Cara Membuat Timeline Di Excel

Excel adalah bagian dari program Microsoft. Excel merupakan sebuah inovasi tersendiri untuk membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan Anda. Bukan hanya sekedar bentuk angka-angka saja, Anda juga dapat membuat semua jenis bentuk tabel maupun bagan. Salah satunya yaitu tampilan Timeline. Tapi bagaimana cara membuat Timeline di Excel?

Dengan semakin canggihnya program pada Excel yang satu ini memungkinkan kita dapat melakukan banyak hal. Salah satunya yaitu dengan cara membuat Timeline di Excel tersebut. Timeline Excel sering dikatakan juga sebagai grafik atau bagan dari manajemen proyek. Fungsinya antara lain yaitu untuk mempermudah Anda dalam melakukan pelacakan pada titik tertentu selama berlangsungnya proyek. Supaya Anda tidak bingung lagi, berikut adalah cara- caranya.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ketika membuat Timeline pada Excel:

1. Mempersiapkan Datanya

Langkah pertama untuk membuat Timeline pada Excel tersebut, yaitu Anda terlebih dahulu dapat menyiapkan berbagai data proyek Anda. Untuk mempersiapkan data atau membuat tabel yaitu dengan cara membuka program Excel, kemudian isilah kolom pertama dengan tanggal data pada proyek Anda. Kemudian pada kolom kedua, masukkanlah judul jadwal pada acara proyek. Masukkanlah angka-angka pada kolom terakhir sebagai penentu tingginya plot Timeline pada proyek Anda.

2. Sisipkan Bagan

Setelah Anda menyiapkan data atau membuat table, Anda dapat langsung menyisipkan bagan sebar yaitu dengan memilih sisipkan pada menu atas, kemudian klik bagan, dan pilih bagan sebar. Sesudah menyisipkan bagan, Anda dapat melanjutkan tindakan seterusnya.

Trending:  Cara Komen Kosong di TikTok Dijamin Berhasil

3. Import Data Proyek Anda

Anda dapat mengimpor data proyek Anda yaitu dengan cara memilih/ klik bagian kanan diagram kemudian pilih Sumber Data. Kemudian Anda klik tombol Tambah pada bagian menu Entri Legenda (Seri) yang akan terlihat untuk mengimpor data yang sudah dibuat.

Kemudian pilih pada gambar spreadsheet kecil yang terdapat pada  sebelah kotak Seri X nilai. Kemudian, pilihlah kolom tanggal yang telah Anda buat, pilihlah bagian spreadsheet kecil pada samping kotak Nilai Seri Y, kemudian pilihlah data pada kolom tinggi garis waktu Anda. Terakhir pilih OK.

4. Menghilangkan Garis Kisi Kemudian Menambahkan Bilah Kesalahan

Pada langkah cara membuat Timeline di Excel, Anda dapat menghapus garis kisi kemudian menambah bilah kesalahan dengan cara memilih bagan di Timeline Anda, kemudian cari ‘+’ di bagian kanan atas untuk dapat membuka menu Elemen Bagan. Kemudian Anda hapus tanda centang di bagian Judul Bagan juga Garis Kisi, kemudian pilih Label Data juga Bilah Kesalahan.

5. Menyambungkan Titik-Titik Pada Timeline

Untuk menghubungkan atau menyambungkan titik-titik dalam membuat Timeline pada Excel, Anda dapat membuka opsi pilihan menu pada Error Bars. Kemudian pilihlah No Line untuk Seri X Error Bars Anda. Dengan cara ini Anda dapat menghilangkan garis horizontal pada setiap bagian sisi titik data proyek yang Anda punyai.

Untuk bagian Bar Kesalahan Seri Y, Anda dapat mengatur ke arah Minus kemudian bagian Jumlah Kesalahan kepada arah 100%. Dengan cara ini, Anda mampu membuat garis vertikal di antara tanggal dan juga titik data Anda.

6. Judul Dimasukkan Pada Timeline Proyek Anda

Kemudian langkah selanjutnya yaitu, Anda dapat memasukkan judul Timeline proyek dengan mengetikkan deskripsi kecil di bagian bagan garis waktu dasar, dengan tanggal pada sepanjang bagian bawah. Diikuti dengan titik data di ketinggian yang masing- masing bervariasi, yang sudah dibuat sebelumnya.

Trending:  Klaim Bonus Sedekah CF Higgs Domino Island Hari ini, Gratis dan Aman

Nah, beberapa uraian diatas adalah cara membuat Timeline di Excel. Memang terlihat susah bukan? Tetapi cobalah! Anda dapat mencobanya untuk mengasah keahlian dan kemahiran Anda pada Excel. Selamat mencoba!