Tutorial Lengkap Cara Membuat NFT Art di OpenSea

Teknologi NFT (Non Fungible Token) saat ini sedang sangat populer. Terutama bagi seorang desainer digital yang ingin memasarkan karya seninya lewat teknologi NFT ini. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang sedang mencari cara membuat NFT Art.

Karena dengan menjual NFT Art, kamu akan bisa mendapatkan harga pembelian yang sangat tinggi untuk desain yang terkesan unik.

Nah bagi sobat josbgt yang penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat NFT Art tidak perlu khawatir. Karena kita akan mengulas dengan lengkap caranya di sini.

Apa Itu NFT Art?

Sebelum menjelaskan cara membuatnya, kita harus tahu dulu apa sih itu NFT Art. Sederhananya, NFT Art merupakan sebuah karya digital yang kamu miliki. Karya digital ini nantinya akan dijual lewat blockchain.

Cara kerjanya mirip seperti aset crypto yang kamu punya. Perbedaannya, NFT Art sendiri tidak mempunyai nilai tukar seperti aset crypto biasa. Sehingga biasanya NFT Art ini hanya bisa dimiliki satu orang saja.

Misalnya, kamu memiliki NFT Art lalu dijual lewat marketplace NFT. Maka semisal ada yang membelinya, NFT Art itu akan menjadi miliki si pembeli. Sedangkan kamu hanya memiliki hak cipta atas karya yang dibuat, bukan hak untuk memilikinya lagi.

Adapun beberapa karya seni yang termasuk NFT Art, seperti:

  • Foto
  • Video
  • Musik
  • Animasi
  • Desain lukisan
  • Item Game
  •  Meme
  • Nama Domain
  • Screen Shot

Nah sederhananya, NFT Arti ini tidak selalu berupa karya seni berupa lukisan atau desain saja. Melainkan bisa juga beberapa objek digital lainnya yang sudah kita bahas di atas.

Trending:  7 Daftar Game NFT Penghasil Uang Menguntungkan

Tutorial Cara Membuat NFT Art

Membuat NFT Art, tandanya sobat jos bgt harus memiliki akun marketplace terlebih dulu. Sehingga karya digital kamu nantinya bisa menjadi NFT Art di marketplace tersebut.

Beberapa aplikasi membuat NFT Art, seperti:

  • Opensea
  • Rarible
  • Mintable

Salah satu aplikasi membuat NFT yang disarankan dan populer saat ini adalah Opensea. Kalau kamu mau tahu cara membuat akun NFT di OpenSea, bisa perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Silahkan akses situs OpenSea terlebih dulu di browser.

2. Kemudian gulir ke bawah dan klik menu My Profile.

3. Setelah itu, silahkan pilih wallet crypto yang akan digunakan. Misalnya di sini kita akan pakai MetaMask.

4. Kalau sudah, tekan tombol Install MetaMask for Chrome.

5. Lalu buat akun MetaMask lebih dulu.

6. Setelah berhasil membuat akun MetaMask, silahkan kembali ke situs OpenSea dan login memakai wallet MetaMask tersebut.

7. Selanjutnya klik Create dan pilih menu My Collections.

8. Nantinya akan diarahkan ke halaman Collection, silahkan pilih menu Create New Collections.

9. Lalu pilih tombol Create.

10. Masukkan informasi dari NFT Art yang akan kamu upload.

11. Setelah itu, pilih tombol Add Newt Item.

12. Upload karya digital yang sudah kami miliki sebelumnya.

13. Berikan nama unik di NFT Art yang akan kamu upload.

14. Tekan tombol Create.

15. Buat tanda tangan di wallet crypto kamu untuk mengkonfirmasi pembuatan NFT Art.

16. Selesai.

Kalau kamu masih memiliki karya digital lainnya, bisa dibuatkan NFT Art lagi saja dengan mengikuti cara ini kembali.

NFT Art Termahal Di Dunia

Harga NFT Art sama seperti karya biasa yang sering kita temui. Bisa jadi karya itu murah ataupun memiliki harga yang sangat tinggi.

Trending:  Cara Daftar Akun Tokocrypto dari Awal Sampai Berhasil

Ditambah, NFT ini juga terkadang memiliki sistem lelang. Sehingga membuat harganya semakin tinggi bagi kolektor yang ingin mengoleksinya.

Selain itu, ada beberapa NFT Art termahal yang ada di dunia. Berikut contoh NFT Art termahal yang mungkin bisa menginspirasi kamu:

1. Pak’s The Merge

Saat ini, Pak’s The Merge menjadi NFT Art termahal dengan biaya sampai $91.8 juta. Kalau dirupiahkan mencapai nilai Rp. 1.3 triliun.

Karya yang ditawarkan di NFT Art ini, berupa foto suatu planet. Sedangkan menurut Nifty Giveaway, NFT ini merupakan suatu permainan kelangkaan.

2. Everydays: The First 5000 Days

NFT Art termahal kedua di dunia ada Everydays: The First 5000 Days. NFT Art ini menggambarkan karya digital, dimana pembuatanya menjual 5000 buah karyanya dalam satu seni berbentuk kolase.

Menurut Beeple selaku pemiliki NFT Art ini, dia sudah menyimpan karyanya mulai dari tahun 2007. Untuk harga NFT Art karya Beeple ini dijual dengan harga $69.3 juta. Kalau dirupiahkan setara Rp. 992 miliar.

3. Beeple’s Human One

Selanjutnya ada juga karya Beeple’s yang bernama Human One. NFT Art Human One ini memiliki harga tertinggi di urutan ke 3, yaitu sampai $28.985 juta. Kalau di convert ke rupiah, bisa mencapai Rp. 415 miliar.

Karya Human One ini menggambarkan sebuah video yang menjelaskan satu manusia yang sedang berjalan.

Nah itulah cara membuat NFT Art yang bisa kamu terapkan. Kesimpulannya, untuk bisa membuat NFT Art, kamu harus mempunyai akun marketplace terlebih dulu.

Lalu juga karya digital kamu supaya bisa menjadi NFT Art di marketplace tersebut. Sekian pembahasannya, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar