3 Cara Membuat Lambang x Bar di Word dengan Mudah

Bgtekno.com – Microsoft Word, telah lama dipercaya sebagai aplikasi dengan berbagai fungsi yang wajib ada di PC. Cara membuat lambang x bar di word adalah salah satu fungsinya yang banyak dibutuhkan untuk menulis karya ilmiah.

Terdapat banyak rumus/formula yang menggunakan simbol tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut ini.

cara membuat lambang x bar di word

Apa yang Dimaksud dengan X Bar?

Mungkin masih ada yang merasa asing dengan x bar. Simbol statistik ini memiliki fungsi sebagai penunjuk nilai rata-rata (disebut juga mean) dari sebuah kumpulan data. Dalam bidang matematika, fungsi x bar adalah nilai rata-rata.

Bentuknya adalah huruf x seperti biasanya, dengan garis di atasnya. X bar dapat memberitahukan kepada pembaca tentang nilai rata-rata yang berguna untuk menunjukkan hasil penelitian.

Saat menuliskan lambang tersebut di buku tulis tentu sangat mudah. Namun, lain halnya jika di laptop/komputer. Sebab ada simbol garis yang tidak banyak orang tahu cara meletakkannya.

Cara Membuat Lambang X Bar di Word

Sebenarnya tidaklah sulit jika sudah terbiasa membuatnya melalui PC. Word memiliki beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan simbol x bar. Pengguna perlu mengetahui beberapa caranya, yakni:

1. Memakai Fitur Microsoft Equation

Metode yang pertama ini memanfaatkan fitur dari Word bernama Microsoft Equation. Fungsi fitur ini adalah membuat equation (persamaan). Tentunya juga dapat menghasilkan x bar. Berikut langkah-langkah untuk membuatnya.

  • Tentukan file mana yang hendak dituliskan x bar, kemudian buka file-nya.
  • Di halaman Microsoft Word, ketuk menu “Insert”. Lanjutkan dengan memilih “Object”.
  • Pada menu “Object”, pilih “Create new”. Di sini pengguna akan melihat beberapa sub menu. Pilihlah “Microsoft equation”.
  • Carilah simbol berbentuk bar yang diperlukan. Bentuknya merupakan kotak kosong dengan garis horizontal di bagian atasnya. Kotak kosong tersebut nantinya bisa diisi dengan tanda X.
  • Setelah lambang tersebut muncul pada lembar kerja, klik bagian persegi yang sudah dipilih. Kemudian tambahkan dengan huruf X. Selesai, sekarang simbol x bar sudah berhasil dibentuk.
Trending:  Kode Redeem Stumble Guys Hari Ini Belum Dipakai

2. Mengakses Menu Symbol

Selain cara membuat lambang x bar di word sebelumnya yaitu menggunakan equation, pengguna juga dapat memakai symbol. Cara ini sangatlah mudah serta dapat pula langsung dicoba melalui word. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan.

  • Masuk menuju lembar kerja word yang akan diberikan x bar. Ketikkan huruf X sebagai permulaan.
  • Berikutnya ketuk pada menu “Insert”, dilanjutkan dengan memilih “Symbol”.
  • Dari berbagai opsi yang tersedia, klik pada “More symbol” untuk menemukan pilihan simbol lainnya.
  • Berikutnya pengguna dapat mengatur kolom font. Pilih “Normal text”, kemudian “Subset combining…..”
  • Carilah lambang yang diinginkan, yaitu garis horizontal di bagian atas untuk menghasilkan x bar.
  • Ketuk “Insert” agar lambang tersebut dapat muncul di halaman kerja.
  • Otomatis, lambang tersebut akan muncul sesudah huruf X yang dibuat. Pengguna tinggal mengatur letaknya sehingga bisa menjadi x bar.

3. Menggunakan Equation

Opsi terakhir adalah fitur yang ada di Word yaitu “Equation”. Cara ini juga direkomendasikan karena saat mengedit format tidak akan mengalami perubahan berarti. Berikut langkah untuk menghasilkan x bar.

  • Bukalah lembar kerja yang perlu ditambahkan dengan x bar.
  • Masuk menuju menu “Insert” kemudian lanjutkan dengan “Equation”.
  • Tab “Design”, lalu tekan drop down “Accent”. Pilihlah model bar yang dibutuhkan untuk membuat simbol.
  • Pada kolom yang sudah tersedia, ketikkan huruf X sehingga akan menjadi lambang x bar.

Baca Juga: Masalah Word Not Responding dan Cara Mengatasinya

Demikian pembahasan mengenai tiga cara membuat lambang x bar di word. Seluruh metode yang dijelaskan sudah terbukti berhasil dan cukup mudah untuk dilakukan. Sekarang pengguna tidak perlu bingung lagi bagaimana meletakkan simbol yang diperlukan untuk menjelaskan nilai rata-rata.