demikian pula dengan Excel. Platform ini juga cukup sering dipilih untuk memasukkan dan mengelola kumpulan data. Selengkapnya mengenai x bar pada excel akan dibahas pada artikel berikut ini.

cara membuat lambang x bar di excel

Apa Itu X Bar?

Jika belum pernah mendengar namanya, tentu masih asing dengan istilah ini. X bar adalah sebuah simbol statistik dengan fungsi menggambarkan berapa nilai rata-rata sebuah kelompok data. Disebut juga sebagai mean, lambang ini kerap kali digunakan dalam bidang aritmatika, sains, hingga ekonomi.

Sebab semua bidang tersebut berkaitan dengan penulisan data, biasanya siswa diberi tugas menemukan rata-rata dari berbagai nilai dengan lambang ini. X bar sendiri bisa ditemukan dengan membagi jumlah dari statistik data, kemudian dibagi banyaknya data. Baik data berkelompok maupun tunggal.

Kini tidak hanya melalui lembar kertas di buku, metode pembelajaran telah bergeser menjadi online. Semakin banyak yang memberikan tugas dengan metode pengerjaan melalui PC, tentunya tugas tersebut perlu diketik. Sehingga lebih cepat dan memudahkan pemeriksaan, salah satunya melalui Microsoft Excel.

Meski begitu, ada kalanya perlu menyertakan simbol tertentu. Tidak semua orang mengerti bagaimana cara penulisan simbol asing di laptop/komputernya. Padahal dalam bidang penghitungan data, mencari nilai rerata cukup sering dibutuhkan.

Untuk itu, penting untuk mengetahui berbagai lambang serta maknanya yang berperan terhadap penulisan data. X bar sendiri bertujuan memberitahukan nilai rerata dari data. Bentuknya adalah huruf X biasa, dengan tambahan garis horizontal di atasnya.

Trending:  Cara Daftar Bantuan Pemerintah Lewat HP

Langkah Membuat Lambang X Bar di Excel

Saat menggunakan excel, tanda x bar memang tidak dapat dimunculkan begitu saja. Perlu mengikuti tahap-tahap tertentu, sehingga menghasilkan lambang tersebut. Mungkin banyak yang beranggapan jika excel lebih sulit dan rumit untuk digunakan karena berbentuk tabel.

Padahal, sama halnya dengan word pun pengguna juga bisa menuliskan lambang tersebut dengan beberapa langkah mudah. Seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Masuk menuju file excel yang akan ditambahkan dengan x bar.
  • Setelah halaman excel terbuka, di menu home carilah tulisan “Insert”. Ini merupakan fitur yang dapat menambahkan berbagai tanda di lembar kerja.
  • Pengguna akan melihat beberapa opsi yang tersedia. Cara membuat lambang x bar di excel dapat dilanjutkan dengan mencari tulisan “Object”, kemudian klik.
  • Dari beberapa pilihan, carilah “Microsoft equation 3.0”. Fitur ini ada di Microsoft word maupun excel. Jika sudah menemukannya, klik “Ok”.
  • Carilah lambang yang berbentuk persegi (garis putus-putus) dengan tanda garis horizontal di bagian atasnya. Ini terdapat di kolom bawah, sekitar urutan keempat dari kanan.
  • Klik pada lambang persegi tersebut, maka pengguna akan melihat alternatif jenis lainnya yang serupa. Silahkan pilih persegi yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika sudah memilih, lambang tersebut akan muncul pada lembar kerja excel. Pengguna tinggal menambahkan huruf X di dalam persegi tersebut.
  • Selesai, pengguna kini sudah berhasil membuat x bar pada halaman excel-nya. Jika ingin digunakan lebih lanjut, bisa dilakukan copy dan paste untuk lembar kerja lainnya.

Baca Juga: Masalah Word Not Responding dan Cara Mengatasinya

Itulah cara membuat lambang x bar di excel yang dapat diterapkan dengan mudah. Kegunaan simbol ini penting, sehingga pengguna excel dapat memanfaatkannya mengenai data yang dikelolanya. Tidak hanya rata-rata, namun juga perlu mengenal simbol lainnya yang berguna untuk mengelola data.

Trending:  WA Fouad Apk Download Link Terbaru dan Fitur Lengkapnya